Comscore Tracker

Wajib Tahu, Ini 5 Hal yang Bikin Kulitmu Breakout Saat Berusia 20-an

Ternyata ini adalah hal yang wajar!

Saat menginjak masa puber sejatinya setiap perempuan sering terkena jerawat. Hal itu adalah hal yang wajar karena pengaruh hormonal akibat pubertas yang terjadi. Namun nyatanya saat menginjak usia 20 an jerawat pun mulai datang kembali. Hal itu diakibatkan saat perempuan berusia 20 an, dia akan menginjak quarter life skin crisis dan masa ini merupakan masa yang rentan terkena jerawat. Namun 5 hal di bawah ini juga mempunyai pengaruh yang besar dan menyebabkan kulit berjerawat, berikut ulasannya!

1. Eksfoliasi berlebihan

Wajib Tahu, Ini 5 Hal yang Bikin Kulitmu Breakout Saat Berusia 20-anmnn.com

Ketika kamu menginjak usia 20 an biasanya kamu pun mulai merawat kulit secara maksimal agar terlihat tetap muda seperti remaja. Tetapi ketika kamu melakukan eksfoliasi yang berlebihan pada kulit, jerawat malah akan meradang. Hal ini disebabkan karena lapisan pelindung kulit hilang dan rusak alhasil bakteri pun mudah masuk ke kulit dan menyebabkan jerawat.

2. Penggunaan skin care yang tak cocok

Wajib Tahu, Ini 5 Hal yang Bikin Kulitmu Breakout Saat Berusia 20-anexpress.co.uk

Hal lainnya yang menyebabkan kulitmu berjerawat di usia 20 an adalah karena skin care yang kamu gunakan tak cocok dengan kulitmu. Apalagi bila kulitmu merupakan kulit yang sensitif, lebih baik konsultasikan ke ahli saat kamu memutuskan gunakan skin care. Selain itu pastikan bila skin care yang saat ini kamu gunakan memang cocok agar kulitmu tak berakout saat memakainya.

3. Hormonal

Wajib Tahu, Ini 5 Hal yang Bikin Kulitmu Breakout Saat Berusia 20-anglamour.com/

Sebenarnya breakout pada kulit bisa juga merupakan pengaruh hormonal seperti pada waktu puber dulu. Namun disini hormon yang dihasilkan malah tidak seimbang yang menyebabkan jerawat pun muncul. Hormon yang kurang seimbang ini diakibatkan oleh stres karena saat usia 20 an beban hidup makin tinggi daripada saat usia remaja.

Baca Juga: Skincare 101: Makna Jerawat di Bagian Wajahmu, Ternyata Gak Semua Sama

4. Makanan

Wajib Tahu, Ini 5 Hal yang Bikin Kulitmu Breakout Saat Berusia 20-anPexels/Life of Fix

Nyatanya makanan pun bisa menyebabkan kulit kita breakout. Salah satunya yang menyebabkan jerawat adalah makanan yang mengandung susu. Ketika pencernaan memproses makanan yang mengandung susu, tubuh kita akan memproduksi hormon seperti insulin yaitu IGF-1. Namun sayangnya hormon ini juga menyebabkan jerawat selain berfungsi sebagai pengurai makanan berbasis susu.

5. Stres berlebihan

Wajib Tahu, Ini 5 Hal yang Bikin Kulitmu Breakout Saat Berusia 20-anPexels/Pixabay

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, stres menyebabkan kulit mudah terjadi breakout saat berusia 20 an karena stres menyebabkan hormon tak seimbang. Stres tentu menyebabkan hormon naik turun dan akibatnya jerawat bisa meradang kapan saja. Oleh karena itu hindari stres dan tetaplah relaks meskipun pekerjaantengah menumpuk.

Bye-bye breakout!

Baca Juga: Skincare 101: Apa Itu Sebum dan Kenapa Kulit Kita Membutuhkannya?

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya