Comscore Tracker

8 Fakta Unik Ini Cuma Dirasakan Kamu yang Pacaran Sama Orang INFP

Kalau udah mager, gak bakal mau diajak ke mana-mana!

Pernah pacaran sama orang yang karakternya kebalikan sama kamu? Pasti bikin frustrasi 'kan? Kadang kamu saking jengkelnya pengen banget jedotin kepalamu ke tembok karena sama sekali gak ngerti apa maksud dari perbuatan yang dilakukannya.

Setiap hubungan pasti akan ada konflik, dan sekeras apa pun kamu berusaha menghindarinya, konflik bakal terus ada membayangimu. Konflik terjadi karena adanya perbedaan karakter di antara kalian. Salah satu tes kepribadian yang paling terkenal adalah Myers-Briggs.

Salah satu dari ke-16 kepribadian adalah INFP (Introversion - Intuition - Feeling - Perception). Karakter ini unik sehingga kadang menimbulkan konflik kalau ada  yang belum paham sama orang ini. Emangnya orang INFP kayak gimana sih?

1. Mereka suka banget menunda pekerjaan sampai menumpuk

8 Fakta Unik Ini Cuma Dirasakan Kamu yang Pacaran Sama Orang INFPunsplash.com

INFP cenderung menunda pekerjaan lebih banyak dari orang kebanyakan. Mereka gak terlalu bagus dalam mengatur waktu, sehingga biasanya butuh waktu lebih banyak daripada orang biasa untuk melakukan sesuatu.

Kalau kamu tipe orang yang gak suka menunda pekerjaan, kamu kayaknya gak bisa protes sama orang-orang ini, mending terima saja. Dengan catatan, kamu juga harus rajin-rajin mengingatkan mereka dengan lembut tentang pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan segera.

2. Kalau sedang malas-malasnya, bergerak satu meter pun tak mau rasanya

8 Fakta Unik Ini Cuma Dirasakan Kamu yang Pacaran Sama Orang INFPpexels.com/Fancycrave

Kalau INFP sudah kambuh malasnya, mereka gak bakal mau ngapa-ngapain seharian. Mereka bisa saja menghabiskan waktu hanya dengan lihat film, baca buku, atau melakukan kegiatan yang mereka anggap menarik saja.

Kuncinya adalah, selalu semangati mereka dan katakan bahwa rencana-rencana ini sebenarnya akan lebih menarik jika segera dilakukan. Kalau mereka merasa tertekan melakukan sesuatu, mereka gak bakal mau mendekatinya kok. Jadi, hindari untuk terus menerus menagih atau mengejarnya karena kamu gak bakal dapat apa pun.

3. Mereka suka mengisolir diri sendiri, menjauhi keramaian

8 Fakta Unik Ini Cuma Dirasakan Kamu yang Pacaran Sama Orang INFPunsplash.com/brookecagle

Seperti introvert lainnya, mereka butuh waktu lebih banyak untuk sendiri. Itu cara mereka mengisi energi diri sendiri. Dikelilingi orang banyak membuat mereka kelelahan. Jadi mungkin beberapa ekstrovert bakal bingung dengan pemahaman lelah  yang seperti ini karena keduanya sama-sama kebalikan. Bahkan ada ekstrovert yang tersinggung kalau introvert ingin sendirian karena lelah dikelilingi orang.

Seseorang yang mencintai kita tak harus selalu bersama kita sepanjang waktu. INFP butuh waktu sendiri lebih banyak dari orang biasa. Tapi bukan berarti itu karena kamu yang membosankan, tapi karena memang seperti itu cara kerja mereka.

4. Lupakan rencana liburan matang-matang jauh hari. INFP lebih suka rencana mendadak yang gak dipikirkan sebelumnya

8 Fakta Unik Ini Cuma Dirasakan Kamu yang Pacaran Sama Orang INFPunsplash.com/@calliestorystreet

INFP adalah orang yang spontan. Mereka gak suka ada di dalam kotak dan ditaruh di pojokan begitu saja. Mereka lebih suka untuk melihat berbagai peluang yang ada. Kalau kamu tipe orang yang harus penuh perencanaan, penting untuk membicarakan semua rencanamu dengan INFP agar tak muncul konflik.

Kan gak lucu, kamu udah susah-susah beli tiket dan itinerary pergi ke Bali, eh, dia pengennya pergi ke Bandung.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Ditulis INFP Saat Membuat Resolusi Tahun Barunya

5. Jangan kaget kalau tiba-tiba INFP jadi pendiam dan gak ngomong banyak sama kamu

8 Fakta Unik Ini Cuma Dirasakan Kamu yang Pacaran Sama Orang INFPreductress.com

Gak semua introvert pendiam, tapi kalau dibandingkan ekstrovert, tentu mereka lebih gak banyak ngomong. Kalau kamu ekstrovert, kamu pasti bakal frustrasi sendiri ketika suatu hari pacar INFP kamu diam dan gak ngomong banyak seharian. Kamu gak ngerti kenapa pacarmu gak ngomong karena ditanya pun jawabannya juga "Aku gak apa-apa."

Jangan bingung. Itu memang sudah jadi karakter INFP yang pendiam dan gak banyak ngomong. Kalau kamu sudah bisa menerimanya, karakternya yang pendiam itu bukan lagi jadi masalah bagimu.

6. Orang-orang ini anti banget sama yang namanya konflik. Mereka bakal berusaha sebisa mungkin untuk menghindarinya

8 Fakta Unik Ini Cuma Dirasakan Kamu yang Pacaran Sama Orang INFPunsplash.com/@skyl0ser

Gak selamanya konflik itu hal yang buruk karena tentu saja itu bakal selalu ada di setiap hubungan dan bisa bikin kalian berkembang saling mengerti satu sama lain.

Tapi, INFP punya ketidaksukaan yang luar biasa besar dengan yang namanya konflik. Kalau kamu ekstrovert, tentu ini jadi masalah. Karena kamu, ekstrovert, selalu mengedepankan komunikasi dua arah untuk segala permaslahan. Tapi INFP tidak, dan itu bukan hal yang buruk kok. Kamu bisa juga mengingatkan pacar INFP kamu kalau gak selamanya konflik itu harus dihindari.

7. INFP punya kecenderungan untuk bergerak dalam tempo yang lamban. Kalau kamu tipe yang grasak-grusuk tentu jadi masalah

8 Fakta Unik Ini Cuma Dirasakan Kamu yang Pacaran Sama Orang INFPunsplash.com/@llorias

Kalau kamu menjalin hubungan dengan INFP, kamu mungkin gak tahu apakah dia memang benar menyukaimu atau gak. Banyak ekstrovert, cenderung untuk terjun dengan kepala terlebih dahulu di setiap hubungan ketika menemukan orang yang disukai. Ekstrovert akan menaruh semua perhatian mereka kepada orang yang disayang.

Tapi INFP gak kayak gitu. Mereka suka pelan-pelan dan gak terbuka dengan mudahnya kepada orang yang baru dikenal. Butuh waktu untuk mengetahu seperti apa karakternya dan seperti apa isi pikirannya.

8. INFP memiliki kesulitan untuk mengenali perasaan yang sedang mereka rasakan

8 Fakta Unik Ini Cuma Dirasakan Kamu yang Pacaran Sama Orang INFPpexels.com

Seringkali INFP tak mengerti apa yang dirasakan ketika sedang ditanya. Mungkin kamu heran kok ada yang sampai gak ngerti apa yang dirasakan diri mereka sendiri. Tapi ya memang gitu, mereka kesulitan mengenali perasaan mereka sendiri.

Memaksa mereka untuk mengenali perasaan itu bukan hal yang bijak dan gak bakal berhasil. INFP bukan orang yang bisa untuk kamu paksa-paksa dengan mudah.

Kita semua perlu menerima orang-orang yang berbeda dari kita dan berusaha untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, tentu saja itu sangat mungkin. Kini kamu sudah tahu sedikit mengenai INFP dan permasalahan apa saja yang mungkin muncul kalau kamu menjalin hubungan dengan mereka.

Baca Juga: Ini 5 Stereotipe Keliru yang Sering Dikaitkan Pada Orang Introvert

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya