Comscore Tracker

5 Fakta Penting Siklus Menstruasi, Pengaruhi Kesehatan Organ Intim

Sudah tahu cara menghitungnya?

Seorang wanita dikatakan sudah aktif secara seksual begitu mendapatkan menstruasi pertama. Biasanya terjadi di usia belasan tahun, tapi gak jarang beberapa wanita mengalaminya bahkan sebelum menginjak usia 10 tahun.

Menstruasi normalnya terjadi setiap satu bulan sekali. Makanya ada istilah siklus mentsruasi, jarak antara hari pertama menstruasi di bulan ini dengan bulan berikutnya.

Mengetahui seluk-beluk siklus menstruasi dan cara menghitungnya itu penting banget lho. Simak nih lima fakta di bawah ini, kesehatan organ intim bisa dilihat dari siklus menstruasimu.

1. Siklus menstruasi normal berkisar antara 25-35 hari

5 Fakta Penting Siklus Menstruasi, Pengaruhi Kesehatan Organ Intimhealthline.com

Siklus menstruasi bisa dikatakan normal jika berada dalam rentang 25 - 35 hari. Tiap satu siklus melewati proses ovulasi, mulai dari produksi sel telur, pelepasan ke dinding rahim, hingga peluruhan jika gak terbuahi oleh sperma.

Normalnya satu rangkaian ovulasi berlangsung selama 25 - 35 hari. Ini alasannya siklus menstruasi bisa dikatakan normal jika berada dalam rentang tersebut.

2. Gimana sih caranya menghitung siklus menstruasi?

5 Fakta Penting Siklus Menstruasi, Pengaruhi Kesehatan Organ Intimmedicaldaily.com

Penasaran gak gimana caranya menghitung siklus menstruasi? Gampang banget kok, kamu cukup menandai kapan hari pertama menstruasi setiap bulannya. Lamanya satu siklus dihitung sejak hari pertama menstruasi di bulan ini hingga hari pertama menstruasi di bulan berikutnya.

Misal, di bulan Januari kamu mendapat haid di tanggal 5. Kemudian di bulan Februari menstruasi datang di tanggal 3. Karena jumlah hari di bulan Januari sebanyak 31, berarti panjang siklus haidmu kali ini adalah 30 hari.

3. Apa yang terjadi jika siklus menstruasimu berubah-ubah terus?

5 Fakta Penting Siklus Menstruasi, Pengaruhi Kesehatan Organ Intimhomeword.com

Jarang ditemukan seorang wanita bisa memiliki siklus menstruasi yang sama persis dari bulan ke bulan. Misal siklus pertama sepanjang 27 hari, bulan berikutnya 28 hari, lalu berikutnya lagi 31 hari.

Perbedaan lama siklus ini masih berada dalam rentang normal. Kamu gak perlu khawatir jika sesekali siklusnya lebih pendek dari 25 hari atau lebih panjang dari 35 hari.

Kecuali, siklus gak normal ini terjadi terus menerus. Bahkan ada yang sampai dua kali menstruasi dalam sebulan, atau malah gak mengalami menstruasi hingga dua bulan lebih.

Berarti ada yang gak beres dengan organ reproduksimu atau kondisi hormon. Segera konsultasikan dengan bidan atau dokter spesialis kandungan untuk mendapat penanganan cepat.

Baca Juga: Meski Dianggap Sepele, Ini 5 Keuntungan dari Menandai Siklus Haidmu

4. Ini lho fungsinya menghitung siklus menstruasi

5 Fakta Penting Siklus Menstruasi, Pengaruhi Kesehatan Organ Intimmyobgynoffice.com

Sebenarnya menghitung siklus menstruasi itu buat apa sih? Balik ke poin pertama, mengetahui lamanya siklus menstruasi memberimu informasi apakah berjalan normal atau gak.

Kalau siklusnya normal, artinya proses ovulasi dalam organ reproduksimu juga berjalan baik. Tapi ketika siklusnya gak normal, berarti ada yang gak beres juga dong dengan organ reproduksimu?

Perhitungan siklus menstruasi juga berguna untuk mengetahui masa subur. Penting banget nih buat para wanita yang sudah menikah atau sedang program hamil.

5. Agar siklus menstruasimu teratur, jaga selalu kesehatan ya!

5 Fakta Penting Siklus Menstruasi, Pengaruhi Kesehatan Organ IntimBalancehealth.com

Setelah mengetahui kaitannya dengan kesehatan, ternyata penting banget kan menjaga siklus menstruasi tetap teratur? Kamu bisa mendapatkannya dengan menjaga pola hidup yang sehat.

Perhatikan asupan gizi dan aktivitas harian. Keduanya berdampak pada kesehatan organ reproduksi dan kondisi hormonal.

Sekarang saatnya menghitung nih, sejauh ini siklus menstruasimu sudah normal belum?

Baca Juga: Jangan Teledor, Ini 5 Cara Jaga Kebersihan Area Wanitamu Saat Haid!

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 07:15:06

Progress: 759.353 dari 813.350 TPS (93.36116%)

Just For You