Comscore Tracker

5 Cara Memakai Skincare Berbahan Dasar Asam Aktif Seperti AHA dan BHA

Tahu AHA dan BHA, kan?

Asam aktif merupakan salah satu bahan dasar yang sering ditemukan dalam skincare. Kandungan ini umumnya terdapat dalam bentuk Alpha-hydroxy Acids (AHA) dan asam salisilat atau yang lebih populer dikenal dengan BHA. Skincare dengan bahan ini biasanya dikhususkan untuk eksfoliasi atau produk yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati.

Sayangnya, masih banyak orang yang kurang paham bagaimana cara yang benar dalam menggunakan produk skincare berbahan dasar asam aktif (AHA dan BHA). Untuk itu, yuk simak informasinya di bawah ini!

1. Gunakan sunscreen terlebih dahulu ketika ingin menggunakan produk berbahan dasar asam aktif

5 Cara Memakai Skincare Berbahan Dasar Asam Aktif Seperti AHA dan BHApexels/MoosePhotos

Penggunaan sunscreen ternyata tak hanya dapat meringankan masalah kulit akibat paparan sinar matahari saja. Sunscreen juga bisa digunakan sebelum skincare berbahan dasar AHA dan BHA.

Fungsinya adalah mengurangi konsentrasi asam yang terlalu tinggi pada kulit wajah. Dengan begitu, kamu bisa menghindari munculnya inflamasi atau peradangan pada kulit.

2. Gunakan produk yang mengandung BHA terlebih dahulu sebelum menggunakan produk dengan AHA

5 Cara Memakai Skincare Berbahan Dasar Asam Aktif Seperti AHA dan BHAinstagram.com/somebymi.official_id

Meski kombinasi penggunaan skincare AHA dan BHA terbilang lebih efektif, jangan sampai kamu menggunakan dua jenis skincare ini dengan cara yang salah. Penggunaan yang salah menyebabkan kulit iritasi dan memunculkan kemerahan pada wajah.

Cara yang benar untuk kombinasi produk berbahan dasar dua asam aktif ini adalah menggunakan produk yang mengandung BHA terlebih dahulu. Setelah itu, baru gunakan produk yang mengandung AHA.

3. Hindari kombinasi penggunaan produk asam aktif (AHA dan BHA) dengan vitamin C

5 Cara Memakai Skincare Berbahan Dasar Asam Aktif Seperti AHA dan BHApexels/Andrea Piacquadio

Meski sudah dianggap aman untuk pemakaian kulit wajah, AHA dan BHA merupakan dua kandungan asam aktif yang sangat tinggi. Oleh karena itu, kamu patut menghindari kombinasi antara kedua kandungan ini dengan produk yang mengandung vitamin C.

Hal tersebut bisa meningkatkan keasaman kulit. pH kulit pun menjadi tidak seimbang dan bisa menimbulkan inflamasi.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 8 Bahan Skincare yang Bisa Bikin Kulit Wajah Glowing

4. Hindari pemakaian BHA dengan retinol secara bersamaan

5 Cara Memakai Skincare Berbahan Dasar Asam Aktif Seperti AHA dan BHAPexels/Andrea Piacquadio

Skincare dengan BHA pada dasarnya akan bekerja efektif jika konsentrasi asamnya sekitar 1-2 persen. Jika pemakaian produk yang mengandung BHA dikombinasikan dengan retinol secara bersamaan, dampaknya kadar asam akan berlebihan. Akibatnya, kulit bisa saja rusak dan muncul jerawat.

5. Hindari penggunaan BHA dengan produk yang mengandung benzoil peroksida

5 Cara Memakai Skincare Berbahan Dasar Asam Aktif Seperti AHA dan BHAunsplash/@christinhumephoto

Meskipun produk dengan kandungan benzoil peroksida kerap dijadikan salah satu perawatan wajah untuk menghilangkan jerawat, akan tetapi jika produk ini dikombinasikan dengan AHA dan BHA bisa saja berbahaya bagi kulit, lho!

Sebab, hal ini justru bisa meningkatkan risiko munculnya inflamasi apalagi pada kulit yang sensitif. Jadi, alih-alih menghilangkan jerawat, menggunakan kombinasi produk ini justru bisa mendatangkan masalah kulit yang lebih berbahaya.

Itu dia beberapa cara memakai skincare berbahan dasar asam aktif (AHA dan BHA) yang benar. Nah, karena sekarang sudah tahu, jadi jangan sampai melakukan kesalahan serupa, ya!

Baca Juga: 8 Rekomendasi Skincare Set untuk Remaja, dari Face Wash hingga Bedak

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya