Comscore Tracker

5 Tanda Kulit Wajah Terkena Alergi dan Iritasi Setelah Pakai Kosmetik

Kenali gejalanya yuk

Pemakaian kosmetik atau produk kecantikan bisa memberi efek yang berbeda pada tiap kulit wajah. Cewek dengan kulit sensitif lebih rentan mengalami iritasi dan alergi. Tapi gak menutup kemungkinan cewek berkulit normal mengalami hal yang sama.

Iritasi dan alergi akibat penggunaan produk kosmetik dipengaruhi oleh respon tubuh kita terhadap kandungan zat kimia di dalamnya. Gejala awal yang muncul hampir sama, seperti gatal dan ruam kemerahan hingga timbul jerawat.

Kenali tandanya lebih jauh yuk! Ada beberapa perbedaan lho antara gejala iritasi dan alergi yang perlu kamu tahu.

1. Kulit terasa panas hingga perih

5 Tanda Kulit Wajah Terkena Alergi dan Iritasi Setelah Pakai Kosmetikhealthline.com

Iritasi dan alergi sama-sama menunjukkan gejala awal berupa rasa panas hingga perih di kulit wajah. Untuk membedakannya, coba hentikan pemakaian kosmetik selama beberapa hari.

Jika rasa perih tetap muncul dalam waktu lama, berarti kamu mengidap alergi pada kandungan zat kimia dalam kosmetik. Rasa panas atau perih akibat iritasi segera hilang setelah pemakaian produk dihentikan.

2. Muncul rasa kram seperti kesemutan

5 Tanda Kulit Wajah Terkena Alergi dan Iritasi Setelah Pakai Kosmetikhickeysolution.com

Kamu pernah gak merasakan kulit wajah seperti tertarik atau kram di awal pemakaian kosmetik? Jika hanya terjadi di pemakaian pertama atau kedua, kulit wajahmu sedang menunjukkan proses adaptasi terhadap produk.

Tapi jika rasa kram ini terus terjadi hingga pemakaian berikutnya, bisa jadi kamu terkena alergi. Segera hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter kulit.

3. Diikuti rasa gatal yang terasa di bagian dalam

5 Tanda Kulit Wajah Terkena Alergi dan Iritasi Setelah Pakai Kosmetikhopkinsmedicine.org

Gejala lain yang muncul saat kulit wajah terkena alergi dan iritasi adalah rasa gatal. Bedanya, rasa gatal ini terjadi di lapisan kulit dalam. Gak langsung hilang meski kamu menggaruk bagian wajah yang gatal.

Jika gatal muncul hanya di 1-2 jam pertama setelah produk diaplikasikan, bisa jadi kulitmu sedang beradaptasi dan zat aktif dalam produk mulai bekerja. Tapi jika rasa gatal bertahan seharian, tandanya kamu terkena iritasi. Segera bersihkan wajah dan cuci muka menggunakan sabun.

Baca Juga: 5 Tempat Berburu Kosmetik Paling Direkomendasikan di Korea Selatan

4. Muncul bercak kemerahan atau tanda ruam

5 Tanda Kulit Wajah Terkena Alergi dan Iritasi Setelah Pakai KosmetikPixabay/Kjerstin Mikaela

Jika iritasi dan alergi yang kamu alami cukup parah, akan nampak bercak kemerahan atau tanda ruam di kulit wajah. Ruam karena iritasi muncul lebih cepat dan segera hilang setelah pemakaian produk dihentikan.

Sementara ruam karena alergi muncul setelah beberapa kali pemakaian dan gak mudah hilang. Ruam kemerahan ini juga disertai rasa gatal dan perih di lapisan kulit dalam.

5. Muncul jerawat kemerahan

5 Tanda Kulit Wajah Terkena Alergi dan Iritasi Setelah Pakai Kosmetikactivebeautiful.com

Saat kulit wajahmu terpapar zat asing yang bersifat menyerang sistem imunitas, tubuh otomatis meresponnya dengan reaksi peradangan. Di kulit wajah, salah satu bentuk peradangan adalah munculnya jerawat.

Jika alergi atau iritasi yang kamu alami cukup parah, jerawat muncul dengan warna kemerahan dan terasa perih.

6. Jadi, apa yang membedakan alergi dan iritasi?

5 Tanda Kulit Wajah Terkena Alergi dan Iritasi Setelah Pakai Kosmetikhowtousevinevera.com

Meski hampir semua gejalanya mirip, ada hal penting yang membedakan alergi dan iritasi. Semua orang bisa mengalami iritasi, tapi alergi hanya menyerang orang tertentu.

Iritasi terjadi jika produk kosmetik yang kamu gunakan mengandung bahan bersifat iritan. Jadi sifatnya lebih umum, zat iritan ini bisa menyerang semua jenis kulit wajah. Reaksinya terjadi cepat, gejala yang muncul bisa dibilang gak terlalu mengganggu.

Sementara alergi dipengaruhi oleh sistem kekebalan tubuhmu. Tiap tubuh manusia punya kepekaan terhadap zat tertentu. Jadi belum tentu produk kosmetik yang membuatmu alergi menunjukkan reaksi serupa di wajah temanmu.

Kelima tanda-tanda di atas sering terjadi lho di awal pemakaian produk kecantikan. Buat kamu yang doyan gonta-ganti produk perawatan wajah, waspadai gejala iritasi dan alergi di atas ya!

Baca Juga: Dari Kosmetik Hingga Cat, Ini 7 Bahaya Jika Sering Terpapar Formalin!

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Pinka Wima

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You