Comscore Tracker

5 Kenikmatan yang Hanya Dimiliki Perempuan yang Belum Menikah, Syukuri

#IDNTimesLife Syukuri semua hal ini selagi bisa 

Tekanan sosial dan keluarga untuk menikah dirasa lebih besar bagi perempuan daripada laki-laki. Karenanya, saat melihat satu per satu teman menikah dan memiliki anak, perempuan lebih mungkin merasa tertinggal dalam hidup. Padahal, perjalanan hidup setiap orang berbeda-beda.

Bagi banyak perempuan, kehidupan sebelum dan setelah menikah bisa berbeda jauh. Jadi, alih-alih merasa buruk, ada baiknya kamu menyadari kenikmatan yang masih kamu miliki selagi belum menikah dan mensyukurinya.

Di bawah ini akan dijelaskan satu per satu kenikmatan yang dimiliki perempuan yang masih lajang.

1. Waktumu adalah milik kamu sendiri

5 Kenikmatan yang Hanya Dimiliki Perempuan yang Belum Menikah, Syukuriilustrasi jam (pexels.com/Karolina Grabowska)

Pernahkah kamu mencoba mengatur pertemuan dengan teman-temanmu yang sudah menikah, terutama yang sudah memiliki anak? Kamu pasti paham bagaimana repotnya mereka menyesuaikan waktu dengan suami, anak, bahkan kesulitan untuk sekadar meminta izin suaminya.

Jika kamu seorang perempuan yang masih lajang, kamu tidak memiliki kekhawatiran itu. Kamu dapat pergi ke mana pun dan kapan pun kamu mau. Misalnya, saat kamu merasa bosan dan ingin pergi atau hangout bersama temanmu, kamu bisa langsung berangkat tanpa banyak pertimbangan.

2. Bebas menggunakan uangmu sendiri

5 Kenikmatan yang Hanya Dimiliki Perempuan yang Belum Menikah, Syukuriilustrasi uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Setelah menikah, kamu tidak boleh bersikap egois dalam hal mengatur pengeluaranmu. Keputusan pengeluaran harus selalu didiskusikan bersama-sama dan kamu tidak bisa seenaknya menggunakan uang untuk membeli ini dan itu.

Lain halnya dengan saat kamu masih berstatus lajang, kamu memiliki kebebasan penuh untuk menggunakan uangmu. Apa pun yang kamu inginkan, kamu tidak perlu meminta izin dari orang lain. Selama masih lajang, uangmu ada untuk dinikmati.

Baca Juga: 7 Masalah Kesehatan yang Menyebabkan Perempuan Sulit Hamil

3. Kebebasan berkarier

5 Kenikmatan yang Hanya Dimiliki Perempuan yang Belum Menikah, Syukuriilustrasi bekerja dengan laptop (pexels.com/Christina Morillo)

Selagi masih lajang, perempuan memiliki kemampuan untuk mendedikasikan dirinya untuk karier. Jika pekerjaanmu saat ini sangat penting bagimu, ini adalah kesempatan bagimu untuk mengembangkan karier. Kamu dapat membuat pilihan yang sulit, seperti pindah ke luar negeri atau berganti karier tanpa banyak pertimbangan.

Bekerja selama berjam-jam, mengejar promosi, atau melompat dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain sampai kamu mendapatkan kepuasan pribadi, semuanya bebas kamu lakukan selama masih lajang. Lain halnya jika kamu sudah menikah, keputusan kariermu akan memengaruhi seluruh keluarga sehingga harus didiskusikan baik-baik.

4. Bebas mewujudkan impian untuk traveling ke mana pun

5 Kenikmatan yang Hanya Dimiliki Perempuan yang Belum Menikah, Syukuriilustrasi traveling (pexels.com/Alexandr Podvalny)

Selama masih lajang, kamu dapat memanfaatkan sepenuhnya waktu yang kamu miliki untuk traveling dari satu tempat ke tempat lain yang kamu inginkan. Jika kamu khawatir bepergian sendiri, ajaklah teman-temanmu atau ikuti agen travel.

Setelah kamu menikah, tentu saja kamu bisa traveling bersama suamimu, dan ini adalah hal yang baik dan mengasyikkan. Namun, jangan lupa bahwa kalian perlu saling menyesuaikan jadwal, belum lagi jika kalian punya anak yang harus dipertimbangkan apakah memungkinkan untuk diajak atau tidak.

5. Punya kesempatan lebih besar untuk mendapatkan teman baik

5 Kenikmatan yang Hanya Dimiliki Perempuan yang Belum Menikah, Syukuriilustrasi teman (pexels.com/Kampus Production)

Masa-masa sebelum menikah adalah saat yang tepat untuk mendapatkan teman sebanyak mungkin. Kamu juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan ikatan yang kuat satu sama lain.

Menjadi perempuan lajang memberi kamu kesempatan untuk mengembangkan persaudaraan dengan perempuan lain. Jadi, manfaatkan kesempatan ini untuk membangun relasi seluas mungkin dan mendapatkan teman-teman yang baik.

Itulah beberapa kenikmatan yang hanya dirasakan perempuan yang belum menikah. Tentu saja, menikah adalah suatu anugerah dan hal yang mulia. Hanya saja, untuk kamu yang masih sendiri, kamu juga punya kenikmatan yang patut disyukuri.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan bagi Perempuan Karier, Dompet Tetap Sehat!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya