Comscore Tracker

Supaya Hati Damai, 5 Cara Menghilangkan Perasaan Ragu pada Pasangan

Biar kedamaian bisa kamu rasakan

Ketika menjalin hubungan dengan seseorang, rasanya gak akan terus berjalan mulus seperti tak ada hambatan. Pasti akan ada saja masalah yang terjadi, seperti selisih paham, hingga muncul perasaan ragu pada pasangan sendiri.

Perasaan ragu jika dibiarkan tentu akan berbahaya dan bisa mengikis rasa kepercayaan pada pasangan. Nah supaya kedamaian hati bisa kamu dapat dan menghindarkanmu dari permasalahan yang serius, berikut lima cara menghilangkan rasa ragu dalam hubungan. 

1. Saling belajar memupuk kepercayaan

Supaya Hati Damai, 5 Cara Menghilangkan Perasaan Ragu pada Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/@Bethany Ferr)

Cara pertama menghilangkan perasaan ragu pada pasangan sendiri, yaitu dengan belajar untuk saling memupuk kepercayaan. Hubungan bisa langgeng kalau masing-masing saling menaruh rasa percaya dan tidak mudah curigaan. 

Berbeda kalau dari awal hubungan kamu suka berpikir aneh-aneh, cemburu berlebihan, dan curigaan mulu tentu bisa membuat hubungan kalian jadi terancam. Maka dari itu, coba tanamkan rasa percaya, supaya perasaan ragumu bisa menghilang. 

2. Jangan lupa dikomunikasikan

Supaya Hati Damai, 5 Cara Menghilangkan Perasaan Ragu pada Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/@Trung Nguyen)

Tidak ada masalah yang gak ada jalan keluarnya. Setiap problem bisa diselesaikan apabila kalian berusaha untuk mencari. Maka, jika kamu sering mengalami perasaan ragu pada pasangan coba kalian komunikasikan.

Ngobrol secara deep talk katakan keresahan yang kamu alami, ungkapkan jika ada sesuatu yang mengganjal di hati, dan jangan dipendam sendiri. Ngobrol jadi salah satu solusi memecahkan masalah yang kamu alami. Maka komunikasi kalian jangan sampai terputus ya. 

Baca Juga: 5 Tips Atasi Komunikasi yang Buruk, agar Pasangan Tak Merajuk

3. Meyakinkan diri sendiri

Supaya Hati Damai, 5 Cara Menghilangkan Perasaan Ragu pada Pasanganilustrasi bercermin (pexels.com/Min An)

Cara selanjutnya menghilangkan perasaan ragu terhadap pasangan, yaitu dengan meyakinkan diri sendiri. Keyakinanmu terhadap pasangan, bisa menjadi pereda rasa ragu yang kamu alami sekarang. Yakinkan, bahwa perasaan yang kamu alami hanya sebatas kekhawatiran yang tak sepatutnya dibesar-besarkan. 

Kamu harus meyakinkan diri bahwa pasangan juga sama seriusnya terhadapmu. Perasaan ragu yang kamu alami harus segera kamu usir supaya tidak terjebak oleh pikiran yang buruk. 

4. Jangan langsung berasumsi negatif 

Supaya Hati Damai, 5 Cara Menghilangkan Perasaan Ragu pada Pasanganilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/@pavel danilyuk)

Ada baiknya jika ada sesuatu yang membuatmu ragu pada pasangan itu diobrolin dulu. Jangan langsung berasumsi negatif dengan menuduh pasangan melakukan sesuatu yang tidak-tidak atau negative thinking duluan. 

Sebab, jika langsung berpikir buruk, bukannya masalah cepat kelar, tapi bisa melebar ke mana-mana. Perasaan buruk yang harusnya bisa diatasi, jadi semakin menambah keraguan yang ada di dalam dirimu.

5. Terkadang perlu waktu untuk diri sendiri

Supaya Hati Damai, 5 Cara Menghilangkan Perasaan Ragu pada Pasanganilustrasi me time (pexels.com/@diana.grytsku)

Untuk menghilangkan perasaan ragu terhadap pasangan adakalanya kamu butuh waktu untuk menyendiri terlebih dahulu. Sementara biarkan sama-sama tenang dan beri ruang bagi diri sendiri.

Kamu bisa melakukan hobi, hangout bareng teman-temanmu, menyibukkan diri dengan kegiatan yang bermanfaat, luangkan waktu bersama keluarga, dan lainnya. Cara ini dilakukan supaya kamu bisa berpikir lebih jernih dan mengembalikan keyakinan pada pasanganmu sendiri. 

Keraguan bisa menjadi sumber baru yang bisa merusakan hubungan. Maka, supaya hal tersebut gak terjadi, lakukan lima hal di atas supaya hubunganmu bisa tetap terjaga. 

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Masih Ragu untuk Melanjutkan Hubungan

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya