Comscore Tracker

5 Tips Memilih Makeup yang Aman Bagi Kulit Sensitif, Bebas Pengawet!

Memilih makeup itu kayak milih makanan

Kulit sensitif merupakan kulit yang mudah menimbulkan reaksi jika terkena faktor tertentu, seperti produk perawatan yang mengandung bahan kimia, lingkungan yang buruk, dan cuaca panas atau terik matahari. Umumnya, kulit sensitif ditandai dengan munculnya kemerahan, gatal, kulit mengelupas, sensasi terbakar, dan permasalahan kulit lainnya.

Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian yang ekstra dalam merawat kulit sensitif. Misalnya, dalam memilih makeup. Agar tidak terjadi iritasi pada kulit, berikut ini beberapa tips untuk memilih produk kecantikan atau makeup yang cocok untuk kulit sensitif.

1. Hindari makeup yang mengandung pengawet

5 Tips Memilih Makeup yang Aman Bagi Kulit Sensitif, Bebas Pengawet!pixabay.com/kaboompics

Beberapa produk makeup sering kali menambahkan pengawet untuk mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri dan jamur. Salah satu zat pengawet yang sering digunakan adalah paraben.

Sayangnya, bagi kulit sensitif, sebaiknya hindari produk yang mengandung zat ini. Paraben termasuk sebagai salah satu kandungan zat yang berbahaya bagi kulit karena dapat menimbulkan iritasi.

Oleh karena itu, selalu cek label kosmetik yang ingin kamu beli. Pastikan jika produk tersebut tidak mengandung zat paraben, seperti metil, etil, propil, isopropil, butil, dan isobutilparaben.

2. Hindari makeup yang bersifat waterproof atau tahan air

5 Tips Memilih Makeup yang Aman Bagi Kulit Sensitif, Bebas Pengawet!pexels.com/cottonbro

Meski makeup yang bersifat waterproof atau tahan air lebih tahan lama jika dikenakan, produk jenis ini ternyata tak cocok untuk kulit sensitif. Produk yang tahan air membutuhkan pembersih makeup ekstra yang justru dapat merusak kulit.

Pembersih makeup (makeup remover) merupakan salah satu produk yang berpotensi menimbulkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit sensitif. Bila kamu sangat memerlukannya, cobalah untuk menggunakan yang berbentuk krim.

Makeup remover berbentuk krim dapat mencegah kulit kering usai makeup dibersihkan. Namun, untuk mengurangi risiko, ada baiknya jika kamu memilih makeup yang tidak tahan air saja.

3. Pilih makeup dengan kandungan fragrance-free

5 Tips Memilih Makeup yang Aman Bagi Kulit Sensitif, Bebas Pengawet!pexels.com/@zhugewala-605070

Fragrance atau pewangi adalah bahan kimia yang kerap terkandung dalam berbagai macam produk kecantikan, termasuk makeup. Sayangnya, beberapa zat yang digunakan sebagai pewangi, berpotensi dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang.

Apalagi jika kamu memiliki kulit sensitif. Maka dari itu, ada baiknya untuk menghindari produk yang mengandung pewangi. Pilihlah produk makeup yang memiliki label fragrance-free.

Baca Juga: Lakukan 5 Tips Makeup ini untuk Membuat Alis Tetap Terlihat Natural

4. Pilih produk dengan kandungan pelembap

5 Tips Memilih Makeup yang Aman Bagi Kulit Sensitif, Bebas Pengawet!unsplash.com/Kevin Laminto

Kulit sensitif biasa dialami oleh pemilik kulit sangat kering dan rentan mengalami iritasi. Dalam hal ini, ada baiknya kamu memilih makeup yang memiliki kandungan pelembap. Kandungan pelembap yang bisa digunakan adalah asam hialuronat (hyalurionic acid).

Nah, saat ini sudah banyak kok produk makeup, seperti foundation atau BB cream yang memiliki kandungan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa memilih produk dengan pelembap dari bahan yang alami, misalnya shea butter atau chamomile.

Selain mengurangi risiko iritasi pada wajah, kandungan pelembap dalam produk makeup juga bisa membantu meningkatkan penampilan kulit yang kering atau rusak. Kulit pun dapat terlihat lebih kenyal.

5. Uji produk makeup terlebih dahulu

5 Tips Memilih Makeup yang Aman Bagi Kulit Sensitif, Bebas Pengawet!unsplash.com/Anastasiia Ostapovych

Selain mengecek label dan kandungan yang dimiliki dalam suatu produk, kamu juga wajib untuk mencoba apakah produk tersebut cocok untuk jenis kulit kamu atau tidak. Ini karena satu merek makeup yang cocok pada kulit seseorang, belum tentu cocok di kulitmu. 

Untuk itu, sebelum membelinya, ujilah terlebih dahulu produk makeup tersebut di bagian kulit lain, seperti tangan atau leher. Bila tidak menimbulkan reaksi alergi, itu tandanya tidak ada masalah bagimu untuk menggunakan produk makeup yang dicoba.

Jadi, perlu diingat untuk selalu memeriksa kandungan dan mengujinya terlebih dahulu! Sebab, kandungan tertentu bisa sangat berbahaya bagi kulit sensitif.

Itu dia beberapa tips memilih makeup yang aman dan cocok bagi kulit sensitif. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Alat Makeup yang Diperlukan untuk Tampilan Wajah "Makeup No Makeup"

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya