Comscore Tracker

Jangan Diabaikan, Ini 5 Tips Berhenti Berhubungan dengan Orang Toxic

Coba atasi dengan cara ini

Dalam hidup gak selamanya kita ketemu dengan orang yang baik terus. Kadang kita dihadapkan dengan toxic people entah itu di tempat kerja, di lingkungan pertemanan, hingga dalam hubungan percintaan. Menjalin hubungan dengan orang toxic seperti ini sangatlah melelahkan. 

Sebab fisik dan mentalmu terkuras hanya untuk mengurusi orang beracun seperti mereka. Maka jauh lebih baik jika berhenti berhubungan lagi dengannya. Nah berikut lima tips berhenti berhubungan dengan orang toxic. 

1. Kurangi intensitas pertemuan

Jangan Diabaikan, Ini 5 Tips Berhenti Berhubungan dengan Orang Toxicmantan kekasih (pexels.com/.@ Athena)

Tips pertama berhenti berhubungan dengan orang toxic yaitu, dengan mengurangi intensitas pertemuan kalian. Kamu gak bisa memutus hubungan langsung dengan orang beracun seperti itu, apalagi ini adalah rekan kerja atau temanmu sendiri. Maka pelan-pelan kamu bisa mengurangi intensitas bertemu kalian.

Kalau orang itu adalah rekan kerjamu sendiri, hubungan kalian cukuplah sebatas kerjaan saja. Selain itu jangan terlibat konflik dengannya dan hindari keributan yang tidak diinginkan. Dengan begitu kedamain batin bisa kamu rasakan. 

2. Berani bilang tidak 

Jangan Diabaikan, Ini 5 Tips Berhenti Berhubungan dengan Orang Toxicteman iri (pexels.com/@crina doltu)

Tidak semua manusia memiliki keberanian berkata tidak pada orang lain. Entah karena takut tidak enak, takut orang lain marah, atau karena faktor kasihan. Namun adakalanya kamu harus berani berkata gak terutama untuk orang toxic yang memberi dampak negatif bagi hidupmu. 

Jika dia menghubungimu hanya untuk kepetingannya sendiri, menyuruhmu untuk melakukan sesuatu yang gak kamu sukai, janganlah takut untuk menolak. Tentu menolak dengan cara yang baik supaya gak menyinggung perasaannya. 

3. Tidak terlibat dalam hidupnya

Jangan Diabaikan, Ini 5 Tips Berhenti Berhubungan dengan Orang Toxicilustrasi pertemanan (pexels.com/@ Elijah O'Donnell)

Tips ketiga yaitu menghapus keterlibatanmu dalam hidupnya. Jika kalian adalah rekan kerja maka hubungan kalian hanya sebatas pekerjaan saja dan jangan ikut campur atau menimbrung masalah pribadi. Nah kalau dia suka mancing keributan atau cari-cari masalah denganmu, lebih baik cuekin saja gak usah kamu pedulikan. 

Dengan bersikap cuek dan menunjukkan rasa gak tertarik padanya, lama-lama ia bakal capek sendiri kok. Jadi, buat kamu bersikap tegaslah untuk gak masuk drama dalam hidupnya. 

Baca Juga: 5 Pikiran Toxic Ini Membuat Kalian Tak Bisa Menunjukkan Potensi Diri

4. Batasi komunikasi

Jangan Diabaikan, Ini 5 Tips Berhenti Berhubungan dengan Orang Toxicwanita sedang ngobrol (pexels.com/@Alexander Suhorucov )

Orang yang beracun biasanya hobi sekali cari-cari masalah dan membuat onar di lingkungan sekitarnya. Ia gak segan menarik orang lain masuk dalam drama hidup yang ia buat. Nah jika kamu di posisi ini lebih baik batasi komunikasi antara kalian. Komunikasi seperlunya saja baik itu langsung atau lewat media sosial.

Karena jika kamu terlalu terlibat komunikasi dengannya yang ada kamu bakal capek sendiri. Jadi, sayangi dirimu dengan gak ikut campur urusan dengan orang beracun seperti dia. 

5. Tetap menyapa seperlunya saja

Jangan Diabaikan, Ini 5 Tips Berhenti Berhubungan dengan Orang Toxicrekan kerja (pexels.com/@cottonbro)

Tips terakhir yaitu tetap menyapa seperlunya saja. Di situasi tertentu kadang gak bisa mengakhiri sepenuhnya hubungan dengan orang toxic tersebut. Entah disebabkan karena kalian rekan kerja, teman yang sangat dekat, sudara sendiri, dsb.

Maka jika kamu ketemu dengannya menyapalah sewajarnya. Jika ia mengirim pesan lewat media sosial, jawablah dengan baik dan sopan. Dengan begitu kamu gak merasa khawatir dia mengganggu hidupmu. 

Itulah lima tips berhenti berhubungan dengan orang toxic yang bisa kamu coba. Semoga tips di atas bisa membantumu ya dan semoga kamu dijauhkan oleh tipe orang yang beracun seperti ini. 

Baca Juga: 6 Tanda Teman Toxic yang Sering Tak Disadari, Cek Satu per Satu!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya