Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Jerawat di Zona T, Cuci Muka Aja Gak Cukup!

Harus konsisten

Zona T merupakan area pada wajah yang mencakup dahi, hidung, dan dagu. Ketika ditarik garis lurus, ketiganya akan terlihat seperti huruf T. Nah, area ini biasanya sangat rawan terkena masalah kulit, seperti jerawat, terutama bagi pemilik kulit kombinasi.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh paparan zat berbahaya pada kulit serta stres. Namun tenang saja, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini. Yuk, simak!

1. Menggunakan obat jerawat dan produk anti jerawat

5 Cara Mengatasi Jerawat di Zona T, Cuci Muka Aja Gak Cukup!pexels.com/AndreaPiacquadio

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat di zona T adalah menggunakan obat anti jerawat yang diresepkan dokter. Biasanya, obat tersebut berfungsi untuk menenangkan kulit, mengurangi bakteri, dan menghilangkan jerawat khususnya yang sedang aktif atau meradang.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan anti jerawat yang mengandung bahan tertentu. Bahan itu adalah centella asiatica, azelaic acid, tea tree oil, hingga niacinamide

2. Memakai produk dengan kandungan salicylic acid dan benzoyl peroxide

5 Cara Mengatasi Jerawat di Zona T, Cuci Muka Aja Gak Cukup!instagram.com/theinkeylist

Salicylic acid dan benzoyl peroxide merupakan kandungan yang bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat, menghilangkan komedo, dan mencegahnya datang lagi. Kedua kandungan ini disarankan untuk kulit kombinasi yang cenderung berminyak dan mudah berjerawat.

3. Melakukan eksfoliasi kulit

5 Cara Mengatasi Jerawat di Zona T, Cuci Muka Aja Gak Cukup!pexels.com/cottonbro

Eksfoliasi merupakan salah satu rutinitas penting yang wajib kamu lakukan jika ingin terhindar dari jerawat. Ini karena eksfoliasi bertujuan untuk membersihkan sel kulit mati di setiap bagian wajah, termasuk di area zona T.

Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan produk eksfoliasi yang mengandung AHA/BHA 1-2 kali dalam seminggu saja. Selain itu, jika terdapat jerawat yang sedang meradang, sebaiknya hindari perawatan ini dan fokus mengobati jerawat tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Jitu yang Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Kehitaman

4. Membersihkan wajah dua kali sehari

5 Cara Mengatasi Jerawat di Zona T, Cuci Muka Aja Gak Cukup!Freepik.com/jcomp

Selain eksfoliasi, untuk menjaga kebersihan wajah, kamu bisa gunakan pembersih wajah berjenis gel yang bebas alkohol dan parfum. Kemudian, fokuskan pada zona T dengan memberikan sedikit pijatan perlahan untuk membersihkan pori-pori pada area tersebut.

Jika ingin mendapatkan kulit yang lebih bersih dan sehat, kamu bisa melakukan double cleansing menggunakan toner yang bebas alkhohol. Lalu, aplikasikan moisturizer serta sunscreen.

5. Menggunakan masker wajah yang mengandung charcoal atau clay

5 Cara Mengatasi Jerawat di Zona T, Cuci Muka Aja Gak Cukup!Unsplash.com/Isabell Winter

Kamu juga bisa menggunakan masker wajah yang mengandung charcoal dan clay untuk mengatasi jerawat, lho! Hal ini karena kandungan clay dan charcoal memiliki fungsi untuk mengurangi kadar minyak dan mampu mengatasi bakteri penyebab munculnya jerawat.

Nah, itu dia beberapa cara ampuh dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat yang berada di zona T. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Fakta Acne Shaming, Sebabkan Gangguan Mental Akibat Masalah Jerawat

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya