Comscore Tracker

5 Alasan untuk Berhenti Iri dengan Hubungan Romantis Orang Lain 

Apa yang dilihat, terkadang berbeda dengan kenyataannya

Memiliki hubungan percintaan tentunya menjadi hal yang lumrah bagi hampir semua orang. Tentu saja nantinya setiap orang akan memiliki cerita tersendiri yang membedakannya dengan orang lain.

Meskipun demikian,namun tak jarang juga banyak orang yang tetap saja merasa iri dengan hubungan romantis milik orang lain. Padahal apa yang dilihat baik kadang kala tak selalu sama dengan kenyataannya. Beberapa hal berikut ini dapat menjadi alasan untuk dirimu dalam berhenti membandingkan dan iri dengan hubungan cinta milik orang lain.

1. Memahami bahwa setiap orang memiliki jalan yang berbeda

5 Alasan untuk Berhenti Iri dengan Hubungan Romantis Orang Lain Ilustrasi dua orang sedang mengobrol (Pexels.com/cottonbro)

Setiap orang kadang kala memiliki perbedaan tersendiri dari segala aspek, tentunya tak terbatas pada hubungan romantis yang dimiliki masing-masing. Itu berarti, jalan hubungan romantismu dengan orang lain tentunya akan berbeda dan tak akan sama.

Jika kamu dapat memahami konsep ini, maka tak akan ada lagi alasan untuk perlu iri dengan hubungan romantis milik orang lain. Tentunya, kamu pun juga jadi lebih bersyukur dengan apa yang kamu miliki.

2. Apa yang terlihat baik kadang tak selalu demikian

5 Alasan untuk Berhenti Iri dengan Hubungan Romantis Orang Lain ilustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Budgeron Bach)

Manusia kadang kala banyak melihat sesuatu dari luarnya saja, padahal ada banyak hal yang mungkin tak terlihat oleh mata. Hal tersebut tentunya tak hanya sebatas tentang sesuatu yang baik saja.

Kadang kala banyak hal yang terlihat baik di luar, namun ternyata justru sebaliknya. Kamu hanya perlu berhenti menilai sesuatu yang terlihat dari luar saja, padahal di dalamnya justru berbeda.

Baca Juga: 5 Strategi Sederhana Mengubah Rasa Iri Hati Menjadi Motivasi 

3. Merasa iri tak akan menyelesaikan apapun

5 Alasan untuk Berhenti Iri dengan Hubungan Romantis Orang Lain Ilustrasi wanita sedang marah (Pexels.com/Engin Akyurt)

Banyak yang mengatakan bahwa iri merupakan perasaan lumrah dan manusiawi yang dimiliki orang-orang. Padahal faktanya merasa iri dengan sesuatu bahkan tak akan menyelesaikan apapun.

Jika kamu terus tenggelam pada rasa iri yang dimiliki, maka kamu hanya akan fokus terhadap apa yang orang lain miliki. Jika demikian, maka bisa saja kamu jadi sulit bersyukur terhadap apa yang kamu miliki.

4. Kamu hanya akan membuang waktu saja

5 Alasan untuk Berhenti Iri dengan Hubungan Romantis Orang Lain Ilustrasi orang sedang duduk (Pexels.com/nappy)

Meskipun perasaan iri banyak dinilai sebagai hal manusiawi, namun faktanya tak akan ada manfaat apapun. Bahkan, tindakan sia-sia tersebut hanya akan membuang waktumu saja.

Padahal dengan berhenti fokus terhadap urusan orang lain, maka kamu akan punya cukup waktu untuk terus bersyukur dengan apa yang ada. Bersyukur dapat membantumu dalam melihat segala hal yang baik dari hubungan romantis yang kamu jalani.

5. Mudah kecewa dengan hubungan romantis milik sendiri

5 Alasan untuk Berhenti Iri dengan Hubungan Romantis Orang Lain Ilustrasi pria sedang marah (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terkadang memang tak semua hubungan berjalan mulus seperti apa yang kamu harapkan. Ada banyak masalah yang mungkin harus siap untuk dihadapi bersama.

Berhenti untuk merasa iri dengan orang lain akan secara ampuh mengusir rasa kekecewaan terhadap hubunganmu sendiri. Kamu akan mudah kecewa jika diterpa masalah, karena kamu terus membandingkannya dengan orang lain. Itulah yang membuat dirimu jadi mudah dalam merasa iri.

 

Tak perlu merasa iri dengan hubungan romantis orang lain, bahkan bila terlihat manis di luar, belum tentu di dalamnya pun demikian. Tetap bersyukur dan menjaga keutuhan hubungan milik sendiri. Jangan iri, ya!

Baca Juga: 5 Tips Terhindar dari Sikap Iri Hati pada Kesuksesan Orang Lain

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya