Comscore Tracker

6 Kandungan Anti Acne Serum yang Ampuh Atasi Jerawat dan Cara Kerjanya

Pilih sesuai fungsinya!

Serum anti acne merupakan serum yang bermanfaat untuk mencegah peradangan ketika jerawat akan tumbuh, meredakan kemerahan, hingga memudarkan jerawat yang sudah membekas. Dalam penggunaannya, kamu harus memperhatikan beberapa kandungan di dalamnya agar sesuai dengan kondisi jerawatmu.

Lantas, apa saja sih kandungan yang biasanya terdapat pada anti acne serum? Berikut ini beberapa di antaranya yang patut kamu ketahui beserta cara kerjanya.

1. Niacinamide

6 Kandungan Anti Acne Serum yang Ampuh Atasi Jerawat dan Cara Kerjanyaunsplash.com/Okan Younesi

Niacinamide merupakan salah satu bahan yang paling sering dipakai sebagai kandungan utama dalam anti acne serum. Hal ini karena niacinamide memiliki kemampuan untuk membantu memperkuat pertahanan lapisan kulit yang paling luar.

Selain itu, kandungan niacinamide juga dapat mengontrol produksi minyak berlebih, mencegah penyumbatan pori wajah, dan meredakan kemerahan pada jerawat yang sebelumnya meradang.

2. Salicylic acid

6 Kandungan Anti Acne Serum yang Ampuh Atasi Jerawat dan Cara Kerjanyaunsplash.com/Phaedra Botanicals

Kandungan yang satu ini bekerja dengan membersihkan sumbatan minyak dan mempermudah proses pengelupasan sel-sel kulit mati pada pori wajah. Dengan begitu, ketika menggunakannya, kamu akan terbebas dari jerawat sekaligus komedo.

Salicylic acid juga memiliki kandungan anti-inflamasi. Karenanya, ia dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat muncul.

3. Glycolic acid

6 Kandungan Anti Acne Serum yang Ampuh Atasi Jerawat dan Cara KerjanyaContent Pixie on Unsplash" target="_blank">Unsplash.com/@contentpixie

Glycolic acid merupakan kandungan anti acne serum yang memiliki kemampuan untuk membersihkan sel kulit mati hingga pori terdalam. Ini karena glycolic acid berukuran seperti molekul yang sangat kecil sehingga bisa masuk ke lapisan kulit.

Kandungan glycolic acid pada anti acne serum, dipercaya lebih efektif dalam mengatasi jerawat yang sudah membekas karena dapat mempercepat pergantian sel kulit mati, memperbaiki tekstur kulit, dan mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Brightening Serum Berdasarkan Kandungan dan Fungsinya

4. Retinol

6 Kandungan Anti Acne Serum yang Ampuh Atasi Jerawat dan Cara Kerjanyasomethinc.com

Retinol merupakan kandungan yang berasal dari turunan vitamin A dan sangat umum digunakan dalam beberapa produk perawatan kulit. Kandungan ini bekerja dengan menghilangkan bakteri dan zat lain yang menyumbat pori-pori kulit.

Dengan begitu, minyak pada wajah pun dapat terkontrol dengan baik. Peradangan pada kulit pun dapat dicegah.

5. Green tea

6 Kandungan Anti Acne Serum yang Ampuh Atasi Jerawat dan Cara Kerjanyainstagram/innisfreeindonesia

Kandungan green tea dalam anti acne serum diyakini dapat mengatasi jerawat dengan mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori dan mengatasi minyak berlebih. Green tea memiliki sifat sebagai astrigent yang mengurangi kelebihan produksi sebum pada kulit.

Ada pula polifenol yang bekerja dengan melawan infeksi dan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Tertarik mencoba anti acne serum yang memiliki kandungan ini?

6. Zinc

6 Kandungan Anti Acne Serum yang Ampuh Atasi Jerawat dan Cara Kerjanyaunsplash.com/@priscilladupreez

Zinc merupakan kandungan yang dipercaya efektif dalam mengatasi jerawat. Hal ini terlihat dari fungsi kandungannya yang dapat mengontrol produksi minyak pada wajah serta mampu menyembuhkan jerawat dengan lebih cepat.

Tidak hanya itu, zinc juga diperlukan dalam pembentukan membran sel yang dapat mengatasi luka akibat jerawat. Ada pula sifat anti peradangan dan sun protection dalam kandungan ini.

Itu dia beberapa kandungan anti acne serum yang efektif atasi jerawat beserta cara kerjanya. Semoga dengan informasi di atas, kamu bisa memilih kandungan yang tepat untuk masalah kulitmu berdasarkan fungsi dan cara kerjanya tersebut, ya.

Baca Juga: 5 Kandungan Eksfoliasi yang Tepat Sesuai dengan Jenis Kulit Wajah

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya