Comscore Tracker

3 Jenis Kosmetik Ini Ternyata Bisa Picu Munculnya Komedo

Bersihkan setiap selesai memakainya

Salah satu masalah yang sering mengganggu kebersihan dan kecantikan wajah adalah komedo. Biasanya, komedo muncul berupa bintik-bintik kecil dengan ujung berwarna hitam atau putih pada sebagian wajah, khususnya daerah hidung.

Adanya komedo di hidung sangat mengganggu penampilan. Hidung tampak kotor menyerupai duri-duri landak.

Komedo sebenarnya merupakan penyumbatan minyak berlebih (sebum), kotoran, makeup, dan sel-sel kulit mati pada pori-pori kulit, khususnya hidung. Karena letaknya yang jauh terpendam di dalam pori-pori kulit, komedo sering kali tidak terangkat ketika membersihkan kulit dengan rangkaian pembersih wajah. Sehingga, komedo terlihat tampil menonjol dan merusak penampilan.

Nah, beberapa kosmetik di bawah ini ternyata sering menjadi pemicu timbulnya komedo. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya.

1. Foundation

3 Jenis Kosmetik Ini Ternyata Bisa Picu Munculnya Komedolorealparisusa.com

Foundation atau alas bedak adalah makeup wajah yang bersifat melapisi dan menutupi kulit wajah. Oleh karena itu, foundation berpotensi untuk menyumbat pori-pori kulit sehingga memicu munculnya komedo setelah pemakaiannya. Apalagi jika pemakaian terlalu lama, atau saat membersihkan tidak semua foundation terangkat dari pori-pori wajah.

2. Concealer

3 Jenis Kosmetik Ini Ternyata Bisa Picu Munculnya Komedostylecraze.com

Concealer memiliki sifat yang hampir sama dengan foundation, bahkan memiliki sifat menutupi lebih kuat. Namun, concealer biasanya hanya digunakan di area tertentu dan tidak terlalu banyak.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami, Mudah Banget!

3. Bedak padat

3 Jenis Kosmetik Ini Ternyata Bisa Picu Munculnya KomedoPixels/pixabay

Bedak padat (compact powder) memiliki butiran yang jauh lebih halus daripada bedak tabur (loose powder). Oleh karena itu, ia sangat mudah masuk dalam pori-pori dan terkadang tidak terangkat saat dibersihkan. Akibatnya, butiran bedak padat tadi menyumbat pori-pori kulit dan memicu tumbuhnya komedo pada hidung, bahkan jerawat pada bagian kulit wajah yang lain.

Baca Juga: 7 Kandungan Pada Label Kosmetik Ini Ampuh Cegah Jerawat

Irma Wijaya Photo Verified Writer Irma Wijaya

Mahasiswi UNIMED Jurusan Manajemen. Suka dengan hal-hal yang baru dan positif. E-mail: adeeirma579@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya