Comscore Tracker

Berdampak Buruk, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Terlalu Pentingkan Pasangan

Secukupnya saja, berlebihan itu gak baik!

Perasaan sedang dimabuk cinta, sering kali membuatmu mempentingkan pasangan di atas segalanya karena kamu merasa mementingkannya sama saja dengan memberikan kebahagiaan untuk dirimu sendiri. Namun, kamu juga kadang lupa bahwa mementingkan pasangan itu ada batasannya. 

Ketika kamu terlalu mementingkan dirinya di atas segalanya, maka akan berdampak buruk juga untuk kehidupanmu. Biar kamu tahu, apakah selama ini kamu terlalu mementingkannya atau tidak, maka kamu bisa melihat tandanya di bawah ini. 

1. Melupakan orang-orang yang ada di sekelilingmu

Berdampak Buruk, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Terlalu Pentingkan Pasanganunsplash.com/Brooke Cagle

Duniamu hanya akan berpusat padanya saat kamu mementingkan dia terus menerus dan melupakan orang yang ada di sekelilingmu, seperti keluarga, kerabat, teman dan sahabat. Kamu merasa bahwa kebahagiaanmu hanya berpusat padanya saja, yang lainnya tidak ada sama sekali. Bahkan, kamu juga sering menghabiskan waktu bersama dengannya setiap hari tanpa ada yang kamu khawatirkan dengan hidupmu. 

2. Keinginan pasangan selalu kamu penuhi

Berdampak Buruk, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Terlalu Pentingkan Pasanganunsplash.com/Priscilla Du Preez

Selama menjalin hubungan denganmu, kamu hampir tidak pernah menolak setiap keinginannya. Keinginan, tuntutan dan segala hal yang dia ingin darimu, maka akan kamu penuhi semuanya. Tidak peduli, apakah keinginan tersebut merugikanmu atau tidak karena yang terpenting bagimu, dia harus bahagia menjalani hubungan ini. 

3. Semua keputusan dalam hubungan ada di tangannya

Berdampak Buruk, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Terlalu Pentingkan Pasanganunsplash.com/Alvin Mahmudov

Meski hubungan dijalani berdua, tapi nyatanya kamu memberikan kuasa pada pasanganmu untuk mengatur hubungan ini. Akibatnya, dia jadi mendominasi hubungan dan semua keputusan ada padanya. Kamu sama sekali tidak memiliki pendapat pribadi saat memutuskan apa pun dalam hubungan karena kamu pun yakin bahwa dia akan memberikan yang terbaik untukmu. 

Baca Juga: 5 Indikasi kalau Caramu Mencintai Pasangan Sudah Sewajarnya

4. Kebahagiaan pasangan adalah tanggung jawabmu

Berdampak Buruk, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Terlalu Pentingkan Pasanganunsplash.com/Jonathan Borba

Tidak ada kebahagiaan yang lebih penting daripada kebahagiaannya, makanya kamu bertanggung jawab sepenuhnya pada kebahagiaan, kenyamanan dan rasa tenang dia saat menjalani hubungan ini denganmu. Kamu mulai tidak mementingkan kebahagiaanmu sendiri dan di pikiranmu yang ada hanyalah, dia harus bahagia. Dengan dia bahagia, maka kamu pun akan bahagia dibuatnya. 

5. Hidupmu jadi berantakan karena mengorbankan segalanya

Berdampak Buruk, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Terlalu Pentingkan Pasanganunsplash.com/Soragrit Wongsa
Tanpa kamu sadari saat kamu sibuk mementingkan dirinya, hidupmu jadi mulai berantakan. Pendidikanmu mulai terlantar, kariermu tidak mengalami kemajuan dan kamu mulai tidak memiliki teman. Namun, meski kamu tahu hidupmu sudah berantakan, kamu tetap saja mementingkan dirinya di atas segalanya. 
 
Itulah tadi sederet tanda yang buktikan kamu terlalu mementingkan pasangan. Jika kamu sudah merasakan tandanya, maka mulai sekarang perbaikilah semuanya dan jangan kesampingkan kepentingan hidupmu hanya demi dia. Secukupnya saja dalam mementingkan pasangan. 

Baca Juga: Demi Kebaikanmu Sendiri! 5 Alasan Kamu Perlu Mengabari Pasangan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya