Comscore Tracker

7 Tips Memilih Face Wash untuk Kulit Berjerawat, Hindari Tekstur Scrub

#IDNTimesLife Yuk, lebih diperhatikan lagi!

Tidak semua orang mengetahui bagaimana cara memilih face wash yang tepat untuk kulit berjerawat. Sebab, pemilihan tekstur serta kandungan di dalam face wash dapat sangat berpengaruh pada kulit berjerawat sehingga menimbulkan reaksi negatif yang dapat membuat kondisi kulit jadi lebih parah.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa coba melakukan beberapa tips yang ada di bawah ini guna memudahkan kamu dalam memilih face wash yang tepat bagi kulit berjerawat. Yuk, simak! 

1. Ketahui jenis kulit yang dimiliki

7 Tips Memilih Face Wash untuk Kulit Berjerawat, Hindari Tekstur ScrubIDN Times/Rizka Yulita

Jerawat tidak hanya bisa muncul pada kulit berminyak saja. Namun, kulit kering, kombinasi, hingga kulit normal pun bisa saja memiliki jerawat yang sangat mengganggu.

Hal ini karena selain disebabkan oleh sebum dan minyak yang berlebihan, jerawat juga bisa muncul akibat lingkungan, gaya hidup, hingga cara merawat kulit yang buruk. Untuk itu, kenali terlebih dahulu jenis kulit yang kamu miliki sebelum menentukan kandungan dan tekstur yang baik digunakan pada kulitmu.

2. Pilih face wash yang memiliki tekstur lembut di kulit

7 Tips Memilih Face Wash untuk Kulit Berjerawat, Hindari Tekstur ScrubIlustrasi Sabun Cuci Muka (Facial Wash) (IDN Times/Sukma Shakti)

Kondisi kulit yang berjerawat biasanya memiliki tingkat sensitivitas yang sangat tinggi sehingga kamu juga harus memerhatikan tekstur face wash yang ingin digunakan. Oleh karenanya, untuk kulit berjerawat disarankan agar menggunakan produk yang memiliki tekstur lembut dan ringan, serta tidak mengandung scrub untuk menghindari terjadinya iritasi akibat gesekan kasar scrub pada kulit.

Selain itu, tekstur pada face wash pun harus disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki. Misalnya, untuk kulit berminyak dan kombinasi kamu bisa pakai face wash berjenis foam atau krim dan untuk kulit kering kamu bisa menggunakan face wash berjenis gel atau krim.

3. Hindari face wash yang mengandung terlalu banyak busa

7 Tips Memilih Face Wash untuk Kulit Berjerawat, Hindari Tekstur ScrubIDN Times/Rizka Yulita

Selain memiliki tekstur yang lembut, face wash yang cocok untuk kulit berjerawat juga sebaiknya tidak mengandung terlalu banyak busa. Sebab, busa yang berlimpah pada produk face wash biasanya diakibatkan adanya kandungan surfaktan di dalamnya.

Surfaktan sendiri merupakan zat kimia yang bisa mengikat lemak, minyak, hingga air. Oleh karena itu, jika kandungan surfaktan terlalu tinggi kulit bisa menjadi sangat kering karena terlalu kuat menguras habis minyak dan air pada kulit.

4. Face wash yang tepat harus memiliki kadar pH rendah

7 Tips Memilih Face Wash untuk Kulit Berjerawat, Hindari Tekstur ScrubIDN Times/Rizka Yulita

Angka pH yang terlalu tinggi di dalam produk cleanser ternyata tidak baik juga baik kesehatan kulit. Pasalnya, hal tersebut bisa mengubah keseimbangan pH kulit sehingga memicu kulit menjadi kering, berjerawat, bahkan menimbulkan masalah kulit lain.

Dengan demikian, sebaiknya gunakanlah face wash dengan pH rendah sekitar 4,5 sampai 6,0 agar tidak mengganggu keseimbangan pH alami pada kulit.

Baca Juga: 5 Tahapan Morning Skincare Routine untuk Perawatan Bekas Jerawat

5. Memiliki kandungan dengan sifat anti inflamasi

7 Tips Memilih Face Wash untuk Kulit Berjerawat, Hindari Tekstur Scrubunsplash.com/Tadeusz Lakota

Face wash yang baik bagi pemilik kulit berjerawat juga harus memiliki kandungan yang bersifat anti inflamasi, seperti salicylic acid, glycolic acid, tea tree, dan benzoyl peroxide. Beberapa kandungan tersebut tentu sangat baik digunakan untuk kulit berjerawat karena dapat membantu membersihkan pori-pori serta mengontrol minyak berlebih di wajah penyebab jerawat.

Selain itu, penggunaan kandungan di atas juga bisa membantu meredakan kondisi jerawat yang sedang meradang sehingga tidak semakin parah.

6. Terdapat kandungan tambahan, seperti antioksidan dan pelembap

7 Tips Memilih Face Wash untuk Kulit Berjerawat, Hindari Tekstur Scrubunsplash.com/@lumin

Tidak hanya harus mengandung bahan anti inflamasi, face wash yang baik bagi kulit berjerawat juga harus memiliki kandungan antioksidan serta bahan pelembap lain. Ini karena kandungan antioksidan dapat mencegah oksidasi pada kulit dan mengatasi radikal bebas sehingga penggunaan face wash tidak akan merusak sel-sel kulit yang sehat. 

Selain itu, penambahan kandungan pelembap berfungsi untuk membantu kulit dalam menjaga kelembapan yang hilang akibat kegiatan membersihkan wajah dengan face wash. Kamu bisa pilih face wash yang mengandung vitamin C atau E dan glycerin maupun hyaluronic acid.

7. Tidak mengandung bahan yang bersifat iritatif

7 Tips Memilih Face Wash untuk Kulit Berjerawat, Hindari Tekstur ScrubIDN Times/Rizka Yulita

Terakhir, hal yang harus kamu perhatikan adalah face wash tidak boleh mengandung bahan yang bersifat iritatif. Hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah jerawat menjadi semakin iritasi akibat meningkatnya sensitivitas kulit. 

Oleh karena itu, kamu bisa menghindari bahan iritatif, seperti alkohol dan fragrance dengan dosis yang tinggi.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang ketika memilih face wash untuk kulit berjerawat. Ingat, produk yang tepat akan memberikan manfaat perawatan yang maksimal. Selamat mencoba!

Baca Juga: Tips Layering Skincare yang Bikin Kulit Wajah Sehat dan Bebas Jerawat

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya