Comscore Tracker

5 Cara untuk Membuat Pasangan Lebih Nyaman saat Ngobrol

Jadilah pendengar yang baik ya!

Dalam hubungan kita gak bisa memisahkan dari adanya komunikasi. Ketemu dengan pasangan ngobrol, kalau ada masalah diskusi, dan curhat satu sama lain. Kegiatan tersebut tidak terlepas dari komunikasi satu sama lain.

Namun terkadang, saat kita curhat atau ngobrol ada saja yang membuat suasana jadi tidak enak. Misalnya, doi hobi memotong pembicaraan, sibuk sendiri, dan sebagainya. Nah berikut lima cara membuat pasangan lebih nyaman saat ngobrol berdua. 

1. Menjadi pendengar yang baik

5 Cara untuk Membuat Pasangan Lebih Nyaman saat Ngobrolilustrasi pasangan (pexels.com/@Hugo Martinez)

Cara pertama membuat pasangan lebih nyaman saat ngobrol berdua adalah, dengan menjadi pendengar yang baik. Banyak dari orang hobi bercerita, semangat ketika membicarakan sesuatu, namun sayang ketika orang lain berbicara ia tidak bisa menjadi pendengar yang baik.  

Ada saja sesuatu yang dilakukan yang membuat dirinya gak fokus saat kita berbicara. Maka untuk membuat pasangan lebih nyaman, berusahalah sebaik mungkin untuk mendengarkan apa yang ia ceritakan. 

2. Jangan diam saja, namun beri dia respons atau tanggapan

5 Cara untuk Membuat Pasangan Lebih Nyaman saat Ngobrolilustrasi pasangan (pexels.com/@Huynh Van)

Saat pasangan asyik bercerita, jangan cuma diam saja seolah tidak menunjukkan rasa ketertarikan. Ketika ngobrol berdua, berikan respons atau tanggapan terhadap apa yang ia ceritakan. Misalnya menanggapi dengan kalimat "terus bagaimana", mengajukan pertanyaan, atau merespons melalui bahasa tubuh dengan menganggukkan kepala, serta menatap mata. 

Memberi respons atau tanggapan ini membuat lawan bicara jadi merasa diperhatikan dan nyaman di dekatmu. Maka jangan diam saja ya, beri dia respons positif bukti bahwa kamu memperhatikannya. 

Baca Juga: 5 Tips Memperlancar Jalannya Komunikasi saat Bersama Pasangan

3. Menunjukkan rasa ingin tahu

5 Cara untuk Membuat Pasangan Lebih Nyaman saat Ngobrolilustrasi pasangan (pexels.com/@bethany ferr)

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membuat pasangan lebih nyaman saat ngobrol adalah, menunjukkan rasa ingin tahu. Coba tanya bagaimana dia hari ini, apakah ada sesuatu yang terjadi, apa ada yang ingin diceritakan, dan sikap rasa ingin tahu yang lain. 

Jika kita menunjukkan perhatian seperti itu, ini akan membuat seseorang jadi diharapkan. Ia merasa kamu sosok yang bisa mengerti keadaannya. Demikian membuatnya semakin nyaman berada di dekatmu. 

4. Coba sisipkan humor di tengah obrolan

5 Cara untuk Membuat Pasangan Lebih Nyaman saat Ngobrolpasangan lagi ngobrol (pexels.com/@SHVETS production)

Selain tiga poin di atas cara selanjutnya yaitu, dengan menyisipkan selera humor di tengah obrolan. Salah satu bumbu yang membuat hubungan awet dan tidak membosankan adalah, dengan menyisipkan humor di dalamnya. Saat pasangan ngobrol sesekali tanggapi dengan lelucon, atau menggodanya yang membuat dia jadi salah tingkah. 

Namun ingat, kamu harus paham dalam menempatkan humor tersebut ya. Jangan waktu dia berbicara serius dan bercerita panjang lebar, malah kamu tanggapi dengan sesuatu yang bercanda. Hmmm, kalau itu kamu lakukan jadi salah besar. 

5. Jangan sibuk sendiri

5 Cara untuk Membuat Pasangan Lebih Nyaman saat Ngobrolcouple goals (pexels.com/@Thiều Hoàng Phước)

Poin terakhir yang bisa kamu lakukan untuk membuat pasangan nyaman saat ngobrol adalah, dengan tidak sibuk sendiri. Kalau pasangan berbicara perhatikanlah dia dan tanggapi secara baik. Masa iya, kamu malah sibuk sendiri dengan main telepon misalnya, asyik main game sendiri, atau melakukan kegiatan lain. 

Ayolah berusaha menempatkan sesuatu di tempatnya. Bukankah kegiatan tersebut bisa dilakukan nanti setelah selesai ngobrol. Maka, kalau pasangan butuh tempat cerita jangan asyik sendiri ya, hargailah keberadaannya, karena jarang-jarang bukan kalian bisa deep talk.  

Meskipun hubungan kamu sudah berjalan lama, menjaga pola komunikasi yang baik dengannya bisa kamu lakukan untuk membuat pasangan lebih nyaman saat ngobrol denganmu. Semoga cara di atas bisa membantumu, ya. 

Baca Juga: 5 Batasan Krusial yang Harus Diingat saat Ngobrol dengan Orang Lain

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya