Comscore Tracker

Meski Sudah Saling Komitmen, Ini 5 Sebab Dia Tetap Menunda Pernikahan

Mengertilah alasannya

Kamu mungkin masih heran, sudah saling setia dan berkomitmen untuk hubungan yang lebih serius lagi, tapi pasanganmu masih saja menunda untuk menikah saat kamu mengajaknya menikah dalam waktu dekat ini. Berbagai macam pikiran negatif pun sering hadir dalam dirimu, apakah sebenarnya dia gak benar-benar mencintaimu selama ini? 

Sebenarnya bukan karena dia gak mencintaimu, tapi karena ada beberapa sebab yang membuatnya harus mengambil keputusan seperti itu. Sebab tersebut dapat kamu ketahui di bawah ini biar kamu bisa mengerti dan menghormati keputusannya. 

1. Goals dalam hidup yang dijalaninya bukan tentang menikah

Meski Sudah Saling Komitmen, Ini 5 Sebab Dia Tetap Menunda Pernikahanpexels.com/Amina Filkins

Meski punya hubungan yang bahagia denganmu, tapi gak menarik kemungkinan bahwa dia gak ingin menikah dalam waktu cepat denganmu. Dia yang saat ini selalu menunda untuk menikah saat kamu ajak untuk menikah itu karena goals hidupnya bukan untuk menikah.

Banyak hal yang harus dia raih terlebih dahulu, seperti karier impiannya, menyenangkan orangtuanya lebih dulu, ataupun untuk menikmati masa pacaran ini sampai puas. 

2. Punya masa lalu yang buruk soal pernikahan

Meski Sudah Saling Komitmen, Ini 5 Sebab Dia Tetap Menunda Pernikahanfreepik.com/karlyukav

Punya masa lalu yang buruk juga bisa bikin seseorang gak buru-buru untuk menikah, meski dirinya tahu bahwa pasangannya saat ini pasti akan membahagikan dirinya. Hal seperti itu pun terjadi pada pasanganmu. 

Apa lagi jika dia keluarganya mengalami perceraian. Oleh karena itu, kamu harus paham dengan posisi seperti ini dan tetap dukung dia agar bisa move on dari masa lalu yang buruk tersebut. 

Baca Juga: 10 Peribahasa Orang Batak yang Dipakai saat Upacara Pernikahan

3. Kamu pernah menyakitinya dan dia masih memiliki trauma itu

Meski Sudah Saling Komitmen, Ini 5 Sebab Dia Tetap Menunda Pernikahanpexels.com/mikoto.raw

Semua orang memang pasti melakukan kesalahan dalam hubungan, tapi kamu harus tahu bahwa gak semua orang bisa memaafkan dengan begitu mudah dan melupakan semua yang telah terjadi. Kamu yang pernah membuat pasangan sakit hati sampai dirinya punya trauma, maka itu akan membuat dirinya berpikir dua kali untuk menikah denganmu.

Dia perlu meyakinkan hatinya dengan sungguh-sungguh agar yakin bahwa kamu telah berubah dan menyesali semua yang terjadi. 

4. Masih mempersiapkan diri untuk menjadi lebih lebih berkualitas lagi

Meski Sudah Saling Komitmen, Ini 5 Sebab Dia Tetap Menunda Pernikahanfreepik.com/prostooleh

Kamu perlu tahu bahwa menikah itu bukan hanya perkara tentang cinta saja, tapi juga perlu kesiapan lahir dan batin karena menikah bukan hanya tentang senang-senang saja, ada masalah yang rumit yang akan dialami juga nantinya. Hal inilah yang menjadi pertimbangan pasanganmu. Dia ingin mempersiapkan semuanya dan ingin jadi sosok yang lebih berkualitas lagi untuk bisa bersanding denganmu dalam sebuah pernikahan. 

5. Dia tahu bahwa orangtuamu gak menyukainya

Meski Sudah Saling Komitmen, Ini 5 Sebab Dia Tetap Menunda Pernikahanpexels.com/Expect Best

Ketika kamu dan dia sudah saling komitmen, tentunya kamu sudah pernah mengenalkan dia pada orangtuamu, bukan? Dari pertemuan inilah ada kesan yang dirasakan oleh pasanganmu. 

Salah satunya adalah dia bisa melihat suka atau tidak orangtuamu padanya. Hal ini juga yang menjadi sebab dia menunda untuk menikah denganmu karena dia merasakan bahwa orangtuamu gak menyukainya selama ini. Jadi, daripada terburu-buru dan nantinya gak dapat restu, lebih baik dia menunda dulu. 

Menikah itu bukan sebuah kecepatan yang harus dilakukan. Meski kamu dan dia sudah berkomitmen, bukan berarti pasangan sudah siap untuk menikah. Ada hal-hal yang masih membuatnya kurang yakin, seperti sebab-sebab di atas, yang mana jika dipaksakan hanya akan membuat hubungan jadi gak bahagia. Jadi, mengertilah. 

Baca Juga: Ini 6 Cara Cerdas Memangkas Biaya Pernikahan, Hemat dan Tetap Berkesan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya