Comscore Tracker

Sering Mencucinya Bikin Tangan jadi Kering? 5 Bahan Ini Bikin Lembap

Biar gak kering dan kaku

Akibat persebaran virus corona, anjuran untuk mencuci tangan ada di mana-mana. Atas nama kebersihan, mencuci tangan sekaligus kebiasaan baik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Selain anjuran tersebut, penggunaan hand sanitizer juga disarankan.

Kebiasaan baik tersebut punya dampak negatif, terlebih jika sabun tak banyak mengandung moisturizer, yaitu bikin tangan jadi kering. Rasanya sungguh gak nyaman bukan? Biar tanganmu senantiasa lembap, gunakan bahan di bawah ini. Selamat tinggal tangan kering!

1. Hand cream

Sering Mencucinya Bikin Tangan jadi Kering? 5 Bahan Ini Bikin Lembapunsplash/Vanesa conunaese

Tentu saja sesuai namanya, krim ini diperuntukkan buat menjaga kelembapan dan kelembutan tangan. Biasanya dikemas dalam tube kecil, hand cream akan mengusir rasa kering dan kaku pada tangan setelah mencucinya. Hand cream dengan kemasan kecilnya memiliki kandungan yang bertugas menutrisi tanganmu. Selain itu hand cream memiliki beragam aroma yang enak, mulai dari buah hingga bunga.

2. Petroleum jelly

Sering Mencucinya Bikin Tangan jadi Kering? 5 Bahan Ini Bikin Lembapwebmd

Jika kamu gak asing dengan petroleum jelly, bahan yang lengket dan kental namun tidak berbau ini memiliki banyak manfaat. Terlebih untuk kulit, petroleum jelly bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. Umumnya, bahan ini digunakan untuk mempercepat kesembuhan luka, menjaga agar kulit siku tidak kering. Petroleum jelly bisa kamu gunakan untuk mengatasi kekeringan pada telapak tangan setelah mencucinya.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Tangan agar Tepat Sehat walau Keseringan Mencucinya

3. Gliserin

Sering Mencucinya Bikin Tangan jadi Kering? 5 Bahan Ini Bikin Lembaphealthline

Mirip dengan petroleum jelly, gliserin berguna untuk mengunci kelembapan. Gliserin bekerja dengan cara mengikat kadar air dalam kulit sehingga menjaganya agar tetap lembap. Gliserin yang cocok untuk kamu gunakan adalah dalam bentuk yang solid. Biasanya dijual dalam kemasan tube atau kaleng. Gunakan gliserin secukupnya, kalau terlalu banyak akan meninggalkan rasa lengket dan licin yang berlebihan.

4. Hand and body lotion

Sering Mencucinya Bikin Tangan jadi Kering? 5 Bahan Ini Bikin Lembapunsplash/The Honest Company

Benda ini jamak dimiliki. Berfungsi melembapkan kembali kulit tubuh yang kekeringan, membuatnya bisa dipakai untuk telapat tangan juga. Gak perlu repot membelinya karena umum dimiliki. Jika kamu gak punya, bisa tanyakan kepada anggota keluarga lain di rumah. Gunakan hand and body lotion secukupnya pada tangan. Pilih hand and body lotion yang mudah diserap. Yang satu ini layak dipilih karena harganya terjangkau.

5. Body butter

Sering Mencucinya Bikin Tangan jadi Kering? 5 Bahan Ini Bikin Lembapwisegeek

Kalau hand and body lotion dirasa kurang nampol, bisa pilih body butter dengan tekstur yang lebih berat. Dengan menggunakannya sedikit saja membuat tangan keringmu lembap seketika. Kandungan dalam body butter lebih kaya dibandingkan dengan hand and body lotion. Sehingga selain melembapkan lebih lama juga menutrisi kulitmu.

Gak perlu khawatir buat cuci tangan lebih sering ketika dibutuhkan. Karena sudah ada lima bahan di atas yang bisa menjaga tanganmu dari kekeringan. Sudah cuci tangan belum?

Baca Juga: 5 Fakta Ignaz Semmelweis, Dokter Pelopor Cuci Tangan yang Benar

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya