Comscore Tracker

Apa Itu Pewarna Merah Berbahaya pada Kosmetik? Begini Penjelasannya

BPOM merilis 16 produk kosmetik dengan kandungan berbahaya

Penggunaan kosmetik semakin digemari karena berbagai produk inovatif yang ditawarkan. Mulai dari pemulas bibir, pewarna area mata, bedak, hingga produk-produk lain yang dapat meningkatkan rasa percaya diri penggunanya. 

Memilih kosmetik dengan kandungan yang aman untuk kulit, merupakan hal yang wajib untuk diperhatikan. Sebab, bahan berbahaya yang terdapat pada kosmetik dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit. Yuk, kenali pewarna berbahaya pada kosmetik! 

1. Mengenal bahan pewarna berbahaya yang terdapat pada kosmetik

Apa Itu Pewarna Merah Berbahaya pada Kosmetik? Begini PenjelasannyaIlustrasi kosmetik. (Pexels.com/Skitterphoto)

Kosmetik biasanya mengandung banyak varian warna, terutama pada produk seperti eyeshadow, blush on, dan lipstik. Nah, bahan pewarna yang digunakan harus mengandung formula yang aman untuk kulit. 

Beberapa zat berbahaya untuk kulit yang terdapat pada pewarna kosmetik di antaranya adalah pewarna merah K3 (C1 Pigment Red 53) dan K10 (Rhodamine B). Kandungan tersebut merupakan bahan berbahaya untuk kosmetik, obat, dan makanan yang berisiko menyebabkan kanker. 

Sebagaimana dikutip dalam penjelasan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), efek samping dari penggunaan bahan pewarna merah K10, K3, jingga K1 bisa mengakibatkan iritasi pada saluran pencernaan, kerusakan hepar (hati), dan kanker. Konsumen diharapkan lebih teliti sebelum membeli dan menggunakan kosmetik. 

2. Daftar produk yang mengandung bahan berbahaya

Apa Itu Pewarna Merah Berbahaya pada Kosmetik? Begini Penjelasannyailustrasi kosmetik (pexels.com/freestocks.org)

Baru-baru ini, ramai perbincangan produk kosmetik yang mengandung zat berbahaya, yang telah ditarik peredarannya oleh BPOM. BPOM menemukan 16 produk kosmetik yang mengandung bahan karsinogenik, zat yang dapat menyebabkan kanker. 

Berdasarkan Penjelasan Publik Nomor PW.02.04.1.4.10.22.168 tanggal 4 Oktober 2022 mengenai Kosmetika Mengandung Bahan Dilarang atau Berbahaya Hasil Pengawasan BPOM Oktober 2021 sampai Agustus 2022, berikut 16 produk yang memiliki kandungan berbahaya: 

  1. MADAME GIE Sweet Check Blushed 03
  2. MADAME GIE Nail Shell 14
  3. MADAME GIE Nail Shell 10
  4. CASANDRA Lip Balm Care With Aloe Vera (Strawberry)
  5. CASANDRA Lip Balm Magic (Strawberry)
  6. CASANDRA Lip Balm Magic (Orange)
  7. LOVES ME Keep Color Trio Eyeshadow LM3044 04
  8. LOVES ME The Matte Eyeshadow LM 3016 02
  9. LOVES ME The Matte Eyeshadow LM3022 04
  10. MISS GIRL Eyeshadow + Blush On No.2
  11. MISS GIRL Eyeshadow + Blush On No.3
  12. MISS ROSE Matte 33 Orchid 7301-043B33
  13. MISS ROSE Matte 46 Love Bug 7301-043B46
  14. MISS ROSE Matte 52 Americano 7301-043B52
  15. MISS ROSE Matte 48 Beeper 7301-043B48
  16. MISS ROSE Matte 50 Loved 7301-043B50 

Baca Juga: 16 Produk Kosmetik Mengandung Bahan Berbahaya, Bisa Picu Kanker

3. Penjelasan Madame Gie terkait produknya yang diklaim memiliki kandungan berbahaya oleh BPOM

Apa Itu Pewarna Merah Berbahaya pada Kosmetik? Begini PenjelasannyaTanggapan Madame Gie atas beberapa kosmetiknya yang ditarik (instagram.com/madame.gie)

Merek kosmetik Madame Gie sebagai salah satu produk yang diklaim memiliki kandungan berbahaya, turut menanggapi hal tersebut. Pihak Madame Gie melalui unggahan tertulis dalam akun Instagram, menyatakan produk dengan kandungan berbahaya oleh BPOM hanya terjadi pada nomor batch tertentu. 

Pihak Madame Gie juga telah mengambil langkah sesuai arahan dan petunjuk dari BPOM. Melalui pernyataan yang sama, Madame Gie juga mengungkapkan akan terus berkomitmen meningkatkan standar produknya. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai produk berbahaya dalam kosmetik. Yuk, jadi konsumen yang bijak dengan meneliti produk yang hendak digunakan!

Baca Juga: Tiga Kosmetik Madame Gie Milik Artis Gisel Ditarik BPOM, Ini Daftarnya

Topic:

  • Dina Fadillah Salma
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya