Comscore Tracker

5 Cara Menghindari Breakout Saat Sedang Haid

Patut dicoba

Semua wanita akan mengalami haid setiap bulannya. Saat haid, beberapa wanita biasanya mengalami nyeri pada bagian bawah perut dan mood yang gak stabil. Selain itu, ada juga yang muncul jerawat berlebih di mukanya atau dikenal dengan istilah breakout pada saat haid.

Hal ini sebenarnya wajar, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi munculnya jerawat pada saat haid. Apa sajakah itu? Intip yuk melalui artikel berikut!

1. Lakukan pencegahan sebelum haid datang

5 Cara Menghindari Breakout Saat Sedang Haidinstagram.com/violet_hollow

Dua minggu sebelum mengalami haid merupakan waktu yang harus diwaspadai. Di masa ini, jumlah estrogen akan meningkat dan menyebabkan meningkatnya hormon progesteron. Alhasil jumlah produksi minyak pun akan meningkat. Sehingga, kamu harus lebih rutin merawat wajahmu menggunakan skincare dan mengurangi pemakaian makeup berlebihan. Lakukan juga perawatan masker wajah yang dapat membersihkan pori-pori. Hindari aktivitas yang dapat membuat pori-pori terbuka seperti sauna.

2. Jaga kebersihan kulit wajah pada saat haid

5 Cara Menghindari Breakout Saat Sedang Haidwellandgood.com

Jika biasanya kamu hanya membersihkan muka sekali dalam sehari, lakukanlah sebanyak dua kali pada saat haid. Lakukan juga pembersihan ganda dengan oil cleanser dan cleansing foam. Selain itu, hindari menyentuh wajah dengan tangan. Jika akan mengaplikasikan makeup, lebih baik menggunakan brush atau pastikan kamu telah mencuci tangan terlebih dahulu.

3. Lakukan eksfoliasi pada kulit wajah

5 Cara Menghindari Breakout Saat Sedang Haidgotoskincare.com

Salah satu penyebab breakout adalah pori-pori yang tersumbat. Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa lakukan eksfoliasi kulit wajah pada saat haid. Sehingga pori-pori gak akan tersumbat dan bebas dari kotoran.

Baca Juga: 10 Cara Mencegah Jerawat Muncul di Dada, Dijamin Gak Akan Tampak Lagi!

4. Perhatikan asupan makan kamu

5 Cara Menghindari Breakout Saat Sedang Haidmedicalnewstoday.com

Bukan hanya dari kotoran dan debu, munculnya jerawat juga bisa disebabkan karena makanan. Makanan tinggi glikemik seperti roti atau kentang dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang berakibat pada peradangan kulit. Sehingga pada saat haid, perhatikan makanan yang akan kamu konsumsi.

5. Pastikan kulit kamu terhidrasi

5 Cara Menghindari Breakout Saat Sedang Haidwomenshealthmag.com

Jika kulit mengalami dehidrasi, selain timbul jerawat, kulit wajah pun akan terlihat kusam. Sehingga, pastikan kamu menjaga kulit tetap terhidrasi selama haid. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan minum air mineral yang cukup.

Jadi buat kamu yang sering breakout saat haid, coba deh lakukan cara-cara tersebut. Tentu saja jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, harus dilakukan secara rutin.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Pir, Bisa Bikin Wajah Bersih dari Jerawat

Topic:

  • Rully Bunga
  • Elfida

Just For You