Comscore Tracker

6 Tanda Pacar Obsesif yang Bisa Jadi Red Flag Dalam Hubungan, Sadari!

Tanda bahaya untukmu dan juga hubungan yang dijalani lho!

Obsesif atau yang lebih kita tahu sifat obsesi terhadap pasangan jika dilakukan secara berlebihan akan menjadi suatu hal yang negatif. Berbagai tindakan yang tidak wajar hingga berlebihan kepada pasangan akan membawa pada suatu hal buruk yang bisa saja menjadi red flag atau tanda bahaya dalam hubungan.

Perilaku-perilaku yang berlebihan tersebut bisa saja membahayakan pasangan hingga hubungan akan menjadi tidak sehat lagi. Jika pasanganmu menunjukkan beberapa tanda-tanda seperti berikut ini, cobalah untuk bisa menyadarinya dan lebih mengingatkannya karena bisa jadi ia sudah masuk ke dalam kategori obsesi yang negatif.

1. Sering menunjukan perhatian yang jauh dari kata wajar 

6 Tanda Pacar Obsesif yang Bisa Jadi Red Flag Dalam Hubungan, Sadari!Freepik.com/prostooleh

Kebiasaan pasangan yang sering memberi perhatian pada kita memang menjadi suatu kebahagiaan tersendiri, kita merasa jadi orang yang paling beruntung memilikinya. Rasa perhatian yang berlebihan hingga jauh dari kata wajar bisa menjadi sebuah tanda jika pasanganmu sudah mengarah ke obsesi yang negatif yang patut kita ingatkan.

Misalnya saja ia tidak segan untuk mendatangimu tengah malam hanya untuk melihat keadaanmu, mungkin maksud perhatiannya baik akan tetapi caranya yang berlebihan justru bisa menimbulkan efek yang buruk bagimu.

2. Sering memaksa pasangan dan egois 

6 Tanda Pacar Obsesif yang Bisa Jadi Red Flag Dalam Hubungan, Sadari!Freepik.com/freepik

Salah satu tanda nyata seseorang yang terlalu obsesif ialah sering memaksa pasangan dan egois. Hal semacam ini jika dilakukan berlarut-larut dan dalam waktu yang lama akan membahayakan dirimu sendiri juga hubungan yang dijalani.

Mungkin pada awalnya kamu bisa mengimbanginya, akan tetapi pada kenyataannya bisa jadi hal buruk buatmu. Seperti misalnya ia memaksamu untuk tetap tinggal bersamanya, sementara di sisi lain ada pekerjaan yang harus kamu urus dan selesaikan. Jika hal tersebut dibiarkan akan berdampak buruk untukmu karena kamu menjadi kurang produktif.

3. Terlalu cemburu hingga mengekang 

6 Tanda Pacar Obsesif yang Bisa Jadi Red Flag Dalam Hubungan, Sadari!Freepik.com/freepik

Obsesif yang berlebihan dan terkesan negatif salah satu yang juga menjadi tandanya ialah pasangan terlalu cemburu hingga mengekangmu. Karena obsesinya yang terlalu besar kepadamu, ia merasa harus bisa memilikimu seutuhnya hingga beberapa sifat negatif akan muncul seiring dengan berjalannya waktu.

Kebiasaan terlalu cemburu dan mengekang akan menjadikanmu sebagai pasangan merasa dibatasi kebebasannya hingga mungkin bisa saja menimbulkan stres berkepanjangan pada dirimu.

Baca Juga: 5 Cara Tanggapi Curhatan Teman yang Sering Putus Nyambung Soal Asmara

4. Tidak kenal waktu ketika kencan atau jalan berdua 

6 Tanda Pacar Obsesif yang Bisa Jadi Red Flag Dalam Hubungan, Sadari!Pixabay.com/Free-Photos

Perhatikan kebiasaan pasangan yang cenderung ingin kamu terus bersamanya yang akan membuatmu tidak nyaman karena sifat obsesi yang berlebihan. Misalnya saja ketika ia sering tidak kenal waktu ketika kencan atau jalan berdua bersamamu.

Jika hal tersebut sering dilakukan akan mempunyai dampak kurang baik untukmu, misalnya saja akan membuat waktu produktif kamu menjadi berkurang. Hal tersebut juga bisa jadi tanda bahaya suatu hubungan karena satu di antaranya merasa dirugikan.

5. Sering mengancam jika kita tidak terbuka kepadanya 

6 Tanda Pacar Obsesif yang Bisa Jadi Red Flag Dalam Hubungan, Sadari!Unsplash.com/Milan Popovic

Obsesi yang negatif cenderung berujung kepada hal-hal yang akan berdampak buruk untuk pasangannya. Salah satu contoh ketika pasangan sering mengancam kita jika tidak terbuka kepadanya.

Kebiasaan adanya bentuk ancaman tersebut bisa jadi salah satu red flag dalam hubungan yang sebaiknya kamu sadari dan jauhi sebelum berlanjut ke arah yang lebih buruk lagi.

6. Selalu merasa jika kamu sepenuhnya jadi miliknya

6 Tanda Pacar Obsesif yang Bisa Jadi Red Flag Dalam Hubungan, Sadari!Pixabay.com/pexels

Pasangan yang mempunyai obsesi yang berlebihan terhadapmu biasanya akan merasa jika kamu sepenuhnya miliknya. Hal tersebut juga merupakan tanda bahaya dalam hubungan yang jika dibiarkan terus berlanjut akan berpotensi merusak dirimu dan juga hubungan yang dijalani.

Lebih parahnya lagi ketika sering melakukan hal di luar wajar karena keinginannya untuk memilikimu seutuhnya, bisa saja membuatmu merasa tertekan jika tetap bersamanya.

Itulah 6 tanda pasangan obsesif yang bisa jadi red flag atau tanda bahaya dalam suatu hubungan. Tidak hanya berpengaruh pada hubungan, obsesif yang cenderung negatif akan membuatmu berada salam situasi buruk yang harus kamu hindari.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Keluar dari Abusive Relationship

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya