Comscore Tracker

5 Tips Pulihkan Hati saat Kamu Punya Trauma Diselingkuhi Pasangan

Jangan menyesali hubunganmu terus

Tidak ada perselingkuhan yang tidak meninggalkan luka dan kekecewaan yang begitu mendalam, kecuali kamu benar-benar tidak mencintai pasanganmu. Setiap perselingkuhan yang terjadi, pastilah ada trauma yang diderita. Akibatnya, kamu akan takut menjalin hubungan baru dan memilih untuk single sampai benar-benar pulih dari semua yang telah terjadi.

Memulihkan hati akibat luka perselingkuhan, tentu saja tidaklah mudah. Perlu usaha dan waktu yang cukup lama. Dalam proses yang dilalui tersebut, bila kamu benar-benar ingin pulih, ada baiknya untuk melakukan beberapa tips di bawah ini. 

1. Belajar mencintai dan menghargai diri sendiri lebih banyak dari sebelumnya

5 Tips Pulihkan Hati saat Kamu Punya Trauma Diselingkuhi Pasanganunsplash.com/bruce mars

Imbas dari kamu yang diselingkuhi oleh pasangan adalah insecure. Kamu akan mulai menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi dan merasa menjadi sosok yang tidak berharga. Jika rasa insecure ini tidak di atasi, tentu saja kamu akan selalu takut untuk memulai hubungan baru dengan yang lain.

Cara memulihkan yang tepat untukmu adalah dengan belajar mencintai dan menghargai diri sendiri lebih banyak dari sebelumnya. Dengan kamu melakukan dua hal itu, maka kamu akan bisa menerima segala hal yang telah terjadi. 

2. Lebih sering berkumpul dan berbincang dengan teman

5 Tips Pulihkan Hati saat Kamu Punya Trauma Diselingkuhi Pasanganunsplash.com/Brooke Cagle

Putus cinta, apa lagi karena diselingkuhi, pastinya kamu ingin selalu menyendiri dan menghilang dari semuanya. Awalnya hal itu memang wajar dilakukan, tapi jika kamu melakukannya berhari-hari, maka hal itu tidak akan menyembuhkan luka traumamu.

Yang perlu kamu lakukan adalah bertemu dan berkumpul dengan teman-temanmu. Berada di keramaian bersama dengan teman-teman dapat membuat fokusmu akan sakit hati menjadi teralihkan. 

Baca Juga: 5 Tanda yang Tunjukkan Pasanganmu saat Ini Punya Masa Lalu Selingkuh

3. Hindari membayangkan perselingkuhan saat kamu menjalin hubungan baru

5 Tips Pulihkan Hati saat Kamu Punya Trauma Diselingkuhi Pasanganpexels.com/Pixabay

Setelah berakhirnya hubunganmu dengan dia yang berselingkuh, kamu pasti akan selalu overthinking, apa lagi jika kamu sudah menjalin hubungan baru. Overthinking akan selalu ada saat kamu sedang tidak bersama dengannya.

Oleh karena itu, biar kamu merasa tenang saat menjalin hubungan dengan sosok yang baru, maka secara perlahan hindarilah membayangkan tentang perselingkuhan lagi. Sebisa mungkin kamu harus mengusir pikiran tersebut. 

4. Jangan terlalu berharap tinggi pada pasangan

5 Tips Pulihkan Hati saat Kamu Punya Trauma Diselingkuhi Pasanganunsplash.com/Adrianna Geo

Jika kamu telah menjalin hubungan baru dan masih merasakan ketakutan diselingkuhi lagi, maka jangan terlalu berharap terlalu tinggi terhadapnya. jalani hubunganmu layaknya air yang mengalir.

Hindari membicarakan tentang masa depan bersama karena itu akan membuatmu berharap jauh terhadapnya. Bila nanti harapan tersebut tidak sesuai yang kamu inginkan, maka ke depannya nanti kamu akan bertambah sakit hati dan luka hatimu akan bertambah dalam. 

5. Konsultasilah pada psikolog agar traumamu bisa diatasi

5 Tips Pulihkan Hati saat Kamu Punya Trauma Diselingkuhi Pasanganpexels.com/Christina Morilo

Selain melakukan empat tips di atas, selanjutnya bisa dibarengi dengan melakukan konsultasi pada psikolog. Konsultasi dapat membuatmu menemukan solusi untuk rasa sakitmu. Jika dilakukan secara rutin, maka rasa trauma ini akan cepat untuk disembuhkan.

Perselingkuhan itu memang akan menimbulkan trauma berkepanjangan. Namun, kamu juga harus bisa mengontrol diri kamu akan tidak terus-terusan berada di rasa itu dan harus segera pulih. Caranya dengan melakukan lima tips di atas. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Gak Cuma Jadian, 5 Macam Perilaku Ini Sudah Masuk Perselingkuhan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya