Comscore Tracker

5 Cara Mengimbangi Pasangan yang Keras Kepala, Bikin Jarang Ribut!

Sebaiknya jangan sama-sama keras kepala juga

Ketika dua karakter yang berbeda dipersatukan dalam suatu hubungan pacaran atau bahkan pernikahan pasti ada saja perdebatan diantara keduanya walaupun kecil. Perdebatan atau bahkan pertengkaran menjadi suatu hal yang lumrah terjadi, karena sifat dan karakter setiap orang berbeda-beda dan perlu adanya penyesuaian didalamnya.

Penyesuaian dan saling bisa mengimbangi satu sama lain dalam suatu hubungan itu penting untuk menjaga hubungan tersebut terus langgeng dan awet. Misalnya saja ketika salah satu pasangan mempunyai sifat keras kepala, satu di antaranya bisa mengimbangi sifat keras kepala tersebut sehingga tidak menimbulkan perdebatan bahkan keributan yang akan memperburuk hubungan. Adapun 5 cara mengimbangi pasangan yang mempunyai sifat keras kepala di antaranya ialah..

1. Memahami dan memaklumi sifatnya

5 Cara Mengimbangi Pasangan yang Keras Kepala, Bikin Jarang Ribut!Pixabay.com/Free-Photos

Ketika pasanganmu mempunyai sifat keras kepala cobalah untuk memahami dan memaklumi sifatnya. Tidak mudah untuk merubah sifat seseorang, dengan kita dapat memahami dan memakluminya secara tidak langsung dapat mencegah timbulnya pertengkaran dalam suatu hubungan. Bayangkan saja ketika pasangan kita mempunyai sifat keras kepala lantas kita tidak pernah memaklumi hal tersebut bukan tidak mungkin akan terjadi perdebatan karena keduanya yang sama-sama keras dan tidak mau mengalah.

2. Cobalah untuk lebih mudah mengalah

5 Cara Mengimbangi Pasangan yang Keras Kepala, Bikin Jarang Ribut!Pixabay.com/Disarm

Mengalah bukan sesuatu yang buruk kok. Ketika pasangan kita adalah orang yang keras kepala, yang susah untuk dipatahkan keinginan dan kehendaknya cobalah untuk lebih mudah mengalah. Mengalah demi kebaikan sebelum akhirnya coba untuk menasehatinya pelan agar ia bisa berubah. Ketika ia sedang keras kepala mempertahankan pendapatnya, sementara kita juga tidak mau mengalah dengannya pasti akan timbul masalah dalam hubungan atau bisa jadi pertengkaran yang hebat.

3. Lebih lembut dan penuh kasih sayang

5 Cara Mengimbangi Pasangan yang Keras Kepala, Bikin Jarang Ribut!Pixabay.com/4170730

Mencoba untuk bersikap lebih lembut dan penuh kasih sayang kepada pasangan yang mempunyai sifat keras kepala akan membuatnya perlahan berubah kearah lebih baik. Setidaknya ketika ia selalu mempertahankan pendapatnya walau terkadang salah dengan sikapmu yang lembut dan penuh kasih sayang saat menghadapinya, akan membuat hatinya tersentuh hingga perlahan meluluhkan sifatnya yang keras kepala.

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Dilakukan Saat Sifat Keras Kepala Teman Kumat

4. Jangan mudah tersinggung dan emosi

5 Cara Mengimbangi Pasangan yang Keras Kepala, Bikin Jarang Ribut!Pixabay.com/Tumisu

Janganlah mudah tersinggung dan emosi jika semisal pendapatmu tidak di dengar oleh pasangan dan ia lebih memilih keras kepala untuk mempertahankan pendapatnya sendiri, karena itulah sosok seorang keras kepala. Pentingnya untuk selalu memahami akan sifat yang dimilikinya. Jika kamu mudah tersinggung dan emosi terhadap apapun yang terjadi dalam hubungan akibat sifat pasangan yang keras kepala bisa berakibat buruk bagi hubungan bahkan bisa jadi hancurnya suatu hubungan yang sudah terjalin baik.

5. Harus punya kesabaran yang lebih

5 Cara Mengimbangi Pasangan yang Keras Kepala, Bikin Jarang Ribut!Pixabay.com/Anita_Morgan

Menghadapi sifat seseorang yang keras kepala dibutuhkan suatu kesabaran yang lebih. Sabar dalam mengalah, sabar dalam menerima hal-hal yang sebenarnya tidak sesuai dengan keinginanmu dan sabar menghadapinya jika ia terlihat ngotot akan apa yang ia inginkan. Dengan sabar kita dapat mengontrol diri kita, pasangan dan bakhan hubungan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengimbangi pasangan yang keras kepala. Sebisa mungkin untuk mengalah dan sabar dengan semuanya demi suatu hubungan yang lebih baik dan langgeng. Akan tetapi jika sifat keras kepala pasangan sudah mengarah ke hal yang negatif, cobalah untuk membicarakan baik-baik dengan pasangan atau bila perlu memberi pengertian kepadanya.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Menghadapi Mantan yang Keras Kepala & Terobsesi Padamu

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya