Comscore Tracker

6 Cara Menghadapi Pasangan yang Sangat Bergantung Padamu

Gak baik lho jika dibiarkan berlarut! 

Mempunyai pasangan yang selalu bergantung pada kita memang sering kali membuat kita bangga karena mempunyai arti tersendiri baginya. Ketika kebiasaan bergantung tersebut sering kali berlebihan hingga membuat kita repot sendiri, agaknya perlu kita batasi.

Tidak mudah memang ketika langsung mengutarakan maksud kita tersebut pada pasangan, karena salah-salah bisa saja membuat dirinya tersinggung bahkan marah. Adapun enam tips yang bisa kamu coba di antaranya:

1. Berikan perhatian pada pasangan sewajarnya saja  

6 Cara Menghadapi Pasangan yang Sangat Bergantung Padamuilustrasi pasangan (pexels.com/dnikprihodko)

Langkah pertama ketika kita ingin membuat pasangan tidak terlalu bergantung pada kita adalah dengan memberikan perhatian pada pasangan sewajarnya saja. Tidak perlu berlebihan dalam segala hal, hal ini lantaran menjadi salah satu penyebab pasangan jadi mudah bergantung pada kita.

Misalnya saja ketika kita selalu menyempatkan waktu sesibuk apa pun untuk mengantar jemput pasangan, pasangan akan terbiasa bergantung pada kita karena hal tersebut. Sebaiknya, ketika kita sibuk cobalah beri perhatian pada pasangan sewajarnya saja.

2. Tak perlu selalu jadi 'yes-people'

6 Cara Menghadapi Pasangan yang Sangat Bergantung Padamuilustrasi meminta maaf (pexels.com/alexgreen)

'Yes-people' bisa juga dibilang orang yang selalu berkata ia terhadap orang lain yang meminta sesuatu pada dirinya. Sifatnya yang tidak enak hati menjadikan orang lain sering memanfaatkannya. Ketika kita selalu berkata ia dan menuruti semua keinginan pasangan.

Akan timbul suatu rasa ketergantungan pada pasangan terhadap kita. Sebaiknya hindari hal yang demikian ini, karena akan membawa pengaruh buruk untuk hubungan yang dijalani.

3. Kamu harus punya batasan privasi sendiri   

6 Cara Menghadapi Pasangan yang Sangat Bergantung Padamuilustrasi menonton tv (pexels.com/koolshooters)

Coba untuk bisa membuat batasan pada pasangan mengenai privasi kita sendiri. Jika kita tidak sanggup dan tidak mampu melakukan apa yang pasangan inginkan karena mengganggu privasi kita, sebaiknya janganlah dilakukan.

Ada saatnya sesekali kita menuruti permintaan pasangan untuk menyenangkan hatinya, akan tetapi juga sebaiknya kita juga harus punya batasan tersendiri mengenai urusan pribadi kita sendiri yang harus juga pasangan mengerti.

Baca Juga: 5 Ciri Pasangan yang Terlanjur Bergantung Padamu, Susah Mandiri

4. Bicarakan baik-baik pada pasangan supaya ia sedikit bisa mandiri 

6 Cara Menghadapi Pasangan yang Sangat Bergantung Padamuilustrasi bicara (pexels.com/budgeronbach)

Coba bisa membicarakan baik-baik pada pasangan untuk sedikit bisa mandiri dan jangan terlalu bergantung dengan diri kita. Karena pada dasarnya, bergantung pada seseorang juga tidaklah baik.

Akan ada suatu keadaan di mana pasangan dituntut harus mandiri. Seperti misalnya ketika kita dalam posisi sibuk bekerja, sementara pasangan membutuhkan sesuatu dari kita. Tidak selamanya kita bisa membantunya bukan?.

5. Tegas pada setiap aturan yang kamu buat   

6 Cara Menghadapi Pasangan yang Sangat Bergantung Padamuilustrasi pasangan (pexels.com/juanvergas)

Cobalah untuk bisa tegas dengan setiap aturan yang kita buat kepadanya untuk tidak berlebihan untuk terus bergantung pada kita. Hal ini semata-mata demi kebaikan bersama.

Ketika pasangan kita mampu bersikap mandiri, sementara kita juga bisa fokus terhadap hal lainnya. Akan ada suatu kerja sama yang baik sehingga bisa mencapai hal-hal yang lebih penting lainnya untuk masa depan kita.

6. Selalu bisa konsisten    

6 Cara Menghadapi Pasangan yang Sangat Bergantung Padamuilustrasi pasangan (pexels.com/tirachardkumtanom)

Kita juga dituntut untuk bisa konsisten terhadap apa yang menjadi tujuan, yaitu demi mengurangi ketergantungan pasangan kepada kita. Konsisten ketika tidak mudah selalu berkata ia, atau konsisten untuk tidak memberi perhatian lebih pada pasangan.

Hal ini secara perlahan akan mengurangi sikap pasangan yang terlalu bergantung pada kita. Ketika semua aturan yang ada tidak konsisten dalam menjalaninya, akan percuma saja karena tidak cepat bisa mengubah kebiasaan pasangan kita yang selalu bergantung pada kita.

Punya pasangan yang selalu bergantung pada kita sering kali membuat bangga pada diri kita sendiri, namun jika dibiarkan tidak baik untuk pasangan ke depannya. Coba pahami ya guys!

Baca Juga: Biar Gak Terlalu Bergantung pada Pasangan, Lakukan 5 Hal!

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya