Comscore Tracker

Tetap Awet Muda, 7 Minyak Esensial Ini Ampuh Lawan Penuaan Dini

Selamat tinggal kerutan halus!

Seiring usia bertambah, kulit akan kehilangan elastisitasnya namun kerap kali gaya hidup seseorang akan mempercepat proses penuaan yang ada. Sering terpapar sinar matahari, polusi udara, dan pola makan yang tidak sehat akan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan di usia yang tergolong masih muda. Salah satu cara untuk melawan tanda-tanda penuaan dini tersebut adalah menggunakan minyak esensial khusus untuk anti-aging seperti berikut ini.

1. Minyak Argan

Tetap Awet Muda, 7 Minyak Esensial Ini Ampuh Lawan Penuaan Dinifakt.pl

Minyak argan terkenal dengan manfaatnya yang luar biasa. Mulai dari rambut, kulit, hingga dikonsumsi langsung untuk kesehatan. Kandungan asam lemak yang mencapai 80% membuat minyak ini ampuh untuk melawan tanda-tanda penuaan dini.

Sebuah penilitian dari Departmen of Demartology di Universitas Vienna menemukan hasil yang memuaskan. Mereka yang menggunakan minyak argan sebagai perawatan sehari-hari selama 30 hari, mengalami peningkatan kesehatan kulit yang signifikan. Kulit mereka menjadi lebih kenyal dan terhidrasi.

2. Minyak Frankincese (Kemenyan)

Tetap Awet Muda, 7 Minyak Esensial Ini Ampuh Lawan Penuaan Dinitopsimages.com

Minyak Frankincese atau di Indonesia yang lebih dikenal sebagai minyak kemenyan, sangat cocok untuk digunakan oleh berbagai jenis kulit. Minyak ini diklaim mampu melawan proses penuaan dengan cara meningkatkan regenerasi sel kulit. Hasilnya, kulit akan lebih kencang, bintik-bintik hitam dan keriput berkurang.

Kamu bisa mencampurkan setetes minyak kemenyan ini dengan pelembab harianmu. Lalu, aplikasikan di pagi dan malam hari. Kamu juga bisa mengaplikasikan minyak ini langsung di daerah mata. 

3. Minyak Neroli (Bunga Jeruk)

Tetap Awet Muda, 7 Minyak Esensial Ini Ampuh Lawan Penuaan Dinispa-insiders.com

Minyak neroli kaya akan kandungan vitamin C yang membuat kulit tampak cerah dan awet muda. Minyak ini juga berfungsi sebagai anti bakteri dan anti inflamasi yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka, mengurangi kerutan, dan ampuh juga untuk mengurangi stretch mark.

Baca Juga: Yuk Mengenal Hyaluronic Acid, Ratunya Kandungan Skincare

4. Minyak Ylang-ylang (Kenanga)

Tetap Awet Muda, 7 Minyak Esensial Ini Ampuh Lawan Penuaan Dinitimesoft.vn

Ylang-ylang biasanya digunakan sebagai bahan campuran parfum. Namun, ternyata minyak dari bunga kenanga ini bermanfaat juga untuk perawatan anti-aging. Khasiat utama minyak ini adalah kemampuannya untuk memperbaiki kerusakan kandungan protein dan lemak kulit serta mengurangi radikal bebas. 

5. Minyak Mawar

Tetap Awet Muda, 7 Minyak Esensial Ini Ampuh Lawan Penuaan Dinivk.vom

Minyak mawar terkenal dengan kandungannya yang kaya akan bahan antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi. Hasilnya kulit jadi lebih lembab dan elastis karena cara kerjanya yang merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Minyak ini sangat cocok untuk kamu yang bermasalah dengan kulit terbakar dan mengalami hiper-pigmentasi kulit. Kamu bisa mencampurkan minyak mawar ke dalam pelembab harianmu. 

6. Minyak Lavender

Tetap Awet Muda, 7 Minyak Esensial Ini Ampuh Lawan Penuaan Dinihomeyou.com

Minyak lavender kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menutrisi kulit dan melawan radikal bebas. Minyak ini mampu meremajakan kulit dan membuat kulit lebih cerah. Kamu bisa mengaplikasikan minyak lavender bersama minyak mawar dan gunakan saat malam hari sebelum tidur. 

7. Minyak Sandalwood (Cendana)

Tetap Awet Muda, 7 Minyak Esensial Ini Ampuh Lawan Penuaan Diniessentialoilhaven.com

Minyak cendana terkenal dengan manfaat anti-inflamasinya dan sering digunakan untuk penyembuhan penyakit kulit. Minyak ini juga bermanfaat untuk merangsang pergantian sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih lembab dan cerah.

Meskipun tergolong bahan alami namun sebelum menggunakan minyak-minyak esensial ini, sebaiknya kamu melakukan tes kecocokan dulu. Coba aplikasikan sedikit minyak esensial ke kulit tanganmu dan cek apakah ada indikasi alergi atau ketidakcocokan lainnya. Jangan lupa, hanya gunakan minyak esensial yang asli dan berkualitas tinggi. Selain itu, jika kamu sedang dalam perawatan dokter, sebaiknya kamu konsultasikan dulu ke dokter kulitmu sebelum menggunakan minyak esensial ini.

Aplikasikan secara rutin dan imbangi dengan hidup sehat. Selamat mencoba!

 

Baca Juga: Yuk Belajar Kosakata Skincare dari A Sampai Z (Part 1)

Melisa Camalia Photo Community Writer Melisa Camalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You