Comscore Tracker

Bikin Repot, Ini 5 Tanda Orang Lain Terlalu Memanfaatkan Kebaikanmu

Sifat terlalu baik efeknya juga gak baik

Sejak kecil, kita sudah dianjurkan untuk selalu membantu orang-orang yang butuh pertolongan. Hal itu menjadikan kita pribadi yang ringan tangan dalam hal memberi bantuan. Merasa harus selalu menolong orang-orang di sekitar kita. Dan ketika tidak bisa membantunya, diri kita akan selalu dibayangi perasaan bersalah.   

Namun, jangan lupa juga untuk memastikan apakah orang-orang itu memang pantas untuk dibantu. Karena tanpa kamu sadari, bisa jadi mereka hanya ingin memanfaatkanmu semaksimal mungkin. Untuk itu, kamu harus tahu kondisi ketika orang lain sudah terlalu bergantung padamu. Kenali beberapa tandanya di bawah ini.

1. Orang itu tidak berusaha sekeras kamu

Bikin Repot, Ini 5 Tanda Orang Lain Terlalu Memanfaatkan Kebaikanmuunsplash.com/Annie Spratt

Ketika kamu membantu orang lain, pastikan orang yang kamu bantu juga berusaha. Jangan sampai kamu kelelahan membantunya, sedangkan ia hanya diam saja tak membantumu. Mungkin orang tersebut meminta pertolonganmu supaya ia tak perlu mengeluarkan tenaganya. Dan bisa saja apa yang kamu lakukan sebenarnya bisa dilakukannya sendiri.

2. Ketika akan kamu tinggalkan, ia berusaha sekuat tenaga menahanmu

Bikin Repot, Ini 5 Tanda Orang Lain Terlalu Memanfaatkan Kebaikanmuunsplash.com/IB Wira Dyatmika

Orang-orang yang sudah terlalu bergantung padamu akan terus merayumu agar kamu tetap mau membantunya. Ketika kamu tidak ingin menolongnya, mereka akan melakukan segala cara supaya kamu tetap bisa dimanfaatkan. Mereka akan berbicara seolah-olah hanya kamu yang bisa diandalkan. Padahal itu hanya dijadikan alasan karena mereka sebenarnya malas berusaha.

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu Tak Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Yuk Coba! 

3. Sulit baginya untuk mengapresiasi hasil kerja kerasmu

Bikin Repot, Ini 5 Tanda Orang Lain Terlalu Memanfaatkan Kebaikanmuunsplash.com/Ben White

Setelah kamu membantu orang-orang yang hanya ingin memanfaatkanmu, akan sulit bagi mereka untuk mengapresiasi kerja keras yang telah kamu lakukan. Bantuan yang kamu berikan cuma dianggap angin lalu yang bisa dihargai hanya dengan ucapan terima kasih. Tidak peduli tenaga yang kamu keluarkan, pemikiran yang kamu gunakan, dan waktu yang kamu habiskan untuk membantu mereka.

4. Kondisi fisik dan mentalmu bukan hal penting untuknya

Bikin Repot, Ini 5 Tanda Orang Lain Terlalu Memanfaatkan Kebaikanmuunsplash.com/Adrian Swancar

Menjadi orang yang terus-menerus diandalkan seringkali melelahkan. Dan tentunya bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Ketika kondisi pikiran dan badanmu sedang kurang baik, orang yang terlalu mengandalkanmu tidak akan memedulikan hal itu. Yang mereka pedulikan hanya tugas-tugas yang harus diselesaikan dengan bantuanmu.

5. Menghilang saat dibutuhkan dan datang saat membutuhkan

Bikin Repot, Ini 5 Tanda Orang Lain Terlalu Memanfaatkan Kebaikanmuunsplash.com/Chris Moore

Kamu harus tahu siapa saja yang harus kamu bantu dan siapa saja yang siap ketika kamu butuh. Jangan sampai orang-orang itu hanya mau memanfaatkanmu. Ketika kamu butuh pertolongan mereka malah tak hadir membantumu. Hubungan manusia itu perlu ada timbal baliknya. Karena kamu tidak selalu bisa menolong orang lain. Suatu saat kamu juga pasti akan butuh pertolongan.

Ingat, berbuat baik itu memang perlu. Namun jangan sampai pertolongan yang kamu berikan disalahgunakan oleh orang lain sementara orang itu tidak berusaha apa-apa. Jadi, gunakan kebaikanmu untuk hal yang tepat.  

Baca Juga: 5 Penyebab Kamu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Sering Gini? 

Yanuar Ramadhan Photo Verified Writer Yanuar Ramadhan

Try to be a Good Man

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya