Comscore Tracker

5 Tanda Sebenarnya Kamu Sedang Insecure dengan Pasangan Sendiri 

Gak baik lho kalau dipertahankan 

Kamu pernah gak mengalami insecure? Dimana perasaanmu sering diliputi oleh rasa cemas dan takut berlebih dalam suatu hal? Tidak terkecuali dalam menjalin hubungan kamu sering mengalami insecure terhadap pasanganmu sendiri.

Padahal rasa insecure tersebut jika dibiarkan akan menghambat hubungan yang kalian jalin, seperti hilang kepercayaan terhadap pasangan, selalu merasa minder, rendah diri, dan perasaan negatif lainnya. Nah supaya lebih berhati-hati yuk kenali 5 tanda yang menunjukkan kamu insecure terhadap hubungan asmara yang kamu jalin.

1. Muncul perasaan cemburu saat pasangan menghabiskan waktu dengan orang lain 

5 Tanda Sebenarnya Kamu Sedang Insecure dengan Pasangan Sendiri pexels.com/freestocks.org

Tanda pertama yang menunjukkan kamu sedang insecure terhadap pasanganmu sendiri yaitu sering muncul perasaan cemburu berlebih jika pasangan menghabiskan waktunya dengan orang lain. Dalam hubungan yang kalian jalin kamu merasa rendah diri sehingga sering khawatir jika pasangan akan berpaling dan kehilangan minat terhadapmu.

Padahal guys perasaan tersebut harus kamu lawan lho, jika tidak akan berdampak buruk terhadap hubunganmu. 

2. Selalu memandang diri sendiri lebih rendah 

5 Tanda Sebenarnya Kamu Sedang Insecure dengan Pasangan Sendiri pexels.com/Masha Raymers

Saat menjalin hubungan kamu sering memandang diri sendiri lebih rendah dari orang lain. Kamu merasa tidak memiliki kelebihan yang bisa ditonjolkan dan merasa tidak pantas untuk dicintai.

Padahal pasanganmu selama ini tidak menuntut banyak hal dan bisa menerimamu apa adanya, namun sayangnya kamu tidak bisa melihat ketulusan yang ia berikan. Maka mulai sekarang berhentilah merasa insecure dan mulailah untuk mencintai diri sendiri. 

3. Kamu selalu merasa takut kehilangan si dia 

5 Tanda Sebenarnya Kamu Sedang Insecure dengan Pasangan Sendiri unsplash.com/@ Külli Kittus

Karena perasaan insecure dan cemas berlebihan itulah pada akhirnya membuatmu diliputi rasa takut kehilangan. Ketidakhadiran pasangan dalam beberapa waktu membuatmu jadi cemas sendiri. Selain itu kamu selalu menuntut dia untuk selalu ada. Ingat ya pasangan juga memiliki kesibukannya sendiri dan tidak selalu bisa ada untukmu sepanjang waktu. 

Baca Juga: 5 Cara Tepat Menangani Tipe Pasangan yang Mudah Insecure dan Pesimis 

4. Menjadi posesif 

5 Tanda Sebenarnya Kamu Sedang Insecure dengan Pasangan Sendiri pexels.com/cottonbro

Tanda selanjutnya yaitu kamu menjadi sosok yang posesif. Cemburu berlebih yang kamu tunjukkan pada akhirnya muncul perilaku posesif terhadap pasanganmu sendiri. Kamu jadi mengekang, membatasi ruang gerak, suka melarang ini itu, dan sering mengecek akun media sosialnya.

Bahkan nih kamu selalu menuntut pasangan untuk selalu memberi kabar setiap waktu. Waduh kalau kamu menjadi orang yang posesif karena perasaan insecure tersebut, tentunya akan membuat hubungan jadi tidak sehat. 

5. Tidak memiliki kepercayaan diri  

5 Tanda Sebenarnya Kamu Sedang Insecure dengan Pasangan Sendiri pexels.com/Julia Mourão Missagia

Terakhir, kamu merasa apa yang ada dalam dirimu saat ini hanya sebuah kekurangan saja, menganggap kamu pasangan yang tidak sesempurna seperti dirinya, padahal setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kepercayaan diri yang rendah inilah pada akhirnya membuat pasanganmu menjadi jengah, hubungan yang seharusnya bisa saling melengkapi tapi malah diliputi perasaan rendah diri. 

Itulah 5 tanda kamu sedang insecure terhadap pasanganmu sendiri. Jadi mulai sekarang berhentilah merasa insecure ya, karena hanya membuat hubunganmu menjadi tidak sehat. 

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Teman yang Sering Membuatmu Insecure

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya