Comscore Tracker

9 Kesalahan Paling Umum Saat Pakai Bedak, Jangan Dianggap Sepele!

Niat hati mau jadi cantik, eh malah kayak pakai topeng

Bedak agaknya tak pernah lepas dari ritual makeup. Variannya pun beragam. Mulai dari compact powder, mineral powder, shimmering powder, liquid powder, hingga loose powder. Sepintas, mengaplikasikan bedak memang tampak mudah. Kendati demikian, ternyata ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat memulaskan bedak, nih. Apa saja sih?

1. Memulaskan bedak dengan terlalu tebal

9 Kesalahan Paling Umum Saat Pakai Bedak, Jangan Dianggap Sepele!videoblocks.com

Mengaplikasikan bedak dengan terlalu tebal malah akan membuat wajah terkesan 'penuh dempul'. Alih-alih mendapatkan hasil akhir yang natural, tampilan wajah justru menjadi cakey. Nah, ditakar saja ya seberapa pas riasan yang kamu inginkan. 

2. Tak memulaskan bedak hingga ke bagian leher

9 Kesalahan Paling Umum Saat Pakai Bedak, Jangan Dianggap Sepele!videoblocks.com

Bagi yang tak berhijab, pastikanlah bedak juga diaplikasikan pada bagian leher supaya tak terlihat kontras antara wajah dan leher. Jika bingung untuk memilih shade yang tepat, maka ambil saja shade yang mendekati warna kulit leher.

3. Memulaskan bedak di punggung tangan saat akan membeli bedak

9 Kesalahan Paling Umum Saat Pakai Bedak, Jangan Dianggap Sepele!videoblocks.com

Jangan diulangi lagi kebiasaan memulaskan bedak di punggung tangan saat akan membelinya. Pasalnya, tone kulit tangan itu berbeda dengan tone kulit wajah. Alhasil, shade yang dibeli tersebut mungkin saja tak sesuai saat diaplikasikan ke wajah kelak.

4. Menggunakan formula bedak yang keliru

9 Kesalahan Paling Umum Saat Pakai Bedak, Jangan Dianggap Sepele!beautyheaven.com.au

Sesuaikan formula yang terkandung di dalam bedak dengan kondisi kulit wajah. Misalnya, pemilik kulit kering membutuhkan bedak dengan khasiat hidrasi yang bagus. Sedangkan, kulit berminyak sebaiknya menggunakan bedak yang dapat menyerap minyak berlebih.

Baca Juga: Ladies, Ini Nih 5 Kelebihan Bedak Padat yang Patut Diperhitungkan

5. Menggunakan bedak bayi untuk wajah

9 Kesalahan Paling Umum Saat Pakai Bedak, Jangan Dianggap Sepele!usatoday.com

Walaupun ditujukan untuk bayi yang notabenenya berkulit lembut, akan tetapi kondisi kulit badan dan kulit wajah itu tetaplah berbeda. Bedak bayi memang terbilang ampuh mengontrol produksi minyak di wajah. Di lain sisi, hal ini juga dapat memicu kulit wajah menjadi terlalu kering.

6. Memilih shade yang tak sesuai dengan warna kulit wajah

9 Kesalahan Paling Umum Saat Pakai Bedak, Jangan Dianggap Sepele!pinterest.com

Shade yang terlalu terang akan membuat tampilan wajah menjadi kontras dengan bagian leher atau bagian tubuh lain. Sedangkan shade yang terlalu gelap malah membuat wajah terkesan kusam. Untuk menyiasatinya, pilihlah shade dengan warna yang satu tingkat lebih terang dari warna kulit wajah.

7. Menggunakan brush atau puff yang kotor

9 Kesalahan Paling Umum Saat Pakai Bedak, Jangan Dianggap Sepele!walmart.ca

Puff atau brush yang kotor merupakan sarang bakteri. Bahkan, debu juga dapat pekat menempel jika menyimpan make up tools tersebut di tempat terbuka. Akibatnya, masalah pada kulit wajah malah akan bermunculan. Misalnya, jerawat. Nah, bersihkanlah brush dan puff tersebut minimal dua minggu sekali, ya.

8. Lalai memeriksa tanggal kadaluarsa pada produk

9 Kesalahan Paling Umum Saat Pakai Bedak, Jangan Dianggap Sepele!smoochmakeup.com

Bedak yang jarang dipakai atau memang irit dalam pemakaian kadang malah tersimpan terlalu lama. Tak jarang, bedak tersebut ternyata sudah kadaluarsa. Jika tetap dipakai, kulit wajah dapat teriritasi ataupun mengalami alergi.

9. Mengaplikasikan bedak di ruangan yang minim cahaya

9 Kesalahan Paling Umum Saat Pakai Bedak, Jangan Dianggap Sepele!intothegloss.com

Tak hanya bedak, hal ini juga berlaku untuk foundation, concealer, hingga lipstick. Pasalnya, penerangan yang tak memadai akan membuat tampilan riasan di wajah menjadi tak optimal saat diaplikasikan. Jangan heran apabila riasan tersebut ternyata malah terlalu 'menor' saat dibawa keluar ruangan.

Itulah kesalahan paling umum saat memulaskan bedak ke wajah. Jangan dianggap sepele, ya. 

Baca Juga: Selain Wajah, Bedak Tabur Ternyata Juga Efektif Untuk 5 Hal Ini lho

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya