5 Ciri-ciri Kulit Lelah, Bisa Mendadak Jerawatan

Jangan sepelekan kulit yang kelelahan, ya!

Tidak hanya tubuh dan mental yang bisa kelelahan, kulitmu pun bisa merasakan keluhan yang sama. Kulit yang sedang stres dan lelah bakal terlihat kusam, terutama di area wajah. Kalau dibiarkan, kondisi kulit bisa memburuk dan tentu saja memengaruhi penampilanmu.

Mari simak lima tanda kulit lelah yang paling mudah diamati. Hasil makeup kurang sempurna ternyata juga termasuk tanda kulit sedang kelelahan, lho!

1. Kulit terasa kering dan tampak kusam

5 Ciri-ciri Kulit Lelah, Bisa Mendadak Jerawatanilustrasi bercermin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tanda kulit lelah yang paling mudah diamati adalah kulit terasa kering dan kusam. Saat kulit menjadi lebih kering, kekenyalannya akan berkurang dan teksturnya menjadi agak kasar.

Membersihkan wajah dan menggunakan produk perawatan tidak bisa menyembunyikan kulit yang tampak kusam karena kelelahan. Jika kondisinya makin parah, bisa muncul noda hitam dan bercak merah tanda terjadinya peradangan.

2. Pori-pori kulit membesar

5 Ciri-ciri Kulit Lelah, Bisa Mendadak Jerawatanilustrasi kulit kasar (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Pori-pori kulit akan membesar seiring bertambahnya usia. Namun, hal itu bisa terjadi lebih cepat jika kita tidak merawat kulit dengan baik, sehingga kulit kerap mengalami kelelahan.

Ukuran pori kulit yang membesar ini bisa jadi biang masalah, lho! Makin besar pori-pori kulit, makin banyak kotoran, sebum, dan sel kulit mati yang berpotensi terjebak di dalamnya. Bisa jadi biang jerawat, nih!

3. Muncul kerutan dan garis halus

5 Ciri-ciri Kulit Lelah, Bisa Mendadak Jerawatanilustrasi bercermin (pexels.com/@ivan-samkov)

Kerutan dan garis halus pada wajah ternyata tidak hanya menandakan penuaan, tapi juga mengindikasi kondisi kulit yang sedang kelelahan. Kerutan muncul karena kulit tidak terhidrasi dengan baik.

dm-player

Jika dibiarkan, kulit bisa mengalami penuaan dini, di mana usia kulitmu menjadi lebih tua dari usiamu yang sebenarnya. Bukan cuma wajah, penuaan dini pada kulit bisa terjadi di seluruh tubuh, terutama di area yang sering terpapar udara dan sinar matahari secara langsung.

Baca Juga: 5 Body Lotion untuk Kulit Sensitif, Merawat Kulit Tanpa Bikin Iritasi

4. Jerawat muncul di berbagai area

5 Ciri-ciri Kulit Lelah, Bisa Mendadak Jerawatanilustrasi jerawat (pixabay.com/Kjerstin_Michaela)

Pernah mengalami jerawat yang muncul tiba-tiba di berbagai sisi wajah? Itu adalah tanda kulitmu sedang mengalami stres dan kelelahan. Biasanya, hal ini dipicu oleh kondisi tubuh dan pikiran yang juga sedang mengalami hal serupa.

Saat seseorang mengalami stres, kadar hormon kortisol dalam tubuhnya akan meningkat. Tingginya kadar kortisol memicu peningkatan hormon testosteron yang menjadi awal mula timbulnya jerawat. Melansir Pakistan Journal of Medical Sciences, tingginya kadar testosteron dalam tubuh menyebabkan peningkatan timbunan lemak dalam tubuh, termasuk kelenjar minyak pada kulit. Kondisi ini bisa membuat jerawat muncul tak terkendali.

Bagi pemilik kulit sensitif dan mudah berjerawat, kelelahan pada kulit bisa membuat masalah kulit memburuk. Wah, harus lebih waspada, nih!

5. Riasan tidak menempel sempurna pada wajah

5 Ciri-ciri Kulit Lelah, Bisa Mendadak JerawatanIlustrasi merias wajah. (Unsplash.com/novantino)

Bagi orang-orang yang kerap menggunakan riasan wajah, harus waspada pada kondisi kulitnya. Hasil makeup yang kurang bagus ternyata juga bisa dipengaruhi oleh kondisi kulit yang sedang lelah, misalnya hasil complexion yang terkesan cakey atau tampak bertekstur.

Meskipun jenis alas bedak yang kamu gunakan juga memengaruhi hasil riasan, tapi kondisi kulit juga berperan besar. Kulit yang mengalami dehidrasi dan penumpukan sel kulit mati, membuat alas bedak tidak bisa menempel dan tampak menyatu dengan kulit. Hasilnya, riasan terutama complexion jadi kurang mulus.

Berikut tadi lima tanda kulit lelah yang perlu diwaspadai. Selain menggunakan produk perawatan wajah, pastikan untuk menutrisi kulit dari dalam dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan sehat.

Baca Juga: 7 Penyebab Wajah Tampak Lelah, Gak Selalu Karena Kurang Tidur

Topik:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya