Comscore Tracker

5 Tips Memilih Moisturizer yang Sesuai Jenis Kulit, Lembap Sempurna!

Kulit berminyak juga perlu pelembap

Memilih moisturizer berdasarkan jenis dan masalah kulit, sama pentingnya dengan memilah produk perawatan yang lain. Penggunaan moisturizer yang tepat, membuat kebutuhan kulit terpenuhi berkat kandungan dan manfaat di dalamnya.

Lantas, apakah kamu masih bingung memilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulitmu? Jika iya, langsung saja simak beberapa tips yang ada di bawah ini!

1. Kulit kering

5 Tips Memilih Moisturizer yang Sesuai Jenis Kulit, Lembap Sempurna!pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Pemilik kulit kering wajib menggunakan moisturizer untuk mencegah kulit terlalu kering dan menyebabkan iritasi. Disarankan bagi pemilik kulit kering untuk menggunakan moisturizer dengan tekstur cream dan memiliki kandungan hyaluronic acid, ceramide, dan glycerin

Hyaluronic acid berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit serta membuatnya lebih lembut. Ceramide membantu melembapkan kulit dan memperkuat perlindungan terhadap radikal bebas.

Selain itu, kandungan glycerin juga cocok untuk kulit kering karena memiliki kemampuan untuk menyerap air ke dalam lapisan kulit terdalam. Kandungan ini juga dapat menahan air sehingga mengurangi risiko kulit menjadi terlalu kering.

2. Kulit berminyak

5 Tips Memilih Moisturizer yang Sesuai Jenis Kulit, Lembap Sempurna!unsplash.com/JoelValve

Bagi pemilik kulit berminyak, ada baiknya jika kamu menggunakan produk moisturizer dengan tekstur gel. Hal ini dikarenakan tekstur gel sangat mudah meresap ke dalam kulit dan tidak menimbulkan efek lengket pada jenis kulit berminyak.

Selain itu, pilihlah moisturizer yang mengandung hyaluronic acid dan tea tree oil. Sebab, kedua kandungan tersebut tidak hanya dapat melembapkan kulit, tetapi juga menghilangkan minyak berlebih yang ada pada kulit wajah.

3. Kulit berjerawat

5 Tips Memilih Moisturizer yang Sesuai Jenis Kulit, Lembap Sempurna!pexels.com/@olly

Sama halnya dengan kulit berminyak, kulit berjerawat pun disarankan untuk memakai moisturizer yang bertekstur gel. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko munculnya iritasi dan peradangan pada kulit berjerawat akibat kulit yang terlalu lembap.

Pilih moisturizer yang mengandung witch hazel karena mampu meredakan peradangan dan mengurangi iritasi pada jerawat. Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan moisturizer yang mengandung aloe vera.

Kandungan aloe vera memiliki kemampuan untuk meredakan dan menenangkan kulit berjerawat. Karena itu, kulit kemerahan akibat inflamasi juga dapat dikurangi.

Baca Juga: 5 Produk Moisturizer yang Cocok untuk Remaja, Kulit Bebas Masalah

4. Kulit sensitif

5 Tips Memilih Moisturizer yang Sesuai Jenis Kulit, Lembap Sempurna!unsplash.com/HumphreyMuleba

Kulit sensitif merupakan jenis kulit yang membutuhkan perawatan ekstra karena peka terhadap paparan sinar matahari, radikal bebas, dan bahkan zat dalam produk perawatan kulit. Karenanya, disarankan untuk memilih moisturizer yang bertekstur krim.

Tekstur krim diketahui lebih mudah menyerap ke lapisan kulit dan dapat membuat kulit sensitif lebih lembut serta lembap. Pilih moisturizer yang mengandung ceramide dan hyaluronic acid untuk mengurangi iritasi dan kerusakan lapisan epidermis kulit akibat terlalu kering dan paparan sinar matahari.

5. Kulit kombinasi

5 Tips Memilih Moisturizer yang Sesuai Jenis Kulit, Lembap Sempurna!pexels.com/Andrea Piacquadio

Terakhir, ada kulit kombinasi atau gabungan antara kulit kering dan berminyak. Cobalah gunakan moisturizer dengan tekstur lotion atau gel untuk mendapatkan kelembapan yang baik bagi kulit kering, sekaligus mudah menyerap saat kulit sedang berminyak.

Kandungan dalam moisturizer yang tepat bagi pemilik kulit kombinasi adalah niacinamide dan Aloe vera. Niacinamide merupakan kandungan yang berfungsi untuk mengontrol produksi sebum pada wajah, terutama di area T-zone.

Sedangkan Aloe vera diyakini memiliki dua kemampuan sekaligus. Ia mampu melembapkan sekaligus menjaga kadar minyak pada kulit agar tetap stabil.

Kesesuaian antara produk perawatan dengan jenis kulit, sangat penting agar manfaat dari kandungan dalam produk dapat bekerja lebih maksimal. Jadi, pilihlah produk moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit kamu, ya!

Baca Juga: Girls, Ini Lho 7 Waktu Terbaik Mengaplikasikan Moisturizer pada Wajah

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya