Comscore Tracker

5 Mindset yang Dapat Mencegah Munculnya Trauma saat Putus Cinta

Sedih boleh, tapi jangan larut dalam kesedihan

Putus cinta karena ditinggalkan oleh seseorang yang dicintai memang bukan perkara mudah untuk dibiarkan. Ada banyak perasaan yang muncul, mulai dari kecewa, marah atau bahkan benci hingga menyesali diri. Banyak pula yang berimbas pada trauma yang dirasakan setelahnya.

Terlebih ketika kita mempunyai pikiran buruk. Sebaliknya, jika kita mempunyai pemikiran seperti di bawah ini, ada kemungkinan bisa mencegah munculnya trauma akibat putus cinta karena ditinggalkan pasangan.

1. Berpikir jika hidup tidak hanya soal cinta

5 Mindset yang Dapat Mencegah Munculnya Trauma saat Putus Cintailustrasi bahagia dengan sahabat (pixabay.com/HuyNgan)

Banyak penyebab mengapa pasangan meninggalkanmu, namun yang pasti hal tersebut jangan sampai memperburuk kondisi kamu saat ini. Sebisa mungkin hindari hal-hal yang bisa menjadi pemicu munculnya rasa trauma.

Namun, cobalah untuk tetap berpikir jika hidup tidak hanya soal cinta. Banyak hal lain yang juga berharga untuk dirimu dan pastinya bermanfaat untuk kehidupan kamu ke depannya. Misalnya saja memikirkan karier di masa depan.

2. Mati satu tumbuh seribu

5 Mindset yang Dapat Mencegah Munculnya Trauma saat Putus Cintailustrasi pasangan (pexels.com/katerinaholmes)

Dengan punya pemikiran jika mati satu tumbuh seribu, kemungkinan terburuk munculnya trauma karena ditinggalkan pasangan akan berkurang. Percayalah jika masih banyak cinta lain yang akan datang dan lebih baik dari seseorang yang meninggalkan kamu tersebut. 

Dia yang meninggalkan kamu tak layak untuk dipertahankan. Jika memilih untuk larut dalam kesedihan, itu hanya akan menyiksa diri kamu sendiri. Jangan sampai kamu menanggung kerugian atas hal tersebut.

3. Pasangan yang meninggalkanmu bukan sosok terbaik

5 Mindset yang Dapat Mencegah Munculnya Trauma saat Putus Cintailustrasi pria (pexels.com/lukasrychvalsky)

Dia yang meninggalkan kamu yang ternyata tulus mencintai akan dapat penyesalan terbesar dalam hidupnya. Lambat laun kamu akan sadar jika memang ia bukan sosok yang tepat untuk diperjuangkan.

Apalagi perginya dari kehidupan kamu justru membuat kecewa hingga muncul trauma. Jika dibiarkan, yang rugi justru diri kamu sendiri, lho. Stop lakukan hal ini, ya. Masih banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Tahap yang Dirasakan saat Putus Cinta, dari Terpuruk sampai Bahagia

4. Akan dipertemukan dengan seorang yang lebih baik kemudian

5 Mindset yang Dapat Mencegah Munculnya Trauma saat Putus Cintailustrasi pasangan (pexels.com/picha)

Percayalah, kehilangan seseorang bukan akhir dari segalanya. Justru ini akan membuka peluang hadirnya sosok pengganti yang justru lebih baik lagi. Pemikiran seperti ini yang nantinya juga akan menjauhkan kamu dari rasa trauma karena ditinggalkan.

Jangan hanya berdiam diri meratapi yang sedang terjadi, bangkitlah untuk melanjutkan hidup. Lebih baik melakukan perbaikan diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Carilah kegiatan yang lebih positif dan pastinya berguna untuk masa depan kamu.

5. Nikmati waktu jomblo dengan baik

5 Mindset yang Dapat Mencegah Munculnya Trauma saat Putus Cintailustrasi menikmati masa jomblo (pixabay.com/free-photos)

Pikirkan untuk menikmati waktu jomblo dengan baik ketika ditinggalkan pasangan. Cobalah untuk menyenangkan diri sendiri daripada terus meratapi kesedihan yang ada. Hal ini perlahan membantumu terhindar dari rasa trauma usai putus cinta. 

Walau tidak mudah, namun dengan terus mencoba lama-lama akan terbiasa. Jangan korbankan diri kamu sendiri demi sesuatu yang tidak pantas diratapi. Life must go on.

Memang butuh waktu untuk menyembuhkan trauma akibat ditinggalkan pasangan. Sebelum terlanjur, cobalah untuk bisa mencegahnya melalui lima cara di atas.

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya