Comscore Tracker

5 Cara Mendukung Kemampuan Pasangan Saat Dia Merasa Tak Mampu

Cara ter-so sweet bikin gak bisa jadi bisa

Kata “aku gak bisa” seringkali menjadi langkah awal menutup potensi diri. Apalagi jika mengatakannya di depan pasangan. Memang bisa jadi, pasangan akan bersimpati dan tidak memaksa lagi, namun jika terus menerus bisa jadi bahan pertengkaran, loh.

Nah buat kamu yang pasangannya selalu bilang gak bisa, misalnya "aku gak bisa masak nih", ikuti lima langkah ini agar si doi bisa memaksimalkan potensi dan kemampuan diri. Simak, ya!

1. Berikan kesempatan untuk belajar 

5 Cara Mendukung Kemampuan Pasangan Saat Dia Merasa Tak MampuPexels.com/Andrea Piacquadio

Langkah utama adalah memberikan dia kesempatan untuk belajar. Sebab, bisa jadi dia bukan gak bisa, melainkan belum bisa. Jadi butuh waktu dan sarana yang lebih lama untuk belajar agar bisa.

Misalnya saat dia bilang tidak bisa membuat kue kesukaanmu, berikan ruang agar dia berkreasi sesuai dengan kemampuannya dan memanfaatkan teknologi yang untuk mengupgrade kemampuannya. Jadi, sediakan dulu ruangnya, ya! Jangan langsung sebal atau merendahkan dia.

2. Isi ruang kesalahannya dengan koreksi yang membangun 

5 Cara Mendukung Kemampuan Pasangan Saat Dia Merasa Tak Mampumamamia.com.au

Pada proses pembelajaran, pasti akan menemui kesalahan. Nah, bagi pasanganmu yang melakukan kesalahan, jangan buru-buru menghakimi, bisa jadi kesalahannya akan memberikan dampak yang berarti agar dia lebih baik lagi. Alangkah bagusnya kalau kamu memberikan kritik atas saran yang membangun. Yakin deh, pasti hubungan kamu dan pasanganmu juga lebih erat dengan cara ini.

Baca Juga: 5 Cara Kasih Perhatian pada Pasangan yang Overwork Saat WFH, Mau Coba?

3. Jangan memaksa agar ia menuruti kemauanmu 

5 Cara Mendukung Kemampuan Pasangan Saat Dia Merasa Tak Mampucontemporaryfamilies.org

Jika kamu bisa melakukan sesuatu tapi dia tidak, jangan pernah memaksa dia untuk mengikuti keinginanmu. Hal ini akan membuat dia jenuh, merasa tidak dihargai, merasa tidak dipercaya dan rasa negatif lainnya. Biarlah ia belajar dengan ciri khas diri sendiri, tak perlu sama persis denganmu, kan?

4. Berikan apresiasi untuk pencapaiannya 

5 Cara Mendukung Kemampuan Pasangan Saat Dia Merasa Tak MampuPexels.com/Cottonbro

Sekecil apapun pencapaian, apresiasi itu sangat berarti, loh. Bisa menjadikan dia tambah semangat untuk meningkatkan kemampuan diri serta ada rasa dihargai atas apa yang telah dia usahakan. Walau sekadar kata, jangan lupa diapresiasi, ya!

5. Membersamai setiap langkah dengan stok kesabaran yang melimpah 

5 Cara Mendukung Kemampuan Pasangan Saat Dia Merasa Tak MampuPexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Tentu, menemani dia berkembang adalah langkah yang harus dilakoni. Saat membersamai ini kamu perlu menyediakan stok kesabaran agar dapat menikmati setiap proses yang dia lakukan. Jika tidak, kamu akan kesal sendiri atau kapok untuk menemaninya lagi.

Itu tadi lima langkah yang harus kamu coba untuk mendukung pasanganmu meningkatkan kemampuan diri, ya! Mana yang sudah kamu coba? Bagaimana hasilnya? Menyusuri jalan berdua dan saling mengembangkan kemampuan diri, so sweet, kan?

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Ingin Dapat Pasangan Terbaik, tapi Enggan Perbaiki Diri

Vita Ayu Kusuma Dewi Photo Verified Writer Vita Ayu Kusuma Dewi

IG : @vitaakdewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya