Comscore Tracker

Hati-hati, 5 Jenis Hubungan Ini Bisa Berpotensi Kandas di Tengah Jalan

Dan juga sangat berpotensi menjadi toxic relationship!

Hubungan yang menyenangkan serta yang punya perasaan saling mencintai satu sama lain sepenuhnya adalah hal yang paling diinginkan tiap orang. Namun ternyata tak semua hubungan yang dijalani adalah hubungan yang sehat dan saling mengisi satu sama lain. Banyak di antaranya yang dibangun atas dasar yang kurang kuat dan salah hingga berpotensi besar kandas di tengah jalan nantinya.

Lalu apa saja lima jenis hubungan yang tidak baik diteruskan karena bisa menyebabkan perpisahan atau berakhir dengan kandas nantinya?

1. Hubungan yang dijalani atas dasar kasihan

Hati-hati, 5 Jenis Hubungan Ini Bisa Berpotensi Kandas di Tengah JalanUnsplash/KaLisa Veer

Apa jadinya hubungan asmara yang harusnya dibangun atas dasar cinta dan komitmen, harus dibangun atas dasar kasihan semata? Justru hal ini sangat berpotensi besar membuat hubungan tak bertahan lama.

Karena jika dalam hubungan tak ada sebuah kasih sayang yang murni dari dalam hati maka sulit bagi satu sama lain untuk menjadi lebih dekat. Sebab rasa kasihan saja tidak cukup untuk membangun hubungan jangka panjang dan serius.

2. Hubungan yang dijalani dengan kekerasan verbal maupun non-verbal

Hati-hati, 5 Jenis Hubungan Ini Bisa Berpotensi Kandas di Tengah JalanUnsplash/Joseph Chan

Berkata-kata kasar apalagi bertindak kekerasan tentunya sangat tidak dianjurkan, apalagi ketika berada di dalam hubungan asmara. Hal ini dapat memicu rasa trauma dan takut pada pasangan.

Jika dalam hubungan sudah menunjukkan tanda-tanda hal di atas maka dapat dipastikan hubungan jenis seperti demikian akan cepat berakhir. Karena kekerasan dalam hubungan sudah sangat vokal digaungkan dan menjadi perhatian serius bagi para korban yang terkena dampaknya.

Baca Juga: Hindari! Ini 5 Polemik yang Bikin Hubungan Rusak di 1 Tahun Hubungan

3. Hubungan yang dijalani karena gengsi semata

Hati-hati, 5 Jenis Hubungan Ini Bisa Berpotensi Kandas di Tengah JalanUnsplash/Relevante design

Ketika menjalani hubungan hanya sekadar ikut-ikutan geng teman yang hampir seluruhnya memiliki pasangan. Maka hubungan yang seperti itu akan rentang mengalami putus. Sebab pada akhirnya hubungan yang dasar cintanya tak begitu kuat akan mudah terkikis oleh rasa bosan dan jenuh.

Sehingga ketika hanya menuruti gengsi atau malu semata. Hubungan yang diharapkan bisa berjalan lancar dan bisa dipakai jadi ajang pamer. Berpotensi untuk kandas bila tetap dijalankan.

4. Hubungan yang dijalani karena materi pasangan yang melimpah

Hati-hati, 5 Jenis Hubungan Ini Bisa Berpotensi Kandas di Tengah JalanUnsplash/Louis Hansel

Bersikap materialistis merupakan pilihan dan hak semua orang. Namun alangkah bijaknya bila dalam sebuah hubungan tak menjadikan materi sebagai dasar utama dalam kelancaran serta kenyamanan suatu hubungan.

Sebab bila nantinya materi tak sebanyak di hari kemarin maka berpotensi membuat pasangan menjadi ragu dan merasa terbebani. Bersikap sewajarnya dan logis dalam memahami kondisi keuangan serta kemampuan pasangan. Supaya kelak tak timbul perselisihan yang mengakibatkan kandasnya hubungan.

5. Hubungan yang berjalan atas dasar kesepian

Hati-hati, 5 Jenis Hubungan Ini Bisa Berpotensi Kandas di Tengah JalanUnsplash/René Ranisch

Selain gengsi rupanya menjalani hubungan yang didasari karena rasa kesepian sangatlah tidak bijak. Karena hubungan yang akan dijalani belum tentu mampu memberikanmu sebuah kenyamanan atau perhatian sesuai yang kamu bayangkan atau ekspektasikan.

Kesepian juga bukan keputusan yang baik untuk merajut hubungan asmara. Karena rawan mengalami fase kebosanan. Kesepian juga tak seharusnya jadi tolak ukurmu untuk segera mendapatkan pasangan. Karena kesepian tak akan cukup menguatkan dasar hubungan dalam waktu yang panjang.

Semakin dewasa usia kita tentunya juga semakin bijak dalam merajut jalinan asmara. Mana yang hanya membawa dampak negatif dan mana yang akan membawa positif. Tentu saja tergantung ketegasan serta keputusan kita sendiri.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Setiap Masalah dalam Hubungan Harus Dibicarakan

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Selamat datang, selamat membaca dan semoga kamu terbantu ♥ Find me on IG! @gracekristinar_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya