Comscore Tracker

Gawat, 5 Sikap Ini Ternyata Bikin Kamu Insecure dalam Hubungan

Jangan dilakukan lagi

Insecure adalah salah satu sikap yang dapat membuat hubungan menjadi tidak sehat untuk dijalani bersama. Umumnya seseorang yang insecure akan merasa tidak berguna dan tak percaya pada dirinya sendiri dalam membina hubungan. 

Namun, perlu kamu ketahui, ternyata insecure itu dapat disebabkan oleh beberapa sikap dalam hubungan yang tanpa kamu sadari bisa memupuknya terus menerus ada dalam dirimu. Berikut ini beberapa sikap yang dapat membuat kamu merasa insecure dalam menjalin hubungan. 

1. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang menurutmu lebih baik

Gawat, 5 Sikap Ini Ternyata Bikin Kamu Insecure dalam Hubunganunsplash.com/christopher lemercier

Merasa minder dalam hubungan adalah hal yang wajar terjadi. Namun, jangan sampai kamu membandingkan dirimu dengan orang lain yang menurutmu jauh lebih pantas untuk bersanding dengan pasanganmu saat ini. 

Hal itu jika dilakukan terlalu sering dapat membuatmu merasa tak berharga dan tak pantas bersanding dengan pasanganmu. Akan lebih baik jika kamu memperbaiki kualitasmu dalam hubungan. Dengan begitu, permasalahan minder bisa kamu selesaikan dengan tenang tanpa harus insecure terlalu berat. 

2. Menuntut pasangan untuk menunjukkan rasa cintanya setiap hari

Gawat, 5 Sikap Ini Ternyata Bikin Kamu Insecure dalam Hubunganunsplash.com/Yolanda Sun

Setiap orang pastinya ingin selalu dicintai oleh pasangannya sendiri, termasuk kamu. Namun, bersikap memaksa pasangan dengan cara menuntutnya untuk menunjukkan rasa cintanya padamu adalah hal yang salah. 

Hal seperti itu membuktikan bahwa kamu takut merasa tidak dicintai. Padahal, mengekspresikan cinta oleh setiap orang itu berbeda-beda dan tidak harus selalu ditunjukkan dengan mengucapkan kata "i love you" Setiap harinya. 

Ketika kamu sering menuntut dirinya, maka kamu semakin tidak percaya diri dengan dirimu, apakah kamu dicintai atau tidak oleh pasanganmu? Dan hal inilah yang akan menimbulkan rasa insecure dalam dirimu sendiri. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Insecure saat Kamu Merasa Tak Diprioritaskan Pasangan

3. Ingin selalu berada di dekat pasangan, kapan dan di mana pun kamu berada

Gawat, 5 Sikap Ini Ternyata Bikin Kamu Insecure dalam Hubunganunsplash.com/Lauren Richmond

Merasakan jatuh cinta, hati berdebar dan dunia serasa milik berdua adalah perasaan yang menunjukkan kamu sedang dimabuk asmara. Hal seperti itu wajar terjadi pada awal-awal hubungan. Merasa ingin di dekat pasangan dan selalu ada disampingnya, kapan dan di mana pun juga adalah hal yang wajar. 

Namun, berbeda manakala kamu terus menerus berperilaku seperti itu hingga timbul rasa posesif dan mengekang dirinya. Karena, hal seperti itu sangatlah tidak sehat dalam hubungan. Selain membuktikan dirinya yang terlalu kekanak-kanakan, kamu juga menunjukkan dirimu yang sedang insecure dalam hubungan karena takut ditinggalkan dirinya. 

4. Overthinking saat sedang tak bersama pasangan

Gawat, 5 Sikap Ini Ternyata Bikin Kamu Insecure dalam Hubunganunsplash.com/Bruce Dixon

Overthinking saat kamu sedang tak bersama dengan pasangan bukanlah tindakan yang wajar dan normal dalam hubungan. Justru, hal itu menunjukkan bahwa kamu sedang curiga dan merasa zona nyaman yang kamu rasakan saat ini sedang terganggu. Berbagai macam pikirkan buruk tentang pasangan hadir dalam pikiranmu dan akhirnya membuatmu tidak tenang. 

Kurangilah sikap seperti ini, karena jika kamu terus menerus berlaku demikian, maka yang ada kamu tidak akan tenang saat menjalin hubungan. Kamu tak bisa menjaga komitmen dengan pikiran-pikiran liarmu ini. 

5. Cemburu setiap pasangan dekat dengan lawan jenis

Gawat, 5 Sikap Ini Ternyata Bikin Kamu Insecure dalam Hubunganpexels.com/Cottonbro

Cemburu memang tanda cinta. Namun, jika kamu bersikap cemburu pada setiap lawan jenis yang dekat dengan pasanganmu, maka hal tersebut bukanlah tanda cinta. 

Pasanganmu itu punya kehidupannya sendiri, dekat dengan lawan jenis adalah hal yang wajar dalam pertemanan. Kamu boleh marah bila dirinya sudah melewati batas. Namun, jika masih biasa saja, sebaiknya bersikaplah sewajarnya. Jika kamu terus menerus cemburu, bahkan mulai mengekang dirinya, maka hal itu menunjukkan bahwa kamu sedang tak percaya diri bahwa pasangan mencintaimu. 

Itulah lima sikap yang bikin kamu insecure dalam hubungan. Jangan dipelihara terlalu lama karena hal tersebut akan menjadi boomerang pada dirimu sendiri. Bersikaplah biasa saja pada hubungan, terutama dalam menyikapi pasanganmu karena yang berlebihan itu tidak baik. 

Baca Juga: Cuma Millennial Saja yang Rasakan 5 Hal Insecure Ini dalam Hidupnya 

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya