Comscore Tracker

Ups, Ternyata 8 Kebiasaan Ini Alasan di Balik Kulit Wajah Jadi Kusam!

Pantas saja kulit terlihat kusam, ini lho penyebabnya...

Punya kulit wajah yang terlihat kusam pasti bikin kamu jengkel sendiri saat melihatnya. Sudah coba produk skincare manapun, tapi kok rasanya warna kulit tetap kusam ya? Wah kalau sudah begini, perlu ditelusuri alasan kenapa kulit wajah tak kunjung cerah. Mengingat perubahan warna kulit wajah tidak terjadi dengan sendirinya, hal ini bisa saja disebabkan oleh kebiasaan kamu sehari-hari.

Saat kamu bercermin dan merasa kulit lama-kelamaan tampak makin kusam, coba deh selalu ingatkan diri untuk berhenti dari 8 kebiasaan ini. Bikin warna kulit jadi kusam, tentunya kebiasaan berikut ini mesti kamu benahi sekarang juga. 

1. Jarang mencoba makanan sehat, kamu lebih sering konsumsi junk food

Ups, Ternyata 8 Kebiasaan Ini Alasan di Balik Kulit Wajah Jadi Kusam!Pexels/Bruce Mars

Siapa sih, yang tahan dengan godaan junk food? Rasanya yang menggoda sering bikin orang tak kapok mencoba. Tapi dibalik rasa enak itu, warna kulit bisa jadi taruhannya. Terlalu sering konsumsi junk food hingga kamu mengabaikan makan sehat bisa membuat warna kulit jadi kusam. Kalau mau punya kulit cerah, kamu mesti relakan junk food dan perbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. 

2. Terlalu lama hot shower atau mandi dengan air yang suhunya cukup panas

Ups, Ternyata 8 Kebiasaan Ini Alasan di Balik Kulit Wajah Jadi Kusam!medicaldaily.com

Hot shower atau mandi dengan air bersuhu cukup panas memberi relaksasi pada dirimu. Tapi pada saat yang sama, hot shower terlalu lama akan beri dampak kulit terlihat kusam. Alasannya adalah karena epidermis, lapisan terluar kulit akan alami kekeringan akibat hilangnya minyak alami pada kulit ketika kamu kerap melakukan hot shower terlalu lama. Kamu bisa akali masalah ini dengan mengatur suhu air agar tidak terlalu panas dan jangan terlalu lama ketika mandi. 

3. Kamu punya kebiasaan sering merokok

Ups, Ternyata 8 Kebiasaan Ini Alasan di Balik Kulit Wajah Jadi Kusam!Pexels/Ivandrei Pretorius

Tak hanya buruk untuk organ paru-paru dan jantung, merokok turut memberi dampak yang buruk untuk kulit. Ketika kamu sering merokok, kulit akan mengalami penuaan dini hingga muncul kerutan-kerutan. Selain itu, warna kulit juga tampak menggelap alias jauh dari kata cerah. Nah untuk menjaga kulit dan tubuh dari bahaya yang ditawarkan rokok, sebaiknya kamu tinggalkan kebiasaan ini pelan-pelan. 

Baca Juga: Skincare 101: Mengenal Cystic Acne, Tipe Jerawat yang Paling Parah

4. Bukannya tidur tepat waktu, kamu justru gemar begadang

Ups, Ternyata 8 Kebiasaan Ini Alasan di Balik Kulit Wajah Jadi Kusam!Pexels/JESHOOTS.com

Kadang bukan kamu tak ingin tidur cepat, tapi susah tidur itulah yang bikin kamu sanggup melek berjam-jam sampai akhirnya berkuranglah jam tidur. Ingat guys, durasi tidur yang baik itu antara 7-8 jam untuk orang dewasa. Kurangnya tidur karena kegiatan begadang akan memberi efek kusam pada kulit. Ada banyak cara untuk berhenti begadang yang mungkin belum kamu tahu. Tak ada salahnya untuk dicoba, lho. 

5. Kerap tidur dalam keadaan makeup masih menempel di wajah

Ups, Ternyata 8 Kebiasaan Ini Alasan di Balik Kulit Wajah Jadi Kusam!Pexels/Bruce Mars

Kamu sering tidak bersihkan riasan terlebih dulu sebelum terlelap sepanjang malam? Memang sih, bisa-bisa saja kalau kamu bersihkan besok paginya. Tapi itu juga berarti kamu harus merelakan kondisi kulit wajahmu. Tidur dalam keadaan makeup masih menempel di wajah akan menyumbat pori-pori serta bikin wajah terlihat kusam. Nah loh, kalau kamu enggan terima resiko tersebut, biasakanlah untuk bersihkan makeup dulu sebelum tidur. 

6. Tidak sadar akan pentingnya eksfoliasi kulit wajah

Ups, Ternyata 8 Kebiasaan Ini Alasan di Balik Kulit Wajah Jadi Kusam!mirror.co.uk

Mungkin salah satu alasan kenapa kulit wajahmu tampak kusam adalah minimnya pengetahuan kamu tentang betapa penting eksfoliasi. Saat kamu eksfoliasi, sel kulit mati dan semua kotoran yang mengendap di wajah akan terangkat bersih. Inilah yang bakal beri efek wajah glowing nan sehat. Mau dapat kulit wajah yang jauh lebih baik? Yuk, mulai rajin merawat wajah dengan eksfoliasi!

7. Eksfoliasi dengan frekuensi terlalu sering

Ups, Ternyata 8 Kebiasaan Ini Alasan di Balik Kulit Wajah Jadi Kusam!verywellhealth.com

Membersihkan wajah dengan metode eksfoliasi memang harus banget dilakukan. Tapi lain cerita kalau kamu melakukannya terlalu sering. Eksfoliasi berlebihan atau over exfoliation bisa sebabkan keringnya kulit wajah serta menggelapnya warna kulit. Supaya lebih aman, hindari eksfoliasi lebih dari satu kali dalam seminggu. Atau gunakan saja sesuai aturan pakai produk yang kamu miliki, guys

8. Malas membersihkan brush makeup yang kamu punya

Ups, Ternyata 8 Kebiasaan Ini Alasan di Balik Kulit Wajah Jadi Kusam!Pexels/Bryan Schneider

Kadang penggunaan makeup berbanding terbalik dengan frekuensi mencuci alat makeup seperti misalnya kuas. Mungkin beberapa dari kamu ada yang sering banget pakai makeup, tapi malas ketika harus membersihkan. Padahal semestinya kuas dicuci usai kamu aplikasi makeup. Semakin sering kamu menggunakan makeup, harus semakin sering pula kuas makeup dicuci agar tak memberi warna kusam atau bahaya lain pada kulit wajah. 

Itulah tadi berbagai kebiasaan yang ternyata jadi biang kusamnya kulit wajah. Adakah yang sering kamu lakukan sampai saat ini? Kalau iya, rasanya kamu mesti tinggalkan kebiasaan tersebut supaya wajah tak terlihat kusam lagi. 

Baca Juga: Skincare 101: Apa Itu Sebum dan Kenapa Kulit Kita Membutuhkannya?

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya