Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Curiga Berlebihan kepada Pasangan

Karena curiga bukan bentuk kasih sayang lho...

Banyak orang mengira bahwasanya curiga adalah salah satu bentuk kasih sayang dan kepedulian terhadap pasangan, padahal hal tersebut jelas salah. Kecurigaan hanya menimbulkan masalah baru yang lebih besar, oleh karena itu rasa curiga berlebihan sangat tidak dianjurkan.

Berikut ini adalah 5 alasan kamu harus hindari curiga berlebihan dengan pasangan, yuk simak.

1. Akan menimbulkan konflik dalam rumah tangga

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Curiga Berlebihan kepada Pasanganpixabay.com/pixabay

Kecurigaan yang berlebihan hanya akan menimbulkan konflik dalam rumah tangga. Istri yang curiga suaminya selingkuh, suami yang curiga istrinya selingkuh. Hal-hal semacam ini sangat rentan munculnya konflik dalam rumah tangga karena hanya berdasarkan pada rasa curiga, tidak ada bukti yang bisa dipertanggung jawabkan.

2. Hilangnya kepercayaan terhadap pasangan

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Curiga Berlebihan kepada Pasanganpixabay.com/Vera Arsic

Curiga yang berlebihan hanya akan membuat hilangnya kepercayaan terhadap pasangan. Rasa curiga yang berlebihan akan membuat kamu sulit mempercayai apapun yang dilakukan oleh pasangan. Cukuplah dengan mengingatkan tidak perlu sampai menuduh, apalagi tanpa adanya bukti.

Baca Juga: Hindari! Ini 5 Polemik yang Bikin Hubungan Rusak di 1 Tahun Hubungan

3. Hanya mendapatkan kerugian

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Curiga Berlebihan kepada Pasanganpexels.com/Kat Jayne

Selain menimbulkan konflik dan hilangnya kepercayaan, rasa curiga yang berlebihan juga hanya mendatangkan kerugian pada dirimu sendiri. Contoh kecilnya ketika curiga suaminya selingkuh dan lain sebagainya, hal ini justru akan menambah beban pikiran pada kamu sendiri yang pada akhirnya dapat berdampak pada kesehatan mental. Oleh karena itu hindari rasa curiga berlebihan karena hanya membuat kamu rugi.

4. Sangat menggangu dan membuat tidak nyaman

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Curiga Berlebihan kepada Pasanganpixabay.com/Tim Gouw

Khusus untuk orang yang dicurigai oleh pasangannya, hal seperti ini sangatlah berdampak buruk terhadap dirinya. Salah satu dampaknya adalah membuat tidak nyaman dan sangat mengganggu ketika sedang bekerja. Oleh karena itu hindari perasaan curiga yang berlebihan ya, karena berdampak buruk bukan hanya pada kamu tapi juga pasangan.

5. Berujung pada perceraian

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Curiga Berlebihan kepada Pasanganpixabay.com/geralt

Salah satu dari rasa curiga yang paling sering terjadi adalah curiga pasangan selingkuh. Banyak pasangan suami istri yang berujung pada perceraian karena rasa curiga yang berlebihan. Merasa tidak ada jalan keluarnya lagi, akhirnya perceraian terjadi. Kamu tidak mau kan hubungan rumah tangga jadi hancur hanya karena rasa curiga?

Kesimpulannya, curiga itu dibolehkan asalkan tidak berlebihan, cemburu itu sangat diperbolehkan asalkan tidak berlebihan, kamu harus bisa mengatur batasannya. Itulah 5 alasan kamu harus hindari curiga berlebihan dengan pasangan, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Jenis Hubungan Ini Bisa Berpotensi Kandas di Tengah Jalan

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Saya seorang remaja yang baru lulus SMK, belum bekerja dan masih minta makan orang tua. Tapi aku bangga!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya