Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Gaslighting ala Kinan di Serial Layangan Putus 

Patut ditiru bagi yang sedang merasakannya, nih

Layangan Putus menjadi salah satu serial populer yang tayang pada akhir tahun 2021 hingga awal 2022 ini. Serial ini banyak disukai oleh penonton Tanah Air karena mengangkat cerita yang dirasa relate dengan permasalahan dalam beberapa hubungan percintaan.

Selain perselingkuhan sebagai persoalan utama, ternyata ada hal lain seperti gaslighting yang dilakukan karakter Aris kepada Kinan, istrinya.

Gaslighting sendiri berarti perilaku manipulatif yang ditujukan untuk membuat korban mempertanyakan kewarasannya sendiri, menciptakan rasa bersalah pada diri korban, hingga meremehkan emosi yang dirasakan oleh korban. Bagi kamu yang sedang terjebak dalam hal ini, bisa mengikuti lima cara ala Kinan berikut ini. 

1. Sadar saat sedang dimanipulasi

5 Cara Menghadapi Gaslighting ala Kinan di Serial Layangan Putus Putri Marino dan Reza Rahadian di serial Layangan Putus (instagram.com/layanganputus.md)

Di serial Layangan Putus, karakter Aris selalu mencoba membohongi Kinan berulang kali dengan alasan pekerjaan. Namun, Kinan mulai menyadari sedang dibohongi karena menemukan beberapa bukti perselingkuhan.

Kinan melakukan hal yang tepat karena kecurigaan yang bersifat objektif tidak untuk ditepis, melainkan mesti dipastikan kebenarannya. Dengan beberapa bukti yang mengarah pada perselingkuhan yang dilakukan Aris, Kinan percaya diri untuk mengakui kejanggalan tersebut dan menelusuri lebih lanjut.

Kamu bisa mencontoh karakter Kinan untuk menyadari saat sedang dimanipulasi oleh pasangan dan mencari bukti untuk mengetahui kebenarannya. Jadi, kamu juga tidak asal menuduh pasangan berbuat macam-macam.

2. Jangan takut untuk berbicara

5 Cara Menghadapi Gaslighting ala Kinan di Serial Layangan Putus Putri Marino dan Reza Rahadian di serial Layangan Putus (instagram.com/md_entertainment)

Walaupun Kinan curiga pada orang yang salah, tapi bukan berarti dirinya sepenuhnya keliru. Setelah menumbuhkan rasa percaya diri dan mencari tahu kebenarannya, ia pun mencoba untuk mengungkapkan semua bukti tersebut pada Aris.

Di sini yang kamu butuhkan adalah menumbuhkan rasa percaya pada dirimu sendiri. Kamu juga tidak perlu takut untuk mengungkap semua bukti dihadapan pasangan. Meskipun Aris tetap berbohong dan menghina Kinan, tapi dengan berterus terang mampu membuat pasangannya terpojok.

Baca Juga: 10 Fakta Kisah Layangan Putus ala Artis Jepang Anne Watanabe, Miris!

3. Coba lakukan batasan dengan pasangan 

5 Cara Menghadapi Gaslighting ala Kinan di Serial Layangan Putus Putri Marino di serial Layangan Putus (instagram.com/md_entertainment)

Sikap Aris yang selalu berbanding terbalik dengan ucapannya terhadap Kinan menjadi salah satu cara untuk menghadapi perilaku gaslighting. Kamu bisa mulai dengan menciptakan batasan supaya tidak selalu merasa ragu dan cemas.

Kamu bisa menjauh untuk terhindar dari interaksi dengan pasangan yang justru akan membuatmu merasa makin sulit untuk mengambil keputusan. Sebab kamu terus-menerus dimanipulasi.

4. Berusaha bersikap tenang

5 Cara Menghadapi Gaslighting ala Kinan di Serial Layangan Putus Reza Rahadian dan Putri Marino di serial Layangan Putus (instagram.com/putrimarino)

Cara berikutnya yang bisa kamu tiru dari karakter Kinan adalah berusaha tenang dihadapan pasangan, agar tidak terjadi perdebatan. Hal itu berguna untuk menjernihkan pikiran supaya pasangan tidak dapat mengendalikan pikiranmu.

Kamu bisa refleksi diri untuk membuat keputusan yang tepat terhadap apa yang sudah kamu lalui. Hal penting lainnya adalah kamu bisa berbagi cerita masa sulit yang kamu hadapi kepada keluarga dan teman-teman yang kamu amat percaya.

5. Mencintai diri sendiri

5 Cara Menghadapi Gaslighting ala Kinan di Serial Layangan Putus Putri Marino di serial Layangan Putus (instagram.com/layanganputus.md)

Terakhir, kamu perlu mencoba mencintai diri sendiri dengan bercerita pada orang terdekat agar kamu tidak merasa melalui ini sendirian. Lelah secara mental dan fisik sudah pasti kamu rasakan, tapi jangan lupa untuk tetap bangkit seperti Kinan.

Melepaskan dia yang melakukan gaslighting serta melanjutkan hidup bersama orang terkasih akan membuatmu sadar, jika hidupmu berharga dan tidak perlu merasa bertanggung jawab atas apa yang dilakukan oleh pelaku.

Meski jadi korban gaslighting oleh suaminya sendiri, sosok Kinan di serial Layangan Putus tetap bisa mengatasinya dengan lima hal di atas. Meski berat, membebaskan diri dari jeratan si dia yang toxic adalah salah satu cara untuk kamu bisa menikmati hidup baru yang lebih berarti lagi.

Baca Juga: 5 Sifat Perempuan Tangguh ala Kinan Layangan Putus, Layak jadi Panutan

Resti Salsabila Photo Verified Writer Resti Salsabila

I am me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya