Comscore Tracker

Jangan Asal Dipencet, 6 Jenis Jerawat Ini Punya Perawatan Berbeda

Ketahui dulu jenis jerawatmu untuk penanganan yang tepat

Tumbuhnya jerawat di wajah seakan menjadi momok yang harus lekas diusir. Bahkan, berbagai macam produk perawatanpun langsung diborong tanpa awas dengan kandungan kimiawinya. Padahal, jerawat ternyata terdiri dari beberapa jenis yang berbeda dalam perawatannya, lho. Yuk, simak ulasan yang dilansir dari laman Reader's Diggest dan Healthline berikut ini!

1. Whiteheads

Jangan Asal Dipencet, 6 Jenis Jerawat Ini Punya Perawatan Berbedaproactiv.com

Walaupun bisa muncul bergerombol dengan ukuran kecil di daerah wajah mana saja, namun Whiteheads umumnya hadir di zona-T, pipi, dan dagu. Jerawat ini memiliki kepala berwarna putih yang berisi nanah, sebagai cirinya.

Nah, untuk mengatasi jerawat dengan jenis tersebut, kamu dapat menggunakan obat anti jerawat yang mengandung retinol atau benzoyl peroxide.

2. Blackheads

Jangan Asal Dipencet, 6 Jenis Jerawat Ini Punya Perawatan Berbedahealthline.com

Pemicu Blackheads adalah komedo yang tersumbat di pori-pori akibat penumpukan sebum dan sel kulit mati, yang dibiarkan terbuka dan terkena udara, sehingga membuatnya berwarna gelap.

Jerawat tipe ini biasanya ditemukan di zona-T, yang memang cenderung memproduksi minyak lebih. Nah, selain krim retinoid, kamu juga dapat menggunakan pembersih atau eksfoliator  yang mengandung asam glikolat atau salisilat untuk membersihkan pori-pori tersumbat.

3. Pustules

Jangan Asal Dipencet, 6 Jenis Jerawat Ini Punya Perawatan Berbedaacne.com

Jerawat meradang ini ditandai dengan munculnya benjolan merah muda, serta kepala putih berisi nanah yang merupakan hasil dari infeksi bakteri di pori-pori. Pustules juga menimbulkan rasa nyeri.

Umumnya, jerawat tipe ini menghampiri remaja dan orang dewasa dengan kondisi hormonal yang masih kurang stabil. Untuk mengatasi Pustules, kombinasikanlah antara benzoil peroksida atau klindamisin dan retinoid topikal.

Baca Juga: Skincare 101: Mengenal Cystic Acne, Tipe Jerawat yang Paling Parah

4. Papules

Jangan Asal Dipencet, 6 Jenis Jerawat Ini Punya Perawatan Berbedayoderm.com

Sekilas, Papules tampak seperti kumpulan benjolan berwarna kemerahan yang mirip dengan ruam eksim. Pembedanya adalah benjolan Papules selalu mengelilingi pori-pori di wajah dan hadir secara berkelompok.

Nah, jerawat ini dapat ditangani dengan penggunaan obat-obatan antibiotik, ataupun perawatan topikal seperti tretinoin.

5. Cysts

Jangan Asal Dipencet, 6 Jenis Jerawat Ini Punya Perawatan Berbedahealthline.com

Penyebab Cysts adalah pori-pori yang tersumbat oleh sebum & sel kulit mati, lantas menimbulkan infeksi yang masuk lebih dalam ke kulit, sehingga menghasilkan benjolan merah berukuran relatif lebih besar dan berisi nanah, serta terasa menyakitkan.

Walaupun dapat diobati dengan isotretinoin, tapi kombinasi antibiotik dan perawatan topikal sesuai anjuran profesional lebih disarankan. Hal ini bertujuan untuk menghindari peradangan atau bahkan menyebabkan jaringan parut di wajah.

6. Nodules

Jangan Asal Dipencet, 6 Jenis Jerawat Ini Punya Perawatan Berbedabestwaytogetridofacne.net

Agak berbeda dari jenis jerawat lainnya yang kerap muncul di permukaan kulit, benjolan Nodules justru pada lapisan lemak kulit. Selain itu, waktu untuk menyembuhkan jerawat ini juga relatif lebih lama, bahkan hingga hitungan bulan jika tak dirawat dengan tepat.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi pada profesional untuk mengobati jerawat dengan jenis ini, nih.

Jadi, ketahuilah terlebih dahulu jenis jerawatmu, supaya mendapatkan penanganan yang lebih optimal. Dan, alangkah baiknya apabila mendiskusikannya dengan dokter kulitmu terlebih dahulu.

Baca Juga: Skincare 101: Makna Jerawat di Bagian Wajahmu, Ternyata Gak Semua Sama

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya