TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Cara Merawat Kulit Wajah Segar dan Antikering saat Puasa  

Tetap glowing! #RamadandiRumah

Freepik/rawpixel.com

Saat puasa, tahap merawat kulit wajah sedikit banyak akan berubah. Tidak makan minum selama lebih dari 12 jam akan membuat tubuh kekurangan air. Ini akan tampak pada penampilan kulit yang akan kehilangan kecerahan dan kesegarannya, belum lagi untuk pemilik kulit kering yang mungkin akan mendapati kulitnya makin kering. 

Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menjaga kesegaran kulit wajah selama berpuasa nih! Dilansir laman Healthline dan Independent, berikut di antaranya.

1. Gunakan sabun pembersih wajah yang ringan dan gak bikin kering

Freepik/jcomp

Beberapa sabun pembersih wajah memiliki formula yang bikin kulitmu kering. Saat puasa, lebih baik kamu beralih ke sabun pembersih berformula ringan dan melembapkan. Setelah mencuci muka, keringkan kulit dengan cara ditepuk-tepuk dan segera lakukan tahap perawatan kulit selanjutnya.

Hindari mencuci muka terlalu sering supaya minyak alami kulit gak hilang, ya!

2. Fokus menambah kadar hidrasi dalam kulit

Freepik/rawpixel.com

Gunakan produk perawatan yang bisa menambah kadar hidrasi dalam kulit. Cari produk dengan label hydrating atau mengandung beberapa bahan: hyaluronic acid, glycerin, aloe vera, madu, lactic acid, atau citric acid. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak segar dan glowing.

Baca Juga: Curah Hujan Masih Tinggi, Ini 5 Tips Mudah Merawat Kulit Tetap Sehat

3. Gunakan vitamin C

Freepik/freepik

Vitamin C bantu merawat kulitmu selama puasa melalui beberapa cara. Dilansir Healthline, vitamin C memberikan banyak manfaat mulai dari menghidrasi kulit, mengurangi tampilan mata panda, membuat kulit kenyal, hingga mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. 

4. Jangan lupakan tabir surya

Freepik/nensuria

Sinar matahari bisa merampas kelembapan dari kulitmu. Jadi, jangan pernah lupakan tabir surya saat pagi. Selain bikin kering, sinarnya juga bikin kulitmu kusam dan menggelap.

Sekalipun kamu gak ke mana-mana, kulitmu tetap butuh perlindungan dari sinar UV. Kaca jendela tidak cukup menyaring sinar UVB yang dapat memicu penuaan dini dan kanker kulit!

5. Rutin eksfoliasi

Freepik/senivpetro

Sel-sel kulit mati yang dibiarkan menumpuk akan bikin kulitmu sulit menyerap kandungan-kandungan penting dari produk perawatan. Mukamu jadi kusam dan gak segar. Lakukan eksfoliasi secara rutin supaya produk perawatan bisa terserap maksimal. 

6. Lakukan treatment saat malam hari

Freepik/Racool_studio

Lakukan treatment sesuai permasalahan kulitmu pada malam hari, entah itu mengobati jerawat atau menggunakan produk antiaging.

Selain karena proses regenerasi kulit terjadi lebih cepat saat malam hari, beberapa bahan aktif juga berpotensi bikin kulitmu kering. Jadi, lebih baik gunakan saat malam hari di saat kamu tidak berpuasa.

Baca Juga: Biar Gak Bermasalah, Ini 5 Tips Merawat Kulit Remaja Sesuai Tipe Kulit

Verified Writer

Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya