Comscore Tracker

5 Tips Merawat Rambut Rontok agar Sehat, Kuat, dan Tebal

Sebel kan setiap kali menyisir pada rontok?

Dulu kamu punya rambut tebal tapi sekarang jadi rontok dan bikin tipis, duh pasti bikin bete. Rambut rontok punya banyak faktor yang menyebabkannya. Ada yang dari genetik, makanan, atau pola hidup kamu. Kalau sekarang kamu mengalaminya, jangan dibawa stres karena bikin rambut rontoknya semakin parah.

Terus gimana dong mengatasinya? Gak perlu buru-buru tapi kamu harus telaten merawat rambutmu. Dimulai dengan lima cara termudah di bawah ini.

1. Gunakan sisir bergigi jarang

5 Tips Merawat Rambut Rontok agar Sehat, Kuat, dan Tebalmorethanglam.com

Mungkin selama ini kamu menggunakan sisir bergigi rapat, memang rambutmu lebih rapi dan halus. Di sisi lain efeknya adalah rambutmu lebih banyak yang rontok. Selain menggunakan sisir bergigi jarang, kamu juga bisa menggunakan yang berbahan kayu aja. Lebih ramah lingkungan dan bisa sekaligus memijat kepala. Asal ujung gigi sisirnya gak tajam, ya.

2. Gunakan sampo penguat rambut

5 Tips Merawat Rambut Rontok agar Sehat, Kuat, dan Teballovelyskin.com

Di pasaran banyak banget sampo yang dikhususkan untuk menguatkan akar rambut. Kalau ada versi sachetnya, kamu bisa membeli untuk mencobanya dulu. Daripada sudah membeli dalam kemasan botol besar namun justru gak cocok. Sampo dengan bahan ginseng, bayam, atau kemiri dipercaya mampu menguatkan akar rambut.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Terbukti Ampuh

3. Pijat dengan hair oil

5 Tips Merawat Rambut Rontok agar Sehat, Kuat, dan Tebalultimatearganoil.com

Untuk penggunaan hair oil kamu bisa lakukan seminggu dua hingga tiga kali, gak perlu setiap hari. Pilih hair oil yang mengandung bahan penguat rambut seperti argan, castor, atau kemiri. Diamkan selama 10-20 menit lalu bilas dengan sampo. Memakai hair oil emang agak merepotkan karena lengket dan mungkin beberapa memiliki bau menyengat. Tapi gak ada salahnya nyobain kan? Gunakan sembari memijat kulit kepala.

4. Pakai tonik rambut

5 Tips Merawat Rambut Rontok agar Sehat, Kuat, dan Tebalyoutube.com/Reuzel Hair Tonic

Tonik rambut juga disarankan buat pemilik rambut rontok. Sama dengan hair oil  tonik rambut bisa menutrisi rambut dan kulit kepala. Pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu dan praktis. Ada, kok tonik rambut yang bisa dipakai setiap hari, gak menimbulkan iritasi, dan terbuat dari bahan alami. Bahkan ada juga yang gak perlu digunakan ketika rambut dalam keadaan basah. 

5. Mengeringkan rambut secara alami

5 Tips Merawat Rambut Rontok agar Sehat, Kuat, dan Tebalbyrdie.com

Kalau selama ini pakai hairdryer untuk mengeringkan rambut, sekarang keringkan secara alami atau angin-anginkan saja. Jika pagi kamu buru-buru beraktivitas, cuci rambutmu saat malam hari saja. Biar pas bangun rambut udah kering. Selain itu menggulung handuk pada kepala setelah selesai keramas dipercaya bikin rambut makin rontok. So, cukup tekan perlahan rambutmu, ya.

Jangan terburu-buru putus asa kalau mau melihat hasilnya. Rambut kamu kan juga perlu waktu untuk tumbuh kembali apalagi memanjang. Berikan waktu sejenak untuk rambut agar mahkotamu tumbuh sehat dan tebal. Bye rontok!

Baca Juga: 5 Hal yang Menjadi Penyebab Rambut Rontok, Wajib Tahu!

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya