Comscore Tracker

5 Penyebab Kulit Tetap Terbakar Matahari Meski Sudah Gunakan Sunscreen

Yuk cari tahu apa penyebabnya!

Sinar matahari yang menyengat dan membuat kulit terbakar tentunya amat berbahaya. Untuk mengatasi hal tersebut memang seharusnya kita menggunakan sunscreen. Namun ada kalanya penggunaan sunscreen menjadi kurang berguna sehingga kulit pun tetap terbakar. Nah ternyata lima penyebab ini yang menyebabkan sunscreenmu kurang efektif digunakan, kira-kira menurutmu apa saja ya?

1. Menggunakan sunscreen dalam jumlah yang sedikit

5 Penyebab Kulit Tetap Terbakar Matahari Meski Sudah Gunakan Sunscreenallure.com

Ada kalanya penggunaan sunscreen yang sedikit takkan membantu kulit kita tetap terhindar dari sun burn. Apalagi bila kita hanya mengaplikasikan sunscreen sekali, padahal jika kita sedang beraktivitas di luar ruangan penggunaan sunscreen secara berkala harus dilakukan.

Gunakan sunscreen setiap 4 atau 5 jam sekali agar efek buruk cahaya matahari tidak merusak kulit dan membuat kulit terbakar. Karena jika hanya menggunakan sunscreen sekali saja tentu efektivitasnya akan kurang.

2. Mudah keluar keringat

5 Penyebab Kulit Tetap Terbakar Matahari Meski Sudah Gunakan Sunscreenumhs-sk.org

Sunscreen memang akan berkurang efektivitasnya jika kulit kita merupakan jenis kulit yang mudah berkeringat. Karena seperti yang kita tahu jika keringat akan menghilangkan sunscreen yang kita gunakan sehingga sun burn pun tidak terelakan.

Ada baiknya jika kulitmu mudah berkeringat tetap gunakan pakaian yang tertutup dan topi misalnya untuk mengurangi efek buruk cahaya matahari yang berbahaya.

Baca Juga: 5 Beda Physical Vs Chemical Sunscreen yang Keduanya Harus Kamu Tahu!

3. Sunscreen mengandung bahan-bahan yang keras

5 Penyebab Kulit Tetap Terbakar Matahari Meski Sudah Gunakan Sunscreentreehugger.com

Jika jenis kulitmu merupakan jenis kulit yang sensitif tentunya penggunaan sunscreen tidak akan begitu efektif apalagi bahan dasar sunscreen yang kamu gunakan ada bahan-bahan keras. Bukannya kulit terlindungi dari cahaya matahari yang ada kulitmu malah muncul alergi dan sun burn tak terelakan.

Nah sebelum menggunakan sunscreen ada baiknya kamu cari tahu dulu komposisi dan bahan-bahan apa saja yang terkandung didalamnya. Jika memang bahan-bahan itu keras lebih baik cari sunscreen lain yang lebih ramah untuk kulitmu.

4. Krim jerawat dan sunscreen dipakai bersamaan

5 Penyebab Kulit Tetap Terbakar Matahari Meski Sudah Gunakan Sunscreenwisegeek.com

Jika kulitmu sedang berjerawat ada baiknya sembuhkan dulu jerawatmu. Jangan menggunakan krim jerawat dan sunscreen secara bersamaan karena akan mengurangi efektivitas sunscreen yang sedang kamu gunakan. So, jangan salahkan dulu sunscreen yang kamu gunakan karena boleh jadi penyebabnya ya kamu sendiri!

5. Tidak memakai pelindung lain seperti topi

5 Penyebab Kulit Tetap Terbakar Matahari Meski Sudah Gunakan Sunscreenstylewithglamour.com/

Jangan hanya mengandalkan sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar matahari. Gunakan pelindung lain sebagai tameng misalnya topi atau pakaian yang lebih tertutup.

Karena pada dasarnya sunscreen tak akan mampu menghindari efek buruk sinar matahari dan fungsinya hanya mengurangi efek buruk tersebut. Nah oleh sebab itu jangan hanya merasa cukup ketika memakai sunscreen karena kulitmu juga perlu pelindung lain!

Sudah tahu apa saja penyebabnya kan?

Baca Juga: Gak Cuma Lindungi Muka dari Sinar UV, Ini 5 Manfaat Sunscreen Lainnya

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya