Comscore Tracker

Awas, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kerutan di Bawah Matamu Makin Parah

Jangan lakukan lagi!

Tak ada seorang pun yang ingin terlihat tua terlebih di usia yang masih muda. Bahkan ketika usia tak lagi muda pun, banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk menjaga kulitnya tetap kencang dan bebas kerut bak remaja.

Kerutan di wajah memang tak diinginkan oleh siapapun. Namun karena berbagai faktor seperti paparan sinar matahari dan polusi, tanda-tanda penuaan kulit dapat muncul lebih cepat dari yang seharusnya. Tak hanya itu, kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita anggap sepele juga ternyata dapat menyebabkan munculnya kerutan, terutama di daerah sekitar mata. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Berikut uraiannya.

1. Mengucek mata

Awas, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kerutan di Bawah Matamu Makin Parahheathline.com

Ketika mata terasa gatal atau lelah, tanpa berpikir kita akan langsung mengucek mata. Padahal kulit di sekitar mata adalah bagian wajah yang paling tipis dan sensitif.

Terus-menerus mengucek mata dapat menambah munculnya garis-garis halus di kulit bawah mata. Kebiasaan menghapus makeup mata dengan kasar dan mengoleskan krim mata dengan semangat berlebih juga dapat menyebabkan kerutan. Gunakanlah selalu jari manis untuk menyentuh daerah mata, karena jari manis adalah jari yang paling lembut sentuhannya.

2. Keseringan mengernyit

Awas, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kerutan di Bawah Matamu Makin Parahdoctoroz.com

Saat bepergian di siang yang terik, jangan lupa bawa kacamata hitam. Ini akan membantumu untuk tidak terus-menerus mengernyitkan mata saat memandang akibat teriknya sinar matahari.

Saat mengernyit, kulit di sekitar mata akan berkerut. Kerutan ini akan jadi semakin jelas dan berubah menjadi permanen jika kita sering melakukannya.

3. Tidur telungkup

Awas, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kerutan di Bawah Matamu Makin Parahfreepik.com

Tidur telungkup membuat wajah tertekan di bantal selama berjam-jam. Kebiasaan ini sebaiknya dihentikan karena selain dapat menyebabkan masalah kesehatan, tidur telungkup juga akan meninggalkan lipatan-lipatan di wajah, terutama bagian sekitar mata yang kemudian dapat menjadi kerutan permanen.

Baca Juga: 5 Tips Hilangkan Area Hitam di Hidung Buat Kamu yang Berkacamata

4. Kurang minum air putih

Awas, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kerutan di Bawah Matamu Makin Parahpexels/Daria Shevtsova

Kulit kering lebih rentan mengalami penuaan dini. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan banyak-banyak minum air putih, asal tetap tak berlebihan.

Dengan tercukupinya kebutuhan air dalam tubuh, kulit akan terjaga kelembaban dan elastisitasnya. Tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus pun dapat terminimalisir.

5. Kurang tidur

Awas, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kerutan di Bawah Matamu Makin Parahfreepik/Yanalya

Tahukah kamu bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penuaan dini? Hal ini karena saat kita tertidur, kulit akan meregenerasi dirinya dengan memproduksi kolagen.

Namun apabila waktu tidur terganggu, kulit jadi tidak mampu memproduksi kolagen dalam jumlah yang dibutuhkan. Proses regenerasi kulit pun akan terhambat sehingga wajah jadi kusam dan muncul tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

Nah, mulai sekarang hindari kebiasaan-kebiasaan di atas, ya.

Baca Juga: Hubungan Kerutan di Dahi dengan Kesehatan Jantung Menurut Para Ahli

Friska Zrt Photo Writer Friska Zrt

a tree hugger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya