Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Tangan agar Tepat Sehat walau Keseringan Mencucinya

Jangan lupa, setiap habis dari toilet cuci tangan ya!

Di tengah wabah COVID-19 ini, salah satu cara untuk menjaga kesehatan ialah dengan mencuci tangan. Tak jarang orang yang keseringan dalam mencuci tangan. Namun, menurut Dr. Adam Friedman, terlalu sering menggunakan sabun malah dapat merusak proteksi dari kulit itu sendiri.

Sebenarnya banyak cara untuk tetap menjaga tanganmu sehat ketika kamu mencuci tangan secara berlebihan. Berikut 5 tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga tanganmu itu.

1. Cuci tangan dengan air hangat

5 Tips Menjaga Tangan agar Tepat Sehat walau Keseringan Mencucinyapexels.com/PolinaTankilevitch

Dr. Daniela Kroshinsky, seorang ahli dermatologi dari Rumah Sakit Umum Massachusetts, mengungkapkan cucilah tangan dengan sabun dan air selama 20 detik saja. Mencuci tangan dengan air hangat sangat disarankan agar tanganmu tetap bersih dari kuman atau sejenisnya. Dia juga menyampaikan menggunakan air yang terlalu panas juga tidak baik.

2. Gunakanlah sabun pelembap

5 Tips Menjaga Tangan agar Tepat Sehat walau Keseringan Mencucinyafreepik.com/freepik

Lucy Xu, seorang spesialis kulit dari London Premier Laser and Skin Clinics, mengatakan dikarenakan banyak sabun biasa yang dapat membuat kulit kering dan iritasi, menggunakan sabun pelembap sangat disarankan. Hal ini disampaikan di laman Healthline. Dia juga mengatakan menggunakan sabun biasa juga tidak terlalu masalah asalkan tidak terlalu berlebihan ketikan mencuci tangan.

Baca Juga: 5 Fakta Ignaz Semmelweis, Dokter Pelopor Cuci Tangan yang Benar

3. Gunakan balsem kulit

5 Tips Menjaga Tangan agar Tepat Sehat walau Keseringan Mencucinyafreepik.com/macrovector

Jika kamu merasakan kondisi kulitmu yang terlalu kering karena terlalu banyak mencuci tangan, gunakanlah balsem kulit untuk mengatasinya. Biasanya gejala kulit tersebut biasa disebut eczema dan psoriasis. Menurut Lucy Xu, menggunakan balsem kulit seperti Vaseline atau produk sejenis lainnya dapat mengurangi risiko tersebut.

4. Ganti sabun dengan hand sanitizer

5 Tips Menjaga Tangan agar Tepat Sehat walau Keseringan Mencucinyajerseyshorescene.com

Jika kamu sudah mengalami kulit pecah-pecah, gantilah sabun dengan hand sanitizer. Menurut Dr. Kroshinsky, hand sanitizer merupakan opsi yang baik untuk mencuci tangan selain menggunakan sabun. Perlu diingat, jangan menggunakan hand sanitizer sebelum makan dan ketika tangan sedang tampak kotor. Kamu tetap harus membersihakn tangan dengan air dan sabun, ya!

5. Pastikan tanganmu kering setelah mencuci tangan

5 Tips Menjaga Tangan agar Tepat Sehat walau Keseringan Mencucinyafreepik.com/jannoon028

Ketika sudah mencuci tangan, pastikan tanganmu kering ya. Hal ini dikarenakan kuman sangat mudah hidup di tangan yang basah.

Nah, itu dia 5 tips untuk menjaga tangan kamu agar tetap sehat walaupun keseringan mencuci tangan. Jangan lupa dilakukan di rumah, ya tips-tips tersebut. Gak sekadar bersih, cuci tangan juga bisa mencegah kita dari virus corona. Yuk, jangan malas bersih-bersih lagi!

Baca Juga: Cuci Tangan dengan Hand Sanitizer atau Air dan Sabun? Ini Faktanya!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya