Comscore Tracker

10 Rekomendasi Lagu Sedih tentang Putus Cinta, Dukung Suasana Hati!

Buat kamu yang baru putus, bisa jadi teman galau nih

Patah hati tidak pernah jadi bagian menyenangkan dalam jatuh cinta. Sama halnya dengan itu, putus cinta pun jadi hal yang paling mengerikan dari menjalani suatu hubungan. 

Namun, hidup tak pernah dapat kita prediksi. Ia berjalan sesuai kehendak Sang Pencipta tanpa bisa kita tentukan akhirnya. Kalau sudah seperti ini, kita hanya bisa menangis demi melepas hormon stres dan perih di hati. 

Kemudian biasanya kita akan menangis sambil mendengarkan beberapa lagu yang mendukung suasana sendu ini. Dan di antara beberapa lagu tersebut, inilah rekomendasi lagu sedih buat kamu yang baru putus cinta. Cek yuk! 

1. Ardhito Pramono - Sudah (Story of Kale - Original Motion Picture Soundtrack)

https://www.youtube.com/embed/4JB-YXDOY4Q

Di tahun ini, film Story of Kale yang dibintangi oleh Ardhito Pramono (Kale) dan Aurelie Moeremans (Dinda) jadi perbincangan hangat bagi netizen. Tema film yang sangat unik dan disuguhi bersama pesan moral tentang pahitnya sisi lain dari cinta membuat film ini menjadi trending. Ardhito Pramono sebagai musisi pun sekaligus mengisi soundtrack resmi film ini. Salah satunya adalah lagu dengan judul "Sudah". 

"Sudah, 

Lupakan semua derita, 

Doa semesta menjaga, 

Luka akan hilang, 

Perlahan terobati, oh."

2. Ariana Grande - My Everything

https://www.youtube.com/embed/HxWSDUC-KTU

Tak dapat disangkal, Ariana Grande adalah seorang penyanyi solo wanita yang sangat revolusioner di industri seni musik. Wanita asal Florida yang lahir pada tanggal 26 Juni 1993 itu banyak meraih penghargaan melalui karya-karyanya.

Dari sekian banyak karyanya yang hebat, lagu bertajuk "My Everything" ini kembali populer lewat aplikasi TikTok setelah enam tahun sejak perilisannya. Lagu ini menceritakan tentang betapa kuat perasaan Ariana Grande kepada mantan kekasihnya. 

"He wasn't my everything 'til we were nothing, 

And it's taken me a lot to say, 

And now that he's gone my heart is missing something,

So it's time to push my pride away."

3. Pasto - Tanya Hati (cover by Ziva Magnolya)

https://www.youtube.com/embed/5o8GosWxfic

Indonesia Idol adalah ajang pencarian bakat menyanyi yang terkenal di Indonesia. Ziva Magnolya merupakan salah satu keluaran ajang ini. Meskipun dirinya sudah mencuri perhatian juri sejak awal eksistensinya di audisi, ada satu performance-nya yang menjadi awal bagi Ziva sehingga bisa sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Performance itu adalah ketika dirinya menyanyikan lagu "Tanya Hati" dari Pasto. Videonya tersebut bahkan sudah menyentuh angka enam belas juta penonton di YouTube. 

"Oh mengapa, 

Tak bisa dirimu,

Yang mencintaiku, 

Tulus dan apa adanya. 

Aku memang,

Bukan manusia sempurna, 

Tapi ku layak dicinta, 

Karena ketulusan."

4. Raisa - Usai Di Sini

https://www.youtube.com/embed/nqHFCV_3PxU

Raisa adalah penyanyi Indonesia yang sangat terkenal. Suara halusnya begitu sesuai dalam menyanyikan lagu-lagu mellow yang banyak didengar remaja generasi sekarang. Salah satu lagunya adalah "Usai Di Sini", menceritakan tentang satu pihak yang memutuskan hubungannya demi melindungi cerita indah mereka yang akan menjadi kenangan pahit jika dilanjutkan lebih lama lagi. Duh, sedih ya!

"Lebih baik kita usai di sini, 

Sebelum cerita indah tergantikan pahitnya sakit hati."

5. Glenn Fredly - Januari

https://www.youtube.com/embed/ITwxBVWhXjQ

Meskipun kini dirinya hanya tinggal kenangan, namun lagu-lagu ciptaan Alm. Glenn Fredly akan selalu memiliki tempat di hati pencinta musik Indonesia. Kepergian musisi brilian ini meninggalkan duka di hati para penggemar dan orang-orang terdekatnya. Pribadinya yang bagai malaikat membuat orang-orang tak pernah rela untuk kehilangan sosoknya. 

Dari banyak lagu miliknya, Januari adalah salah satu yang paling terkenal. Lagu ini menceritakan tentang putus cinta dan bagaimana sakit juga pahitnya kondisi ini.

"Kasihku, 

Sampai disini kisah kita, 

Jangan tangisi keadaannya,

Bukan karena kita berbeda."

Baca Juga: 7 Camilan Cincin Mancanegara yang Nikmatnya Tidak Putus-putus

6. Lady Gaga - I'll Never Love Again (from A Star Is Born)

https://www.youtube.com/embed/52nfjRzIaj8

A Star Is Born adalah film tahun 2018 bergenre drama musikal yang dibintangi oleh Bradley Cooper (Jackson Maine) yang sekaligus menjadi sutradara dan Lady Gaga (Ally) yang sekaligus menjadi pengisi soundtrack resminya.

Salah satu soundtrack-nya berjudul "I'll Never Love Again" menceritakan Lady Gaga yang berduka luar biasa pasca kepergian suaminya yang mengakhiri hidupnya sendiri.

"Wish I could, I could've said goodbye, 

I would've say what I wanted to, 

Maybe even cried for you.

If I knew it would be the last time,

I would've broke my heart in two,

Tryna save a part of you."

7. Niki - Lose

https://www.youtube.com/embed/YYVaow6Z7fs

Niki adalah penyanyi solo wanita asal tanah air yang berada di bawah naungan agensi Amerika yaitu 88rising. Jika kamu pernah mendengar lagu berjudul "Lowkey", itu adalah salah satu single Niki.

Selain Lowkey, lagu Niki yang lain adalah "Lose". Lagu ini adalah lagu tentang seorang wanita yang menyerah dengan hubungannya karena merasakan ketidakseimbangan cinta antara ia dengan pasangannya. 

"But I don't wanna break your heart, 

You keep yours, I'll keep mine."

8. Bruno Mars - When I Was Your Man

https://www.youtube.com/embed/ekzHIouo8Q4

Perpisahan itu rasanya seperti separuh jiwa kita hilang. Ada rasa getir di dalam dada ketika mendengar namanya. Ada perasaan belum siap untuk kehilangan. Tetapi, bagaimana jika sebab perpisahan itu karena kesalahan dirimu sendiri?

Tentunya ada penyesalan absolut yang membuatmu sangat ingin memutar waktu. Sayangnya, waktu bukanlah roda yang bisa kita putar dan gerakkan semau kita. Waktu adalah air di sungai yang akan terus mengalir tanpa bisa kita hentikan.

Jika lagu ini relevan denganmu, berarti lagu ini adalah takdir untuk kamu renungi. Hayo,  jangan ngulangin kesalahan yang sama lagi, ya! Kali ini coba hargai milikmu sekarang, deh! 

"I hope he buys you flowers, 

I hope he holds your hand, 

Give you all his hours, 

When he has the chance, 

Take you to every party, 

'Cause I remember how much you loved to dance, 

Do all the things I should've done, 

When I was your man."

9. Ed Sheeran - Photograph

https://www.youtube.com/embed/nSDgHBxUbVQ

"Loving can hurt, loving can hurt sometimes,

But it's the only thing that I know,

When it gets hard, you know it can get hard sometimes,

It is the only thing makes us feel alive."

Penggalan lagu "Photograph" tersebut mungkin sangat merefleksikan kondisi kamu saat ini, ya? Tak apa, patah hati adalah konsekuensi dari jatuh cinta. Kamu bisa mengingat pengalaman dan mengambil nilai positif dari sakit yang kamu lalui kini.

Kamu bisa mendengarkan lagu ini dan menangis selama yang kamu mau. Habiskan air matamu sekarang agar bisa bahagia dan tersenyum esok hari! 

10. Gangga Kusuma - Blue Jeans

https://www.youtube.com/embed/UzKdy75GqXQ

Sulit dan berat memang membiasakan kehidupan sehari-hari kita tanpa kehadiran doi lagi. Rasanya ingin sekali menghubungi, menanyakan pertanyaan sederhana seputar "Apa kabar?".

Namun, semuanya sudah tidak menjadi sesederhana itu semenjak kita bukanlah sosok spesial lagi bagi dirinya. Kalo kamu ada di situasi ini, itu berarti lagu ini bak perwakilan semesta atas perasaanmu. 

"Have I told you lately? That I miss you badly,

Sometimes I wish,

That I could still call you mine."

Benar 'kan ini yang sedang kamu pendam sekarang? Rasa rindu yang diselimuti gengsi. Rasa sayang yang amat tulus yang dipukul status. Kenangan yang menari sebagai bayang-bayang di setiap kegiatanmu. Jika benar, maka lagu ini sangat menceritakan apa yang kamu alami sekarang. 

Nah, demikianlah rekomendasi lagu sedih tentang putus cinta. Ingat ya, sedih tak dilarang, namun jangan terlalu terpuruk dalam perasaan kecewa itu. Mana lagu yang merupakan favoritmu, nih?

Baca Juga: Jangan Sedih! Ini 5 Tips agar Merasa Lebih Baik setelah Putus Cinta

Zaira Diva Adissa Photo Writer Zaira Diva Adissa

Being beautiful is about how much we love ourselves

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya