Comscore Tracker

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Susah Move On Itu Hal yang Wajar

Apakah kamu sedang mengalami susah move on?

Susah move on merupakan sebuah permasalahan yang banyak dirasakan oleh banyak orang. Biasanya, hal tersebut sangat identik dengan isu asmara yang kandas di tengah jalan. Alhasil, masih ada memori yang membekas di dalam sanubari sehingga membuat diri susah move on.

Banyak yang mengatakan bahwa move on itu harus cepat-cepat direalisasikan. Namun, kamu juga harus ingat bahwa kekuatan hati seseorang berbeda-beda. Berikut ada 5 alasan logis mengapa susah move on merupakan sesuatu yang wajar.

1. Setiap orang itu memiliki kapasitas hati yang berbeda-beda

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Susah Move On Itu Hal yang Wajarilustrasi merenung (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Sebelumnya sudah disinggung bahwa setiap orang itu punya kapasitas hati yang berbeda-beda. Jika kamu terlalu lemah dalam urusan percintaan, jangan malu-malu saat sedang susah move on, karena itu merupakan sesuatu yang wajar.

Kamu tak perlu memaksakan untuk kelihatan sudah berdamai dengan masa lalu. Maka dari itu, mulai sekarang tidak apa-apa jika masih susah move on. Sebab, semuanya memang membutuhkan proses panjang. Kendati demikian, kamu harus tetap berusaha untuk bisa menghilangkan keinginan kembali ke masa lalu.

2. Move on memang sebuah hal yang gak gampang

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Susah Move On Itu Hal yang Wajarilustrasi merenung (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Pada dasarnya, melupakan sesuatu yang cukup membekas di dalam hati itu sangat susah. Diperlukan waktu bertahun-tahun agar kamu bisa berdamai dengan masa lalu. Apalagi ketika ia adalah seseorang yang sangat kamu sayangi, melupakannya itu sangat susah.

Sebagai sosok manusia biasa, tidak apa-apa jika kamu mengakui move on sebagai hal yang susah dilakukan. Lagipula, hal tersebut nanti akan menjadikanmu sebagai seseorang yang tumbuh dewasa. Oleh karena itu, cobalah untuk tetap berushaa move on meskipun itu susah.

Baca Juga: 5 Aktivitas Media Sosial Ini Menandakan Kamu Belum Move On dari Mantan

3. Susah untuk move on dari masa lalu itu bukan sebuah kekurangan

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Susah Move On Itu Hal yang Wajarilustrasi merenung (unsplash.com/Soroush Karimi)

Banyak orang yang menganggap bahwa susah move on merupakan hal lemah. Seseorang akan dianggap kurang oke jika ia tidak bisa melupakan memori buruk di masa lalu. Sebelum berpikiran sepertu itu, kamu harus senantiasa mengingat bahwa setiap orang memiliki kekuatan hati yang berbeda-beda

Kamu tidak bisa menyama ratakan hatimu dengan orang lain. Alangkah lebih baik jika mulai sekarang kamu tetap berusaha untuk melupakannya. Tidak apa-apa jika membutuhkan wkatu lama, tapi kamu juga harus tetap menunjukkan kemampuan kuat untuk bisa pergi dari sana.

4. Sebagai seorang manusia, kamu berhak merasakan kekecewaan

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Susah Move On Itu Hal yang Wajarilustrasi menangis (pexels.com/Liza Summer)

Salah satu aspek terpenting dalam menjalani hidup adalah tidak bohong terhadap perasaan diri sendiri. Maksudnya, tidak apa-apa untuk merasakan kekecewaan karena hal tersebut wajar terjadi. Jika kamu ingin menangis karena rasa kecewa tersebut, tidak apa-apa untuk langsung mengungkapkannya.

Sama halnya jika susah move on, kamu boleh-boleh saja mengekspresikan kesedihanmu karena ditinggalkan orsng terkasih. Meskipun begitu, kamu juga harus tetap berusaha melupakan itu semua meskipun prosesnya tidak sebentar.

5. Melupakan seseorang yang sudah bertahun-tahun setia menemani hari-hari sangatlah sulit

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Susah Move On Itu Hal yang Wajarilustrasi putus cinta (pexels.com/RODNAE Productions)

Coba bayangkan ketika seseorang yang senantiasa menemani keseharianmu selama bertahun-tahun, tiba-tiba malah mengecewakanmu dengan cara meninggalkan kamu sendiri. Rasa sakit yang dirasakan pasti sangat menggebu-gebu sebab memori-memori indah di pikiranmu.

Dengan adanya hal tersebut, bisa disimpulkan bahwa move on tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tidak ada salahnya susah move on sebab melupakan seseorang yanh berkesan di dalam hidup itu sukar. Cobalah untuk berusaha berdamai dengan masa lalu secara perlahan.

Kesimpulannya adalah susah move on merupakan sesuatu yang manusiawi. Tidak masalah jika kamu masih memikirkan tentang masa lalu asalkan masih tetap ada usaha melupakan semua kenangannya.

Baca Juga: 5 Cara agar Bisa Berhenti Mengharapkan Mantan Saat Proses Move On

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya