Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Kamu jadi Pasangan yang Suportif

Apakah kamu sudah jadi pasangan suportif? #IDNTimesLife

Menjadi pasangan yang suportif memang bukan perkara mudah. Terkadang kamu harus bisa memendam ego di dalam diri sehingga dapat berempati kepada pasangan. Hal tersebut tentunya akan membuat hubunganmu menjadi lebih baik sebab dia akan merasa dicintai.

Apakah kamu sudah menjadi seseorang yang suportif bagi pasanganmu? Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar kamu bisa lebih suportif dalam menjalani hubungan. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasan berikut ini.

1. Selalu berada di sampingnya saat dia merasa kesulitan

5 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Kamu jadi Pasangan yang SuportifIlustrasi pasangan (pexels.com/katerina holmes)

Pada hakikatnya setiap pasangan itu harus saling membantu jika salah satunya sedang mengalami kesusahan. Tidak hanya membantu secara materi, terkadang kamu juga harus mendukung kekuatan hatinya. Hal itu bisa dilakukan dengan cara selalu berada di sampingnya saat dia sedang kesusahan. Dengan melakukan hal itu, dia pasti akan merasa sangat dicintai karena support-mu.

2. Jangan terlalu menghakimi jika dia sedang bercerita

5 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Kamu jadi Pasangan yang SuportifIlustrasi pasangan bercerita (pexels.com/budgeron bach)

Mengobrol merupakan sebuah hal yang pasti dilakukan oleh setiap pasangan. Bercerita tentang kehidupan sehari-hari juga merupakan bagian dari mengobrol. Dengan adanya hal tersebut, kamu perlu belajar untuk bisa menjadi pendengar yang baik.

Salah satu caranya adalah dengan tidak menghakimi apa pun yang disampaikannya. Dia itu hanya membutuhkan telinga untuk penampung keluh keaahnya, bukanlah nasihat. Coba deh diam dan resapi apa pun ceritanya agar kamu bisa berempati.

3. Cobalah untuk memberikan reward kecil untuk mengapresiasi keberhasilannya

5 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Kamu jadi Pasangan yang SuportifIlustrasi pasangan (pexels.com/andres ayrton)

Ketika dia berhasil meraih salah satu keinginannya, cobalah untuk memberikan reward kecil-kecilan. Hal tersebut wajib dilakukan untuk menunjukkan rasa banggamu terhadap apa yang telah dia raih. Dengan melakukan hal semacam itu, dia pasti akan merasa bahagia banget.

Hal itu terjadi karena dia merasa bahwa perjuangannya selama ini tidak berakhir sia-sia. Maka dari itu mulai sekarang coba deh untuk senantiasa mengucapkan kata 'selamat' dan disertai hadiah kecil setiap kali dia meraih keberhasilan.

Baca Juga: 6 Cara Menjadi Teman yang Suportif, Sebab Kehadiranmu Dibutuhkan

4. Jika dimintai bantuan, cobalah berusaha untuk selalu siap sedia

5 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Kamu jadi Pasangan yang SuportifIlustrasi pasangan (pexels.com/katerina holmes)

Sebagai pasangan yang suportif, kamu harus siap sedia jika dimintai tolong oleh pasanganmu. Hal itu merupakan tanggung jawab seorang pasangan yang harus senantiasa bersedia membantu pujaan hatinya. Apakah kamu sudah melakukan hal semacam itu? Jika iya, percayalah bahwa dia pasti akan senantiasa mengandalkanmu dalam setiap urusannya.

5. Dukunglah apa pun mimpinya selama itu positif

5 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Kamu jadi Pasangan yang SuportifIlustrasi pasangan (pexels.com/helena lopes)

Mendukung apa pun mimpi pasangan merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan. Hal tersebut terkadang banyak dilupakan oleh orang-orang karena cenderung mengekang pasangannya. Padahal sejatinya setiap orang itu berhak meraih apa pun impiannya.

Agar menjadi pasangan yang suportif, kamu wajib banget mendukung jalan hidupnya. Namun jika kamu malah melarangnya, dia pasti akan merasa kecewa terhadapmu sebab tidak ada dukungan dari pasangannya. Hal itu tentunya juga akan membahayakan hubunganmu.

Bersikap suportif kepada pasangan memang sebuah hal yang wajib dilakukan. Dukunglah apa pun yang dilakukan oleh pasangan selama itu positif. Lakukan hal tersebut agar hubunganmu bisa bahagia, ya!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu dan Dia Adalah Pasangan yang Suportif

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya