Comscore Tracker

7 Kandungan Pada Label Kosmetik Ini Ampuh Cegah Jerawat

Girls, let's check the contents of your cosmetics now!

Timbulnya jerawat di wajah memang terasa sangat mengganggu. Apa lagi jika meninggalkan bekas yang sangat sulit disamarkan. Tak hanya dikarenakan perubahan hormonal sebagai faktor penyebab timbulnya jerawat. Tetapi, faktor luar seperti iklim, makanan, kebersihan, keteraturan hidup, faktor genetik, stress karna pekerjaan dan kosmetik juga dapat menjadi penyebab tumbuhnya jerawat. Kosmetik-kosmetik tertentu yang menjadi pemicu tumbuhnya jerawat biasanya berbentuk krim. Diantaranya krim foundation, krim malam dan pelembab wajah.

Tetapi, tak semua kosmetik dapat menimbulkan jerawat. Ada juga, label komsetik yang kandungan di dalamnya terdapat zat yang ampuh mencegah munculnya jerawat. Kandungan apa saja itu? 

Let's check it!

1. Benzoyl Peroxide

7 Kandungan Pada Label Kosmetik Ini Ampuh Cegah Jerawatfimela.com

Benzoyl Peroxide, merupakan disinfektan yang digunakan untuk mengatasi jerawat. Benzoyl peroxide merupakan obat luar (topikal) yang berfungsi mengurangi peradangan, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan membuka pori-pori kulit yang tertutup.

2. Tretinoin

7 Kandungan Pada Label Kosmetik Ini Ampuh Cegah Jerawatfemaledaily.com

Asam vitamin A, merupakan derivat vitamin A yang digunakan sebagai pengobatan topikal (obat luar) untuk jerawat. Tretinoin dapat mencegah perlekatan sel-sel tanduk yang satu dengan yang lainnya, sehingga dapat mencegah terbentuknya komedo. Di samping itu, Tretinoin yang memiliki efek keratolitik (pengelupas kulit) yang juga dapat meningkatkan produksi sel-sel tanduk yang bebas, sehingga komedo yang ada, cenderung terlepas. Sehingga seringkali Tretinoin digunakan untuk meremajakan kulit. 

3. Sulfur

7 Kandungan Pada Label Kosmetik Ini Ampuh Cegah Jerawatwallpaperbetter.com

Sulfur merupakan mineral alami yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membersihkan pori-pori dari bakteri penyebab timbulnya jerawat. Sulfur juga bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Sulfur juga memiliki efek keratolitik (pengelupas kulit), yang mana sulfur bekerja dengan mengupas lapisan atas kulit, sehingga mampu mengangkat sel kulit mati dan mulai membentuk lapisan baru yang lebih bagus pada kulit.

4. Asam Salisilat

7 Kandungan Pada Label Kosmetik Ini Ampuh Cegah Jerawat1001obat.com

Asam salisilat adalah obat yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, khususnya kondisi-kondisi yang disebabkan oleh penebalan dan pengerasan lapisan kulit. Misalnya, kutil, mata ikan, psoriasis, kulit bersisik, infeksi kuku, kapalan dan jerawat. Asam Salisilat ini berfungsi untuk membersihkan pori-pori sehingga tidak tersumbat dan menjadikan kulit jadi lebih halus.

Baca Juga: Ini Dia 5 Perbedaan Purging & Jerawat Biasa, Jangan Sampai Keliru!

5. Tea Tree Oil

7 Kandungan Pada Label Kosmetik Ini Ampuh Cegah Jerawatamazon.com

Tea Tree Oil (minyak pohon teh) adalah minyak atsiri esensial yang dihasilkan dari tanaman Melaleuca Alternifolia. Kandungan di dalamnya dapat membantu dalam meredakan peradangan pada jerawat. Selain itu tea tree oil juga dapat mengurangi produksi minyak dan menghilangkan bakteri di wajah.

6. Menthol

7 Kandungan Pada Label Kosmetik Ini Ampuh Cegah Jerawatgreenleavesfood.com

Menthol mempunyai sifat antiseptik dapat menghambat pertumbuhan kuman dan juga analgetik atau antiradang. Rasa dingin yang dihasilkan dari menthol bisa menjadi pendingin bagi kulit dan menghilangkan jerawat, karena vitamin A yang terkandung dalam menthol mampu mengatasi produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Menthol dapat meregenarasi kulit sehingga kulit seperti kondisi awal sebelum adanya jerawat. Rasa dingin yang dihasilkan menthol, bisa menjadi pendingin bagi kulit dan meredakan nyeri akibat jerawat.

7. Aloevera

7 Kandungan Pada Label Kosmetik Ini Ampuh Cegah Jerawatindiamart.com

Aloevera atau biasa dikenal dengan Lidah buaya mengandung hormon giberelin dan polisakarida yang bertindak sebagai antibakteri yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Aloevera merupakan zat alami yang juga membantu untuk menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati yang selanjutnya menyebabkan gumpalan pada pori-pori kulit dan menyebabkan infeksi bakteri. Serta Aloe vera juga sering digunakan sebagai bahan alami untuk melembabkan kulit.

Aloe vera juga membantu merangsang pertumbuhan sel, sehingga kulit yang rusak akan sembuh lebih cepat dan hanya meninggalkan sedikit bekas luka. Selain itu Aloe vera juga bertindak sebagai antiradang alami yang membantu mengurangi kemerahan dan nyeri yang berhubungan dengan jerawat. 

Benzoyl Peroxide, Tretinoin, Sulfur, Asam Salisilat, Tea Tree Oil, Menthol, dan Aloevera memang ampuh dalam membasmi jerawat, tetapi ada baiknya sebelum menggunakannya dalam bentuk produk kosmetik untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kulit kalian, ya!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Hydrating Toner Lokal untuk Kulit Oily dan Berjerawat

Dede Ernia Photo Writer Dede Ernia

Pencinta Kopi, Buku dan Senja⚘

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya