Comscore Tracker

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Jika Pasanganmu Mengidap Depresi

Tidak ada yang salah dengan mencintai orang dengan depresi

Tidak ada yang salah dengan mencintai orang yang berjuang dengan depresi, namun tentu saja ada hal-hal yang berbeda jika dibandingkan mencintai orang normal pada umumnya. Kamu tidak bisa mengubah depresi yang dia alami namun kamu bisa membantu proses penyembuhan yang sedang dia lakukan.

Dengan mengetahui kondisinya saat ini dapat mempermudah kamu dalam mendekati dirinya. Untuk kamu yang belum pernah mengalami depresi atau tidak memiliki orang dekat yang depresi ada hal-hal yang harus kamu lakukan ketika mencintai orang dengan depresi, berikut 5 di antaranya:

1. Mengetahui apa itu depresi

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Jika Pasanganmu Mengidap Depresipexels.com/@olly

Mengetahui depresi dengan baik akan mempermudah kamu mengenal lebih dalam tentang orang yang kamu cintai. Depresi dapat berpengaruh pada tingkah laku seseorang. Jika mood orang yang kamu cintai berubah saat kamu dan dirinya sudah berjanji akan bertemu, jangan merasa tertolak atau dipermainkan. Ketahuilah bahwa orang dengan depresi selalu berjuang keras untuk melawan rasa sakit yang mengganggu jiwanya.

2. Jangan selalu menyalahkan depresi

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Jika Pasanganmu Mengidap Depresiimdb.com/silverliningsplaybook

Di luar dari depresi yang diderita oleh orang yang kamu sayangi, dia adalah manusia biasa sama seperti kamu. Dia punya pemikiran dan perasaan yang harus kamu jaga dan hargai. Tidak semua tindakan yang dia lakukan adalah cerminan dari depresi yang dia derita. Hargailah ketika dia tertawa akan lawakan yang kamu katakan, ketika dia mengungkapkan pendapatnya tentang sesuatu atau ketika dia meluapkan perasaannya.

3. Fleksibel

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Jika Pasanganmu Mengidap Depresiimdb.com/silverliningsplaybook

Mencintai orang depresi menuntut kamu untuk selalu fleksibel akan rencana-rencana kecil bersama dengannya. Jangan terlalu tegas terhadap jadwal yang sudah kamu buat dengannya karena akan ada hal-hal yang tidak dapat diprediksikan yang datang dari orang yang kamu cintai. Akan ada hari-hari di mana dia ingin sendirian sepanjang hari dan kamu harus memahami hal tersebut. Suatu hal yang sulit dilakukan bagi orang dengan depresi untuk berada dalam kerumunan orang banyak terus-menerus. Jangan gampang kesal jika rencanamu gagal atau tertunda ya.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Sebagian Orang Lebih Rentan Depresi daripada Lainnya

4. Menjadi pendengar yang baik

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Jika Pasanganmu Mengidap Depresiimdb.com/silverliningsplaybook

Kamu dapat mempercepat proses penyembuhannya dengan cara menjadi pendengar yang baik bagi orang dengan depresi. Mendengarkan semua keluh kesah yang mengganggu pikirannya, mendengarkan kesedihan yang ada di dalam batinnya atau hanya sekadar duduk bersamanya saat dia merasa kesesakan namun tidak dapat menceritakan apapun padamu.

5. Kenali kebutuhanmu

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Jika Pasanganmu Mengidap Depresiimdb.com/silverliningsplaybook

Mencintai seseorang membuat kamu menjadi pribadi yang lebih mendahulukan kebutuhan orang yang kamu cintai karena cinta selalu membuat seseorang menjadi tidak egois. Jika kamu benar-benar mencintai orang dengan depresi, maka kamu pun akan lebih mengutamakan dia dalam segala hal.

Namun ketahuilah dengan jelas kebutuhanmu sendiri. Bisa saja terjadi, ketika kamu kelelahan dan membutuhkan dukungan namun orang yang kamu cintai tidak selalu ada untuk mendukungmu karena dia sedang berjuang dengan kesakitan yang dideritanya. Oleh karena itu kamu harus memiliki support system sendiri yang bisa membantumu saat kamu sedang berada “di bawah”. Support system kamu bisa berasal dari keluarga atau sahabat terdekatmu.

Nah 5 hal di atas adalah hal-hal yang harus kamu lakukan ketika kamu mencintai orang dengan depresi. Sama seperti orang normal pada umumnya, orang dengan depresi pun layak untuk dicintai dengan sepenuh hati. Ingatlah apa yang membuatmu mencintainya dari awal. Selamat berjuang mempertahankan cintamu!

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Mengatasi Kesepian di Hidupmu, Hindari Depresi!

Wesa Bhadrasana Photo Verified Writer Wesa Bhadrasana

encourager

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya