Comscore Tracker

Selingkuh Memang Candu, tapi Kamu Bisa Berhenti dengan 5 Tips Ini

Jangan selingkuh jika kamu benar-benar mencintai pasangan

Sekali melakukan perselingkuhan, tentunya kamu memiliki daya tarik tersendiri ingin melakukannya lagi dan lagi. Karena, kamu mulai sadar bahwa perselingkuhan tidak ubahnya seperti memacu adrenaline dan ketika berhasil memiliki dua pasangan sekaligus, kamu pasti akan senang. 

Namun, kamu harus tahu, meskipun selingkuh itu adalah candu, nyatanya perselingkuhan juga bisa kamu ubah dan hentikan jika kamu memang benar ingin serius berkomitmen dengan pasanganmu. Ada pun tips dan triknya bisa kamu coba seperti di bawah ini. 

1. Cari tahu, apa yang sebenarnya kamu cari dari perselingkuhan?

Selingkuh Memang Candu, tapi Kamu Bisa Berhenti dengan 5 Tips Iniunsplash.com/Chester Wade

Tidak ada perselingkuhan yang tidak memiliki alasan. Meski khilaf, nyatanya jauh di lubuk hatimu, kamu memiliki alasan yang sangat mendasar. Entah itu karena kekurangan yang dimiliki pasangan, hubungan yang sudah lama jadi timbul bosan, atau memang karena kamu ingin putus darinya, tapi bingung terbuka dengannya. 

Ketika kamu tahu alasan tersebut, pastilah kamu memiliki hal yang ingin kamu dapatkan dari hubunganmu, maka mulai sekarang wujudkanlah dengan membicarakan secara terbuka pada pasanganmu. 

2. Fokus pada hubungan yang kamu jalani saja

Selingkuh Memang Candu, tapi Kamu Bisa Berhenti dengan 5 Tips Iniunsplash.com/Jonathan Leppan

Perselingkuhan itu hanya akan membuatmu merasa kurang terus. Daripada seperti itu terus menerus, lebih baik fokuskan tujuanmu pada satu hubungan saja. Jika kamu memang bosan, maka lakukanlah hal-hal baru dengan pasanganmu agar kamu bisa merasakan hal baru lagi. 

Buat hubunganmu jadi lebih berkualitas dan punya tujuan yang jelas. Ketika kamu fokus pada satu hubungan saja, maka tidak akan ada lagi niat untuk selingkuh karena kamu akan memahami bahwa setiap hubungan itu punya kekurangan masing-masing. 

Baca Juga: 5 Risiko jika Kukuh Pertahankan Dia yang Selingkuh Lebih dari Sekali

3. Lihatlah sudah banyak pengorbanan yang pasangan lakukan untukmu

Selingkuh Memang Candu, tapi Kamu Bisa Berhenti dengan 5 Tips Iniunsplash.com/Allef Vinicius

Ketika punya keinginan selingkuh, maka lihatlah ke belakang, sudah berapa banyak pengorbanan yang telah pasangan lakukan untukmu. Dia memberikan kesetiaannya padamu dan kamu malah mengkhianatinya. 

Cobalah posisikan dirinya adalah kamu, luka yang dirasakan pastinya tidak akan kuat untuk kamu tanggung. Jadi, kesetiaan harus kamu pegang untuk memberikan feedback padanya. 

4. Pahami bahwa selingkuh itu memiliki karma, meski itu gak langsung

Selingkuh Memang Candu, tapi Kamu Bisa Berhenti dengan 5 Tips Iniunsplash.com/Candice Picard

Tidak ada satu pun perbuatan yang tidak memiliki balasan. Jika kamu melakukan hal baik, maka kamu akan mendapatkan hal yang baik juga, begitu pun sebaliknya.

Perselingkuhan pastilah memiliki karma, entah itu cepat maupun lambat dan kamu tinggal menunggunya saja. Bila kamu tidak ingin karma itu hadir dalam hidupmu, maka berhentilah. 

5. Jika sulit, temui psikolog agar kamu bisa temukan solusinya

Selingkuh Memang Candu, tapi Kamu Bisa Berhenti dengan 5 Tips Inipexels.com/cottonbro

Cari bantuan profesional jika kamu memang ingin berubah karena sebenarnya menghentikan perilaku selingkuh tidaklah mudah dan menyesal saja tidak cukup. Temuilah psikolog secara rutin sampai kamu benar-benar sadar dan menemukan solusi dari kebiasaanmu. Dengan begitu, kamu akan sadar bahwa setia itu penting.

Itulah tadi lima tips menghentikan kebiasaan perselingkuhan. Lakukan dengan niat dan juga cari bantuan dari profesional agar kamu bisa berhenti dari kebiasaan tersebut!  

Baca Juga: 5 Langkah Tenang saat Kamu Tahu Pasangan Ternyata Selingkuh

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya