Comscore Tracker

5 Tips Tenangkan Hati Pasca Putus Meski Masih Cinta

Kamu bisa bangkit untuk lebih semangat lagi

Mengalami putus cinta dari hubungan yang terjalin, baik lama atau sebentar tentu menyisakan sakit hati. Akan selalu ada kekecewaan dan benci yang hadir, meskipun hubunganmu berakhir dengan secara baik-baik. 

Sakit hati itu wajar, tapi jika kamu terus menerus hanyut dalam perasaanmu dan selalu memikirkan rasa sakit tersebut, hidupkan akan merana. Oleh karena itu, kamu perlu menenangkan diri dan move on dari hubunganmu yang terakhir berakhir. Berikut ini lima cara yang tenangkan diri pasca putus dengan kekasih. 

1. Menerima kenyataan dan rasa sakit yang yang hadir

5 Tips Tenangkan Hati Pasca Putus Meski Masih Cintaunsplash.com/Though Catalog

Move on bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menerima kenyataan dan rasa sakit yang hadir di dalamnya. 

Biarkan dirimu bersedih dan merasakan duka dari apa yang telah dialami. Mencoba untuk berusaha untuk lupa dan tegar hanya akan memberikan tekanan saja. Nikmatilah prosesnya karena lambat laun rasa itu akan hilang sendiri. 

2. Langsung jaga jarak saat hubunganmu berakhir

5 Tips Tenangkan Hati Pasca Putus Meski Masih Cintaunsplash.com/Siavash Ghanbari

Menjaga jarak pasca putus dengan kekasih perlu kamu lakukan. Hal ini karena banyaknya kenanangan yang tercipta akan muncul kembali manakala kamu masih berkomunikasi dengannya. 

Selain itu, singkirkanlah semua barang-barang yang berkaitan dengannya. Menyimpannya hanya akan membuat luka di hatimu tidak kunjung sembuh. 

3. Menata ulang hidupmu yang telah hancur

5 Tips Tenangkan Hati Pasca Putus Meski Masih Cintaunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Pasca putus, hidup yang kamu jalani akan terasa hampa. Hari-hari yang terlewati tidak ada yang berkesan dan bermakna. 

kamu perlu suasana baru yang dapat menghidupkan semangat hidupmu. Caranya adalah dengan menata ulang kembali hidupmu. 

Lakukanlah hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Sibukan dirinya dengan aktivitas yang kamu sukai, seperti melakukan hobimu atau ikut dalam kegiatan sosial yang bermanfaat. 

Baca Juga: 5 Tindakan Memalukan yang Sering Dilakukan Orang saat Putus Cinta

4. Konsultasilah bila bebanmu terlalu berat

5 Tips Tenangkan Hati Pasca Putus Meski Masih Cintaunsplash.com/Thrung Thanh

Ketika rasa sakit hatimu begitu berat dan mempengaruhi hidupmu, maka kamu perlu berkonsultasi untuk meringankannya. Berbagilah cerita pada keluargamu, sahabatmu, atau bahkan pada psikolog yang handal dalam menangani masalah percintaan. 

Dengan kamu berbagi cerita dan kesedihan yang kamu alami, maka kamu juga akan mendapatkan saran dan dukungan yang tulus dari mereka. Hidupmu akan jauh lebih didukung dan kamu juga akan lebih mudah untuk move on. 

5. Yakin kamu bisa hidup tanpanya

5 Tips Tenangkan Hati Pasca Putus Meski Masih Cintapexels/Andrea Piacquadio

Tidak hanya faktor dari luar saja yang selalu mendukungmu, dari dalam dirimu pun perlu. Kamu harus meyakinkan hati dan pikiranmu bahwa kamu bisa hidup menjadi lebih baik tanpa kehadiran dirinya. Kamu bisa melakukan apapun secara mandiri tanpa merepotkan orang lain. Selain itu, berikan motivasi dan semangat untuk dirimu sendiri.  

Itulah lima cara tenangkan hati pasca putus dengan kekasih. Melakukan kelimanya butuh waktu dan proses yang panjang. Oleh karenanya, kamu harus menghargai setiap prosesnya dan yakinkan hati bahwa kamu bisa melalui semua rasa sakit hatimu. 

Baca Juga: 5 Tindakan Kategori Menyiksa Diri Sendiri setelah Putus Cinta

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya